Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Memahami Dasar-Dasar Search Engine Marketing

Tayang 03 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian.

Dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian banyak diakses oleh khalayak untuk mencari berbagai informasi di internet. Termasuk untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya.

Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi.

Cara kerja SEM yaitu iklan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual.

Jadi, ketika orang mencari kata kerja kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar.

Apa Pentingnya Menggunakan SEM?

SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Mengapa?

Karena SEM yang efektif dapat menempatkan website Anda di halaman pertama dalam mesin pencarian. Pengguna mesin pencarian umumnya hanya mengakses situs-situs pada halaman pertama di mesin pencarian ketika mereka mencari informasi.

Dengan begitu, SEM yang efektif akan meningkatkan kemungkinan website Anda dipilih oleh calon konsumen yang membutuhkan informasi.

Calon konsumen yang melakukan pencarian akan informasi secara sadar mengunjungi website Anda karena dilakukan atas kemauannya sendiri sehingga mereka dalam keadaan yang sangat baik untuk menerima informasi pemasaran dan produk.

Berbeda dengan iklan di televisi, radio atau media sosial lainnya yang muncul dengan menginterupsi kegiatan konsumen. Search engine marketing menjangkau konsumen pada waktu yang tepat yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

Perbedaan dengan SEM dan SEO

Pada dasarnya search engine optimization atau SEO merupakan salah satu jenis dari search engine marketing.

SEO mengoptimalkan hasil pencarian organik dengan membuat website Anda berada di posisi tertinggi pada halaman hasil pencarian search engine.

Sementara SEM melakukan pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website lewat hasil pencarian organik dan juga lewat iklan.

Jadi SEM mencakup berbagai kegiatan, yakni SEO serta strategi pemasaran di mesin pencarian lainnya seperti pay per click (PPC) dan bahkan social media marketing (SMM).

Baca juga : SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Sistem Kerja Search Engine Marketing (SEM)

Di dalam Search Engine Marketing, Anda harus fokus untuk mendorong lebih banyak traffic ke area tertentu dalam website yang menjadi target. Search Engine Marketing digunakan untuk:

  1. Menciptakan lead baru  atau calon konsumen.
  2. Menjual suatu produk.
  3. Membangun merk atau brand tertentu.
  4. Mengalihkan traffic dari pihak pesaing atau kompetitor.

Ada beberapa hal pokok yang menjadi dasar strategi Search Engine Marketing, yaitu riset keyword dan pengelompokan keyword.

Riset keyword sangat penting untuk dilakukan sebelum menentukan kata kunci mana yang akan digunakan untuk strategi SEM. Langkah-langkah untuk melakukan riset keyword adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan identifikasi dan membuat list yang berisi kata kunci yang relevan dengan bisnis, dan yang mungkin digunakan oleh pelanggan ketika mencari produk Anda.
  2. Ketika melakukan riset keyword, Anda juga dapat menambahkan kata kunci yang berpotensi untuk melakukan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo, dan kata kunci lainnya yang memiliki intensi pembelian.

Setelah mendapatkan daftar kata kunci yang potensial dari riset keyword, langkah selanjutnya adalah membuat struktur kampanye dengan mengelompokkan kata kunci ke dalam beberapa kategori.

Dalam membuat strategi SEM, Anda tidak boleh sembarangan dalam mendaftarkan keyword untuk iklan di hasil pencarian.

Namun Anda harus mengelompokkan kata kunci dalam kategori tertentu. Misalnya, Anda memiliki toko online pakaian yang menjual berbagai macam pakaian seperti baju, celana, jaket, hingga topi.

Maka Anda harus membuat kategori berdasarkan jenis produk Anda. Setiap kelompok kata kunci tersebut, Anda dapat masukkan kata kunci yang masih relevan.

Misalnya, di kelompok kata kunci celana, ada beberapa kata kunci seperti celana panjang, celana jeans, celana jeans pria, celana jeans wanita, dan lain sebagainya.

Search engine menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian.

Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik.

Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing:

  1. Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing.
  2. Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
  3. Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
  4. Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
  5. Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya SEM diwujudkan dengan menyematkan keyword pada format yang digunakan.

Sebelum menentukan keyword yang akan disematkan seperti pada poin kedua, biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari saat itu.

Lalu dari tren tersebut, tentukan mana yang relevan dan yang memungkinkan dipakai ketika mencari produk atau jasa yang Anda sediakan.

Ketika melakukan riset, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan kegiatan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo dan kata kunci lain yang memiliki intensi pembelian.

Ada banyak webiste yang memberi layanan riset ini seperti Ahrefs, Google Trends hingga Ubersuggest. Sebagai contoh Google Trends yang memberikan saran keyword yang sedang tren secara real time.

Selain itu Google Trends juga dapat menunjukkan informasi di wilayah mana yang volume pencariannya tinggi.

Contoh Search Engine Marketing

Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya format berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review dan rating yang bersifat visual.

Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Berikut ini contoh Google Adwords.

Agar lebih memudahkan, diambil contoh gambar iklan Google Adwords diatas dengan kata kunci “Google Adwords”.

Ketika seseorang mencari kata kunci dengan “Google Adwords”, website/iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas.

Disinilah muncul terms Pay Per Click (PPC) yang berarti seorang marketer akan membayar ke Google setiap kali iklannya diklik.

Manfaat SEM untuk Bisnis

Penggunaan SEM sebagai sarana marketing dalam bisnis dengan cara yang benar dan tepat akan membantu bisnis Anda berkembang.

Anda juga dapat meningkatkan brand awareness pada produk Anda. Apalagi manfaat dari SEM lainnya?

1. Hasil yang Cepat

Proses pembuatan SEM seperti Google Adwords termasuk proses yang cepat. Terlebih lagi, Anda dapat melihat hasil setelah iklan bisnis Anda sudah tayang. SEM diakui lebih unggul dalam hal kecepatan dibanding dengan SEO yang butuh waktu lebih lama.

2. Targeted Marketing

Penggunaan SEM menguntungkan seorang marketer karena mereka dapat langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan pada target market yang sesuai.

3. Sesuai dengan Budget

Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda. Ketika budget keuangan bisnis Anda untuk SEM sudah tidak ada lagi, maka iklan tersebut akan secara otomatis berhenti.

Kelebihan Penggunaan Strategi Search Engine Marketing (SEM)

Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan strategi search engine marketing (SEM) yang tepat:

  • Dijangkau Oleh Banyak Audiens

Tidak ada yang meragukan keterjangkauan search engine yang begitu luas.

Setiap informasi yang diunggah benar-benar mampu dilihat oleh audiens hampir di seluruh dunia.

Google, search engine terpopuler, saat ini mampu menyebarkan info dari 1,9 miliar situs website dengan 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4% pengguna internet dunia.

Informasi pemasaran Anda tentu tidak mencapai angka sebanyak ini. Namun Anda bisa memperkirakan betapa banyak orang yang mungkin Anda jangkau.

Semakin Anda terlihat oleh audiens, semakin banyak peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Dan SEM mempunyai layanan ini untuk Anda.

  • Mempunyai Pilihan Target Sesuai yang Diinginkan

Keunggulan SEM lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa ditargetkan.

Pemasaran dengan search engine memberi keleluasaan pada Anda untuk memilih target yang sangat spesifik melalui kata kunci dan frasa yang relevan.

Selain itu Google Adwords memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perangkat, lokasi, waktu, dan bahasa tertentu.

Dengan demikian, setiap klik yang didapatkan dari website Anda berasal dari audiens yang memang menyukai serta membutuhkan produk Anda dan sangat berpotensi menjadi konsumen.

  • Meningkatkan Lalu Lintas Kunjungan Website

SEM membuat website pemasaran Anda berada pada urutan teratas di mesin pencarian.

Keterjangkauan dari penglihatan audiens ini akan meningkatkan peluang website Anda dibuka dan konten Anda dinikmati.

  • Dapat Mengontrol Budget

Search engine marketing mengadopsi sistem pay per click (PPC) yakni Anda hanya membayar konten yang benar-benar mendapat klik dari audiens.

Dengan sistem ini Anda bisa menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentu lebih efisien.

Sistem ini membuat SEM lebih murah dibandingkan iklan tradisional di televisi, radio, koran dan majalah serta lebih tepat sasaran.

  • Efektivitas Diukur dengan Jelas dan Mudah

Ketika Anda memutuskan melakukan pemasaran dengan teknologi, akan ada data yang diberikan untuk memudahkan Anda mengukur  kinerja.

Begitupun ketika Anda melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari.

Data-data ini nantinya dapat disesuaikan dengan tujuan pemasaran Anda untuk mengetahui apakah konten tersebut bekerja secara efektif atau tidak.

Anda juga dapat melacak ROI sehingga diketahui dimana seharusnya Anda meletakkan sebagian besar anggaran untuk meningkatkan penjualan.

  • Memberi Kesempatan Melakukan Pengujian

Tentunya Anda tidak mengetahui apakah nantinya konten promosi yang dibuat akan berhasil atau tidak.

Namun tidak perlu khawatir, karena dalam metode ini Anda dapat menguji materi iklan Anda satu sama lain untuk membandingkan hasil.

Pengujian ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyempurnakan konten promosi Anda dan membuatnya bekerja seefektif mungkin.

Kekurangan Penggunaan SEM

Adapun beberapa kekurangan penggunaan strategi search engine marketing (SEM) adalah sebagai berikut:

  • Kompetitif

Mesin pencari berisi milyaran informasi termasuk informasi yang sama seperti yang ingin Anda berikan. Apalagi jika kata kunci yang digunakan cukup populer.

Maka bersiaplah dengan persaingan yang tinggi untuk mendapatkan tempat teratas. Hal ini sebenarnya bisa diupayakan.

Namun butuh biaya lebih besar agar upaya pemasaran Anda berdampak pada audiens.

  • Membutuhkan Waktu Lebih

Dibutuhkan lebih banyak waktu daripada yang Anda sadari untuk meneliti kata kunci yang benar-benar ampuh.

Selain itu perangkat dan aplikasi yang digunakan memiliki begitu banyak fitur sehingga perlu waktu untuk mempelajarinya.

Ditambah lagi metode ini mengharuskan Anda untuk memantau dan memperbaharui materi konten Anda secara konstan.

Padahal diperlukan waktu untuk mengetahui kombinasi teks promosi, meninjau hasil dan menguji materi tersebut untuk mempertahankan hasil terbaik.

  • Algoritma Berubah

Perubahan algoritma menjadi tantangan yang kerap ditemui ketika mengaplikasikan metode SEM. Seperti yang diketahui Google mengubah algoritma hingga 600 kali pertahun.

Sebagian besar perubahan tersebut berskala kecil sehingga tidak disadari.

Dibutuhkan banyak usaha untuk mengikutinya, karena perubahan-perubahan tersebut berpengaruh pada pemasaran Anda dan bisa jadi tidak cocok.

  • Minim Konten Visual

Audiens saat ini cenderung menyukai konten yang berisi gambar dan video. Sementara itu untuk iklan menggunakan SEM masih jarang ditemukan visual seperti ini.

Untuk Anda yang pemasarannya sangat membutuhkan konten visual, mungkin bisa berpikir lagi untuk menggunakan metode ini karena bisa jadi kurang relevan.

  • Konten yang Dihindari

Audiens juga cenderung menghindari iklan. Apabila mereka mengetahui bahwa artikel, caption, foto, video atau audio Anda merupakan sebuah iklan, ada banyak yang berusaha keluar dari laman tersebut.

Atau memang audiens tersebut sedang mencari hasil tertentu dan tidak ingin diganggu oleh iklan.

Sementara itu, jika Anda menggunakan metode pemasaran dengan mesin pencari, secara otomatis kotak hijau bertanda “AD” akan tersemat padanya. Ini yang membuat konten pemasaran melalui mesin pencari kerap dihindari.

  • Visibilitas Tidak Bertahan Lama

Salah satu manfaat dari SEM adalah konten Anda akan segera tampil dan berada di baris atas pencarian. Namun hal tersebut akan segera menghilang jika Anda berhenti membayar.

  • Celah Pemborosan Biaya

Kekurangan ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Anda mungkin dapat menghemat dengan membayar berdasarkan klik yang diterima.

Akan tetapi, ini juga yang menjadi celah untuk pemborosan biaya.

Anda akan ditagih setiap kali audiens memutuskan untuk mengklik website  tersebut. Hal ini sebenarnya bisa dihentikan. Namun ketika Anda berhenti membayar, brand Anda pun akan menghilang.

Itulah tadi beberapa dasar dari search engine marketing yang diharapkan semakin meningkatkan pemasaran Anda. Untuk melakukan kegiatan pemasaran yang efisien, sebaiknya diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Oleh karena itu, segera daftarkan bisnis Anda pada software akuntansi Jurnal!

Jurnal merupakan program akuntansi yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam mencatat pembukuan keuangan.

Di mana Anda dapat menggunakan 24 tools untuk membantu pengelolaan bisnis agar lebih berkembang. Dapatkan informasi lengkap berbagai tools tersebut hanya di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal