Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Promo Lebaran, Strategi Terbaik untuk Menarik Pelanggan

Tayang 17 Mar 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Bulan Ramadan biasanya merupakan sebuah momen penting bagi para pebisnis, mengingat di bulan ini perilaku konsumtif semakin meningkat.

Hal ini dapat dimanfaatkan para pengusaha atau pebisnis untuk lebih giat dalam melakukan pemasaran produk sehingga omzet penjualan dapat meningkat drastis.

Salah satunya adalah pemberian promo lebaran yang merupakan salah satu strategi terbaik untuk menarik pelanggan.

Strategi pemberian diskon atau potongan harga merupakan salah satu praktek bisnis yang sering kali digunakan oleh para pebisnis.

Karena dengan pemberian harga khusus, maka dapat memengaruhi psikologi. Pada dasarnya, pemberian diskon tidak bisa dilakukan sembarangan.

Apabila strateginya terencana, maka diskon atau penawaran khusus dapat menarik pelanggan baru dan mempermudah pebisnis dalam meningkatkan omzet.

Sebelum menerapkan sistem diskon harga produk atau memberikan promo lebaran, Anda harus merencanakan dan memeriksa struktur harga produk terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk memastikan agar margin keuntungan Anda tetap seimbang bahkan dapat meningkat dari bulan-bulan sebelumnya.

Karena itulah melakukan promosi bisnis dengan cara memberi diskon atau potongan harga adalah strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Jenis-Jenis Promo Lebaran

Ada beberapa jenis promo lebaran yang dapat Anda tawarkan kepada calon konsumen, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kupon Belanja, dapat diberikan jika konsumen telah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau telah mengikuti event promo yang berhadiah kupon belanja.
  2. Buy One Get One Free, bertujuan untuk memberikan value tambahan pada pelanggan. Anda tidak hanya bisa memberikan satu produk yang sama untuk satu atau beberapa pembelian, namun Anda juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai produk gratisnya.
  3. Pemberian Harga Khusus, seperti Rp99.990.Cara pemberian harga ini bukan memiliki efek psikologis terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Meskipun sebuah produk berharga Rp99.990, konsumen akan beranggapan bahwa harga tersebut masih lebih murah dari Rp100.000.
  4. Diskon, dapat diberikan antara 5% sampai 10% atau diskon juga dapat diberikan yang lebih besar antara 20% sampai 25% untuk mendorong penjualan.
  5. Promo Cuci Gudang, bertujuan untuk menghabiskan produk yang ada di gudang. Hal ini dilakukan untuk menutup akhir tahun atau pada saat penjualan mengalami penurunan. Pemberian diskon antara 50% sampai 70% ditetapkan untuk produk-produk pada saat promo cuci gudang ini.
  6. Promo Gratis Ongkir, di mana biaya pengiriman sering sekali menjadi salah satu alasan terbesar mengapa pelanggan tidak jadi melakukan pembelian. Mahalnya biaya pengiriman dari pada harga produk sama saja seperti konsumen membeli 1 produk dengan harga 2 produk. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak calon konsumen yang memutuskan untuk meninggalkan keranjang belanja sebelum proses transaksi karena melihat total pembayaran. Untuk memecahkan masalah tersebut, strategi pemberian gratis dapat dilakukan untuk mendorong minat pembeli. Jenis promosi ini sering menggunakan minimal jumlah order untuk meningkatkan nilai pesanan dalam sekali pemesanan.

Promo Lebaran, Strategi Terbaik untuk Menarik Pelanggan

Langkah Perencanaan Strategi Harga Promo Lebaran

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana jika Anda ingin merencanakan strategi harga untuk menarik minat konsumen.

  1. Mengidentifikasi margin keuntungan, break even point atau menghitung BEP dan mark-up harga yang masuk akal.
  2. Menentukan jenis penawaran yang ingin diberikan. Apakah kupon, buy one get one free, potongan harga, cuci gudang dan lainnya.
  3. Mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor, termasuk diskon dan promosi yang sedang mereka terapkan.

Tips dalam Menentukan Promo Lebaran

Dalam pemberian promo Lebaran, ada tahapan yang harus dilakukan.

Mengamati perilaku konsumen saat menjelang Lebaran

Pada umumnya, konsumen akan melakukan pembelian lebih banyak dari biasanya pada saat menjelang Lebaran.

Dengan begitu, hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan omset dan penjualan bagi bisnis atau usaha menjelang lebaran.

Karena tersedianya Tunjangan Akhir Tahun (THR), para konsumen cenderung lebih tidak memperdulikan soal harga.

Di sinilah Anda harus berusaha untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Mengatur waktu dalam melakukan promosi secara online

Ada waktu-waktu tertentu, dimana konsumen lebih akan banyak mengakses internet pada selama bulan Ramadhan, yaitu pada saat menjelang buka puasa, pada waktu sahur, pada siang hari.

Pada saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan promosi secara online. Waktu istirahat saat jam kerja juga merupakan waktu yang cukup lama untuk mengakses internet.

Karena biasanya waktu istirahat digunakan untuk makan siang, pada bulan Ramadhan mereka mengisinya dengan kegiatan lain seperti mengakses internet.

Membuat konten promosi yang menarik

Buatlah konten promosi yang menarik, dimana didalamnya mencerminkan dari kondisi bulan Ramadhan dan nuansa menyambut hari Lebaran.

Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghormati umat beragama Islam.

Adapun konten yang dimaksud adalah seperti bulan sabit yang merupakan simbol dari umat muslim, lentera yang bermakna sebagai pencerahan, kaligrafi berbahasa Arab dan background berwarna hijau, dan masih banyak lagi.

Melakukan promosi secara online dan offline

Sosial media memang membawa pengaruh yang sangat besar untuk bisnis Anda. Fungsinya tidak hanya untuk memperkenalkan produk saja, namun juga bisa untuk memberikan informasi terkait pemberian promo Lebaran.

Sajikan informasi promo yang sedang Anda terapkan dengan tampilan yang menarik. Dengan begitu, informasi tersebut akan lebih mudah sampai kepada calon konsumen.

Bukan hanya dengan memanfaatkan internet dan sosial media, pemasaran produk juga dapat dilakukan secara offline dalam bentuk penyebaran brosur, pemasangan, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan jenis strategi pemasaran yang beragam, maka Anda dapat memperkenalkan produk kepada para konsumen secara lebih luas. Dengan begitu, produk Anda akan lebih banyak terjual.

Kesimpulan

Pemberian promo Lebaran dapat berdampak baik untuk bisnis Anda.

Tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan saja, namun juga dapat menarik pelanggan baru dan menumbuhkan interaksi antara bisnis Anda dengan konsumen loyal.

Namun yang harus diperhatikan adalah promosi harus disampaikan dengan cara yang tepat.

Penyampaian promosi yang dilakukan dengan cara yang tepat merupakan kunci sukses dalam pemberian penawaran khusus.

Jangan sampai Anda sudah memilih teknik yang tepat untuk promosi, tetapi malah gagal karena cara penyampaiannya promosi yang terlalu berbelit.

Sehingga calon konsumen justru merasa enggan menggunakan untuk promo Lebaran yang Anda berikan.

Pahami cara membuat kata-kata promosi yang mampu menarik perhatian calon konsumen.

Dengan meningkatnya omzet penjualan Anda, jangan lupa untuk memastikan bahwa laporan keuangan tetap terkelola secara baik.

Karena pengelolaan laporan keuangan juga merupakan faktor penentu untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis Anda. A

gar Anda dapat berbisnis dengan lebih aman dan nyaman, gunakan bantuan software akuntansi terbaik dari Jurnal.

Dengan kebebasan akses yang dapat dilakukan dari mana dan kapan saja, tentu saja akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan dan memonitor laporan keuangan dengan Jurnal.

Agar tidak penasaran, konsultasi langsung dengan tim kami.

 

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal