Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Loyalti Konsumen sebuah Contoh Program yang Kreatif dan Inovatif

Tayang 10 Apr 2021
Diperbarui 16 Oktober 2023

Melakukan penjualan produk kepada para pelanggan yang telah ada saat ini jauh lebih mudah daripada menawarkan produk kepada konsumen baru dengan loyalti konsumen.

Hal tersebut karena para pelanggan sudah mengetahui apa saja yang ditawarkan dan mereka sudah benar-benar menyukai produk yang ditawarkan tersebut.

Namun, hal ini tidak secara otomatis akan membuat para pelanggan setia pada bisnis Anda dan menghalangi mereka untuk melakukan pembelian di toko lain.

Ketika ada penawaran yang lebih menarik dari toko lain, maka pelanggan setia Anda mungkin akan segera meninggalkan Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena program loyalti konsumen dapat menyelamatkan Anda dari permasalahan tersebut.

Contoh-Contoh Program Loyalti Konsumen yang Kreatif

Jika Anda belum memiliki ide mengenai program loyalti konsumen seperti apa yang akan Anda tawarkan untuk bisnis Anda, berikut ini ada beberapa contoh program yang akan meningkatkan loyalitas konsumen secara kreatif dan inovatif.

1. The North Face

Sebagai salah satu pengecer pakaian dan perlengkapan outdoor yang terkemuka di dunia, The North Face menawarkan loyalty program yang sangat fleksibel.

Yaitu dengan cara mengizinkan para pelanggan setianya untuk menukarkan poin mereka dengan hadiah-hadiah yang paling sesuai dengan gaya hidup mereka.

Melalui program VIPeak, para pelanggan dapat menukarkan poin mereka ke dalam beberapa cara unik.

Seperti menghadiri acara The North Face, menginap di lokasi tertentu, hingga melakukan perjalanan yang unik.

Hadiah-hadiah oleh The North Face lebih dari sekadar memotivasi para pelanggan untuk melakukan belanja lebih banyak.

The North Face tidak memberikan diskon pada produk-produknya sebagai program loyalti konsumen.

Tetapi menawarkan berbagai pengalaman yang membantu memperkuat hubungan antara konsumen dan merek.

2. TOMS One for One

TOMS adalah salah satu produsen dan pengecer sepatu terbesar di Amerika yang memilih cara lain dalam menawarkan program loyalitasnya.

Yaitu tidak memberikan imbalan berupa poin atau hadiah seperti yang TOMS tawarkan oleh retailer lain, tetapi menjalankan loyalti konsumen donasi melalui One for One.

Setiap pembelian sepasang sepatu, para pelanggan TOMS akan mendapatkan insentif non-moneter yang mengizinkan mereka untuk menciptakan perubahan melalui berbagai inisiatif.

Misalnya menyumbangkan sepatu untuk komunitas yang membutuhkan dan memberikan sebagian keuntungan ke NGO seperti Wildlife Conservation Society.

Hal ini membuktikan bahwa program loyalitas tidak harus selalu berupa uang. Namun bisa berupa sesuatu yang meningkatkan sense of worth pelanggan.

Loyalti Konsumen sebuah Program yang Kreatif dan Inovatif

3. Beauty Squad dari e.l.f.

E.l.f. Yang merupakan brand kosmetik terkenal yang berasal dari New York juga menawarkan program loyalitas yang tidak kalah kreatif.

Program tersebut diberi nama Beauty Squad. e.l.f. Mereka memahami cara memberikan penghargaan terbaik kepada para pelanggan setia mereka.

Anggota yang termasuk ke dalam A-Lister (yang memiliki lebih dari 401 poin) akan memberi sebuah akses lebih awal ke produk baru. Selain itu memiliki kesempatan untuk memilih warna produk baru.

Selain itu, ada juga hadiah transaksional seperti hari diskon dan berbagai hadiah ukuran penuh, yang membuat pelanggan VIP dari e.l.f merasa menghargainya dan istimewa.

Tips Agar Program Loyalti Konsumen Berjalan Efektif

Setidaknya ada 4 cara yang dapat kita lakukan agar program loyalti konsumen menjadi efektif dan minati para pelanggan.

  1. Reward yang yang mereka beri harus terkait dengan branding. Anda dapat memberikan reward berupa kegiatan yang sesuai dengan brand positioning.
  2. Rewards yang mereka berikan seharusnya tidak sekadar deals atau diskon. Hal tersebut karena retailer pun sudah menawarkan diskon yang tidak kalah menariknya.
  3. Memanfaatkan data untuk kepentingan para pelanggan. Para pelanggan yang telah rela memberikan data pribadi mereka tentu saja mengharapkan sesuatu sebagai imbalannya. Maka sudah seharusnya program yang mampu menghimpun data pelanggan. Dapat kita gunakan sebagai modal untuk mengubah perilaku para pelanggan. Mereka yang mampu melakukan itu akan berpeluang memenangkan persaingan dalam jangka waktu panjang.
  4. Memasukkan program loyalti ke dalam model bisnis. Setiap bisnis atau perusahaan harus membangun loyalitas ke dalam model bisnis mereka. Pembuat kopi Nespresso, yang membuat mesin minuman misalnya, memiliki basis pelanggan yang sifatnya built-in. Kemudian Nespresso memelihara pelanggan melalui program yang disebut Nespresso Club. Dimana pelanggan dapat mempersonalisasi order, pengiriman, daur ulang, serta layanan sesuai dan pilihan mereka.

Program loyalti konsumen merupakan sebuah cara untuk memuaskan pelanggan Anda dengan pemberian diskon, hadiah, kupon, atau penawaran khusus lainnya.

Hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempertahankan para pelanggan Anda saat ini sekaligus untuk menarik konsumen yang baru.

Jika program loyalti konsumen telah berhasil Anda lakukan, pasti penjualan bisnis Anda akan meningkat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun akan bertambah.

Untuk itu, Anda harus tahu kenapa Penjual Online perlu Program Accounting, agar transaksi dapat tersusun dengan rapi.

Agar arus keuangan bisnis Anda lebih rapi, gunakan aplikasi akuntansi online.

Melalui program akuntansi Anda dapat melacak kinerja keuangan bisnis Anda dan membandingkannya secara langsung dengan anggaran atau perencanaan yang telah membuat sebelumnya untuk mengetahui perkembangan bisnis.

Gunakan juga accounting software dari Jurnal yang akan membantu Anda untuk meningkatkan skill leadership, khususnya di bidang bisnis.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Dengan aplikasi pembukuan yang terotomatisasi dan terintegrasi, Anda akan semakin menorehkan nama di dunia bisnis.

Setelah Anda merasakan manfaat dari membuat pembukuan akuntansi sederhana, maka Anda akan lebih menyadari lagi betapa pentingnya keuangan perusahaan.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal