Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pentingnya Manajemen Akunting Dalam Kehidupan Bisnis

Tayang 04 Nov 2019
Diperbarui 03 November 2023

Akuntansi memiliki peran yang penting dalam kehidupan saat ini, terutama dalam dunia bisnis. Hal ini terjadi karena setiap pengambilan keputusan haruslah berdasarkan informasi keuangan yang tepat pada perusahaan tersebut.

Peran penting tersebut tentunya juga dapat dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap dana yang sudah dipercayakan oleh para pemegang saham atau investor. Sehingga adanya akuntansi bisa menjadi faktor penentu kemajuan suatu perusahaan.

Namun, kenapa perusahaan bisnis perlu software accounting? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Peran Penting Akuntansi

Dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan, akuntansi berperan untuk menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam bentuk kegiatan keuangan. Sehingga akan memudahkan Anda sebagai pemilik perusahaan untuk mengukur kondisi keuangan.

Selain peran penting tersebut, akuntansi juga memiliki enam peran penting lainnya, selengkapnya di bawah ini.

1. Penginputan

Akuntansi akan memberikan input berupa transaksi seperti peristiwa ataupun kejadian yang dapat menimbulkan perubahan dana pada suatu perusahaan.

2. Pemrosesan

Setelah penginputan, akuntansi akan melakukan proses pengelolaan data untuk memberikan hasil yang berkualitas. Umumnya proses berupa pencatatan jurnal serta pemindahbukuan.

3. Pengoutputan

Setelah pemrosesan, maka akuntansi akan menyajikan informasi transaksi sesuai dengan kebutuhan para pengguna, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis dapat ditentukan.

4. Pengambilan keputusan untuk para investor

Pihak eksternal seperti investor tentu memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan yang mereka investasikan.

Sehingga mereka dapat mengukur apakah perusahaan tersebut dapat memberikan timbal balik berupa keuntungan atau tidak. Jika perusahaan tersebut memiliki kondisi yang baik, maka bukan tidak mungkin investor akan lebih banyak menginvestasikan keuangannya.

5. Pengendali keuangan

Melalui akuntansi, Anda bisa memperkirakan apakah perusahaan yang didirikan sudah memiliki peningkatan keuangan atau belum.

Apabila keuntungan yang didapat belum maksimal, maka akuntansi dapat ditempatkan sebagai alat pengendali keuangan. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dari performa bisnis selama ini.

6. Informasi alokasi sumber daya

Setiap perusahaan tentunya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya yang sudah digunakan selama ini. Informasi tersebut bisa didapatkan dari akuntansi.

Dengan pembaharuan yang dilakukan secara rutin, maka perusahaan bisa menetapkan kebijakan pajak dan dasar penyusunan pendapatannya.

Pihak-Pihak yang Membutuhkan Akuntansi

Sebagai suatu sistem informasi, tentunya ada pihak-pihak yang membutuhkannya, baik dalam maupun luar perusahaan. Secara umum, pihak-pihak yang membutuhkan akuntansi antara lain.

1. Manajemen

Manajemen membutuhkan laporan akuntansi guna menilai kemampuan kerja yang telah dilakukan selama ini, pengambilan keputusan, dan untuk meningkatkan kinerja bisnis demi arus keuangan yang lebih baik.

2. Pemilik usaha (owner)

Sebagai pemilik, informasi akuntansi diperoleh untuk mengetahui apa sajakah yang telah perusahaan dapatkan atau keluarkan selama proses kerja sampai kuartal tertentu.

Setelah mengetahui,maka pemilik dapat memutuskan tindakan apa yang harus diambil untuk masa depan perusahaan, misalnya melakukan ekspansi bisnis

3. Investor atau pemegang saham

Sebagai pihak eksternal, investor memiliki hak untuk mengetahui informasi akuntansi dari perusahaan yang telah mereka berikan modal. Investor akan menggunakan informasi tersebut, untuk mengetahui bagaimana dana mereka digunakan oleh manajemen dan untuk melihat apakah perusahaan tersebut memiliki pertumbuhan yang baik atau tidak.

Atas dasar informasi tersebut, maka investor dapat memutuskan apakah akan menambah atau mengurangi dana yang diberikan kepada perusahaan ke depannya.

4. Kreditur

Sebelum memberikan pinjaman, tentu kreditur harus mengetahui kondisi keuangan yang akan mereka berikan pinjaman.

Dari informasi tersebut, mereka akan menilai kinerja, arus keuangan dan meninjau jaminan yang sesuai.

Selain itu, hal ini juga akan memastikan bahwa perusahaan yang akan mereka berikan pinjaman, mampu mengembalikan jumlah pokok serta bunga yang dibebankan.

5. Instansi pemerintah

Dari data akuntansi tersebut, amak pemerintah dapat menetapkan berapa besaran pajak yang akan mereka bebankan kepada perusahaan yang bersangkutan.

6. Supplier

Supplier biasanya memasok bahan baku ke suatu bisnis dengan sistem kredit.

Apabila bisnis yang ingin dipasok merupakan skala besar, maka laporan akuntansi akan digunakan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan perusahaan dalam membayarkan bahan baku yang telah mereka pesan.

Hal ini juga akan menentukan apakah supplier akan terus menyediakan pasokan bahan baku atau tidak.

7. Karyawan

Karyawan juga dianggap memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tempat mereka bekerja. Dikarenakan masa depan kelangsungan hidup mereka ditentukan oleh keberhasilan dan juga kegagalan perusahaan tersebut. Dengan kondisi keuangan yang baik, maka keamanan, promosi, dan manfaat pensiun dapat mereka terima.

8. Pemakai lainnya

Selain pihak-pihak seperti yang telah disebutkan sebelumnya, informasi akuntansi juga dibutuhkan bagi organisasi lainnya seperti organisasi buruh.

Informasi tersebut akan dijadikan patokan untuk mengajukan kenaikan gaji dan tunjangan dari kemampuan perusahaan.

Dari informasi di atas, kita dapat mengetahui bahwa akuntansi memiliki peran penting dalam kelangsungan sebuah bisnis.

Oleh sebab itu laporan akuntansi harus dibuat dengan baik dan seakurat mungkin dengan pembukuan yang tepat menggunakan software accounting.

Software accounting atau accounting program dapat membantu akselerasi bisnis Anda dan memberi Anda banyak kemudahan.

Melakukan pembukuan memang bukan hal yang mudah, jika tidak dilakukan secara teratur tentu akan memengaruhi perkembangan bisnsi ke depannya.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan, Anda bisa memanfaatkan software accounting tepercaya pada masa kini seperti Jurnal.

Sebagai salah satu platform penyedia jasa software accounting online, Jurnal bisa menjadi solusi untuk membantu Anda mengatasi proses pembukuan bisnis agar terkelola dengan baik dan akurat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, Anda bisa dapatkan langsung di sini. Daftar sekarang untuk dapatkan free trial 14 hari!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal