Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Olahraga Bagi Keseimbangan Hidup

Tayang 01 Nov 2015
Diperbarui 09 Oktober 2023

Waktu luang sangat penting bagi para pebisnis yang sibuk dengan pekerjaannya. Seringkali Anda bekerja tanpa menjaga kondisi tubuh Anda. Akibatnya, Anda akan cepat merasa lelah dan tidak maksimal dalam menjalankan bisnis Anda. Anda dapat mengisi waktu luang Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas positif. Salah satunya adalah melalui olahraga.

Manfaat Berolahraga

Selain menyehatkan tubuh,olahraga juga memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

  1. Meningkatkan Energi dan konsentrasi
    Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menambah energi dan konsentrasi Anda. Dengan berolahrga, sumber energi untuk sel-sel Anda akan bertambah. Hal ini akan memberi Anda semangat dan kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Olahraga seperti berjalan kaki selama 10 menit di pagi hari lebih mampu menambah fokus Anda daripada sejumlah permen. Berolahraga pada sore hari dapat meningkatkan energi Anda dan membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.
  2. Mengurangi stres dan emosi
    Salah satu cara mengurangi stres Anda adalah melalui olahraga. Pikiran yang terlalu banyak akan menyebabkan tegangnya otot-otot tubuh. Saat berolahraga, pikiran Anda tidak lagi terfokus pada pekerjaan. Beberapa olahraga seperti aerobik dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular sehingga Anda dapat lebih tenang dalam menghadapi masalah. Selain itu, berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga terbukti dapat melawan ketegangan otak dan memberikan efek bahagia sehingga Anda akan lebih santai dan percaya diri.
  3. Menambah waktu berkualitas dengan teman atau keluarga
    Berolahraga bersama keluarga atau teman dapat meningkatkan kualitas hubungan. Anda menikmati waktu bersama mereka sekaligus melepas beban Anda. Jika Anda termasuk orang yang lebih banyak mengabiskan waktu di kantor, maka dengan berolahraga Anda akan dapat bertemu teman baru dan belajar banyak hal. Dengan demikian, Anda dapat memenuhi kebutuhan sosial Anda tanpa diganggu pekerjaan

Read More: Social Group: Solusi Bagi Anda yang Sibuk Bekerja

Cara Menikmati Olahraga

Berolahraga tanpa memikirkan pekerjaan merupakan dambaan semua pebisnis. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat menikmati waktu olahraga Anda, diantaranya:

  1. Pilih olahraga yang Anda sukai
    Pilihlah bidang olahraga sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih menyukai olahraga atletik seperti lari, senar, dan berenang? Atau olahraga lapangan seperti bulutangkis, sepakbola, dan tenis? Memilih bidang olahraga yang Anda sukai akan membantu Anda untuk menikmati saat-saat berolahraga.
  2. Ajaklah orang lain
    Berolahraga bersama orang lain akan meningkatkan semangat Anda. Mengajak teman, keluarga, atau kelompok dengan minat yang sama akan membuat Anda lebih nyaman dan menikmati olahraga. Adanya euforia kelompok akan mempengaruhi mental serta emosi Anda. Jika mereka sangat menikmati olahraga tersebut, suasanya akan terasa menyenangkan dan Anda akan semakin suka berolahraga. Menikmati olahraga akan mengalihkan fokus Anda dari pekerjaan sehinga energi Anda dapat terisi kembali.
  3. Dengarkan Musik
    Mendengarkan musik baik untuk mendukung Anda dalam berolahraga. Menurut Dr. Costas Karageorghis, seorang peneliti psikologi olahraga, mendengarkan musik selama sebelum, memulai, dan sesudah berolahraga dapat meningkatkan performa fisik hingga 20%. Irama musik dapat mempengaruhi daerah otak yang mengatur pergerakan tubuh, sehingga tubuh kita akan bergerak dengan sendirinya. Menurtu Dr. Costas, gunakanlah musik cepat untuk olahraga dengan intensitas tinggi dan musik lambat saat pemanasan atau pendinginan.
  4. Jauhkan diri Anda dari pekerjaan
    Jangan memikirkan pekerjaan ketika Anda sedang berolahraga. Memang sulit bagi para pebisnis untuk menjauhkan diri dari pekerjaan meskipun hanya 1 menit. Namun, cobalah untuk menjauhkan diri Anda agar dapat menikmati saat berolahraga. Saat ini banyak teknologi yang dapat mendukung pekerjaan seperti perangkat atau program komputer yang bekerja tanpa perlu diawasi selama 24 jam. Anda pun dapat berolahraga tanpa perlu kuatir bisnis akan terhambat.

Read More: Manfaat Teknologi Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Mari tingkatkan keseimbangan hidup Anda dengan berolahraga. Dengan demikian fokus Anda tidak hanya tertuju pada kemajuan bisnis semata. Anda ingin menjadi pengusaha sukses yang sehat, bukan?

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal