Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Menjadi Pemimpin Kreatif Bagi Usaha Anda

Tayang 05 Nov 2015
Diperbarui 09 Oktober 2023

Pemimpin yang berkualitas adalah pemimpin yang kreatif. Anda dapat menentukan kreatif atau tidaknya seorang pemimpin melalui kondisi usahanya. Misalnya Larry Page pendiri Google dan Steve Jobs pendiri Apple. Mereka adalah contoh pemimpin kreatif yang terus mengembangkan usaha diluar jangkauan pemikiran manusia. Hasilnya? Anda dapat melihat cabang Google atau toko Apple dimana-mana.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga seorang pemimpin yang kreatif?

Setiap Perusahaan Membutuhkan Pemimpin Kreatif!

Setiap perusahaan membutuhkan sosok pemimpin kreatif untuk mendorong terjadinya inovasi. Sebagai pemimpin sekaligus pebisnis, Anda membutuhkan kreativitas dalam menjalankan usaha. Anda dituntut untuk menjadi pemimpin visioner yang melihat ke depan. Level kreativitas Anda akan menentukan sejauh apa produk atau jasa Anda dapat berinovasi. Ingatlah bahwa pemimpin yang kreatif akan mengembangkan produk atau jasanya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan bersaing di pasaran.

Tidak hanya dari inovasi barang dan jasa saja, kreativitas juga dilihat dari inovasi sistem. Pemimpin yang kreatif tidak akan tahan melihat sistem kerja yang stagnan dan akan terus bereksperimen untuk menemukan sistem perusahaan yang sesuai dan nyaman bagi pegawai maupun pelanggan. Dengan demikian, keterlibatan dan kesetiaan pegawai pada perusahaan semakin meningkat.

Mengasah Kreativitas di Lingkungan Kerja

Sebagai pemimpin Anda wajib mengasah kreativitas Anda agar dapat terus berinovasi bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa latihan efektif yang dapat Anda terapkan ketika bekerja untuk melatih kreativitas kepemimpinan Anda.

  • Observasi
    Observasi adalah cara membangun kreativitas dengan megamati kondisi atau lingkungan sekitar. Anda dapat melakukan observasi dengan mengamati lingkungan kantor, kondisi pegawai,serta produk atau jasa Anda di pasaran. Selain itu, Anda juga dapat membaca buku, menonton televisi, mendengarkan radio, atau melihat pengalaman orang lain untuk mendapatkan lebih banyak informasi, khususnya yang berhubungan dengan kondisi usaha saat ini.
  • Brainstorming
    Brainstorming atau bertukar pikiran adalah tindakan yang penting dilakukan sebelum membuat perencanaan. Dalam proses brainstorming Anda serta pegawai dipacu untuk berpikir out of the box. Anda dapat melakukan brainstorming dengan cara mengumpulkan pegawai Anda dan meminta pendapat mereka mengenai proyek atau sistem yang sedang dijalani. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan ide-ide brilian yang sebelumnya tidak terpikirkan.
  • Modifikasi
    Modifikasi merupakan tindakan memperbaharui ide sebelumnya menjadi lebih menarik. Sebelum memodifikasi produk, jasa, atau sistem usaha, Anda dapat memulai dengan mengubah rutinitas Anda terlebih dahulu. Misalnya, jika biasanya Anda ke kantor naik mobil, maka sekarang Anda dapat mencoba untuk menggunakan sepeda atau motor untuk menghindari kemacetan di perjalanan. Contoh lainnya adalah dengan menempelkan kaca pada dompet agar lebih mudah berdandan. Perubahan-perubahan kecil yang demikian akan perlahan-lahan merangsang kreativitas otak Anda.

Jadilah pemimpin yang kreatif untuk dapat bersaing di dunia global. Ingatlah bahwa kemajuan usaha Anda ditentukan oleh setiap tindakan Anda. Semakin sering Anda melatih kreativitas Anda, maka berkreasi dan berinovasi akan menjadi kebiasaan Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal