Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Ini Dia Cara Mengelola Bisnis dari Rumah selama Work From Home

Tayang 20 Apr 2020
Diperbarui 15 Januari 2024

Pandemi Corona yang terjadi saat ini memaksa pemerintah untuk memberlakukan kebijakan social distancing dan physical distancing dengan melakukan kegiatan work from home. Hampir semua perusahaan meminta karyawannya untuk bekerja di rumah demi membantu memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19). Kegiatan work from home ini tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi para pekerja kantoran, apalagi pemilik perusahaan. Khususnya mereka yang tidak biasa mengelola bisnis atau usahanya dari rumah. Melansir Independent, Senin (30/03/2020), Karen Eyre-White, pelatih produktivitas dan pendiri organisasi bisnis GoDo membagikan tips untuk menjaga performa selama kegiatan work from home diberlakukan. 

1. Membiasakan Diri 

bisnis work from home

Karen mengungkapkan bahwa setidaknya dengan melakukan kegiatan work from home, ada sesuatu yang bisa dipangkas, yaitu waktu. Jika biasanya Anda membutuhkan waktu 1 jam dari rumah ke kantor, dengan work from home, Anda hanya memerlukan waktu paling lama 5 menit untuk berada di meja kerja. Nah, hal pertama yang dilakukan pertama adalah pembiasaan. Bekerja di rumah dan di kantor adalah dua hal yang berbeda sehingga penerapannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

2. Bersikap Realistis Terhadap Target 

Strategi Bisnis Tetap Produktif Melewati Masa Kritis Covid-19

Kedua, Karen menganjurkan kepada setiap karyawan dan perusahaan untuk bersikap realistis terhadap target yang ingin dicapai. Hal ini lantaran situasi yang mengharuskan Anda untuk di rumah aja saat pandemi Corona akan berbeda jika dibandingkan dengan kondisi normal. Ini juga termasuk dengan rencana bisnis yang perlu disesuaikan dengan situasi seperti sekarang. 

3. Jangan Lupa Beristirahat 

work from home

Memang, Anda bekerja di rumah, tapi bukan berarti melupakan waktu beristirahat ya. Tanggung jawab pekerjaan menjadi hal penting, tapi jangan sampai Anda lupa untuk beristirahat, termasuk meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat di rumah. Bukan berarti dengan Anda merasa nyaman bekerja di rumah, Anda tidak perlu beristirahat dengan cukup. Saat sore hari, cobalah untuk sejenak meninggalkan meja bekerja sehingga Anda akan kembali dalam perasaan yang fresh

4. Tetap Berkomunikasi dengan Tim 

komunikasi

Anda juga perlu menjaga komunikasi yang baik dengan tim. Meskipun bekerja di rumah, komunikasi antar tim harus tetap dijalin. Jika biasanya komunikasi dilakukan dengan melakukan meeting di kantor, kali ini Anda akan mengandalkan teknologi untuk bisa bertatap muka secara tidak langsung dengan tim Anda melalui panggilan video atau video conference call. 

5. Memperlakukan Kegiatan Work from Home Sama seperti Bekerja Normal 

Berdasarkan publikasi State of RemoteWork 2019, kesendirian akan membuat orang menjadi kurang termotivasi dan kurang produktif. Oleh karena itu, hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah memperlakukan aktivitas WFH sama seperti pekerjaan nyata. Hanya karena Anda melakukannya di rumah, bukan berarti Anda seenaknya. Jika perlu, buatlah ruangan khusus di rumah untuk bekerja sehingga akan menghindari Anda dari godaan untuk berbaring di tempat tidur. 

Nah, itu dia tips mengelola bisnis dari rumah saat work from home. Nggak cuma untuk karyawan dan perusahaan saja, pelaku UKM juga mulai memberlakukan aktivitas WFH lho. Dengan kondisi WFH inilah, maka peran teknologi sangatlah penting demi menjaga kelangsungan bisnis itu sendiri. Jurnal, sebuah software akuntansi dan keuangan online hadir untuk membantu Anda mengelola bisnis kapan pun dan di mana pun hanya dengan aplikasi mobile atau laptop saja lho

Cari tahu selengkapnya mengenai produk aplikasi nota dari Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Manfaatkan juga pengelolaan barang Anda dengan lebih mudah menggunakan program stok barang. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!

CTA

 

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal