Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Mengapa Enterpreneur Butuh Akuntansi Cloud?

Tayang 26 Jun 2023
Diperbarui 09 Oktober 2023

Seorang entrepreneur membutuhkan sistem akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu dalam merintis dan mengembangkan bisnisnya.

Jika Anda ingin dapat bekerja lebih cerdas dan cepat, memanfaatkan sistem akuntansi berbasis cloud adalah pilihan yang bijaksana.

Pekerjaan yang ditunjang dengan sistem cloud akan memberikan gambaran yang lebih baik bagi keuangan perusahaan dan meningkatkan kerjasama tim.

Terlebih bagi seorang entrepreneur di mana memiliki sumber daya yang terbatas, khususnya manusia.

Namun, seorang entrepreneur juga harus jeli dalam menemukan software akuntansi cloud yang cocok, tepat, dan up-to-date terhadap teknologi.

Contohnya, software akuntansi yang tidak menggunakan teknologi cloud tidak sepenuhnya efektif karena dapat menyedot terlalu banyak waktu dan tenaga dalam menggunakannya.

Lalu, apa saja alasan lain untuk menggunakan sistem akuntansi cloud yang tepat bagi seorang entrepreneur?

Masalah dengan software akuntansi tradisional

Terdapat beberapa masalah dan batasan dalam sebuah software akuntansi yang tidak up-to-date bagi seorang entrepreneur.

  • Data dalam sistem dan software tidak up-to-date secara realtime.
  • Hanya bekerja pada satu komputer dan data dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, pada USB drive. Hal ini tidak aman dan dapat berbahaya pada keamanan data.
  • Hanya satu orang yang memiliki akses sebagai admin atau pengguna.
  • Mahal dan rumit untuk me-maintain backup data.
  • Upgrade rutin software yang terkesan lama dan sulit.
  • Di sisi lain, akuntansi cloud dapat menghemat waktu dan uang perusahaan.

Mengapa seorang entrepreneur membutuhkan sistem akuntansi berbasis cloud?

Pikirkan ketika Anda menggunakan internet banking, setiap kali Anda mengakses data ini, Anda tentunya menggunakan teknologi cloud.

Cloud adalah sebuah platform untuk membuat data dapat diakses secara online kapan saja dan di mana saja, dengan perangkat apapun.

Gunakan Software Akuntansi Berbasis Cloud Mekari Jurnal, Akses Mudah Di Mana Saja dan Kapan Saja Melalui Perangkat Apapun

Anda dapat menggunakan perangkat lunak berbasis cloud dari perangkat apapun dengan koneksi internet.

Sistem akuntansi online berarti entrepreneur tetap terhubung dan memantau data-data penting mereka.

Dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud, seluruh ekosistem dapat terintegrasi dengan biaya yang lebih hemat dan mudah digunakan.

Pada sistem cloud, pengguna tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi di komputer desktop.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Bisnis F&B Butuh Software Akuntansi

Cloud Memiliki Tingkat Keamanan yang Kuat

Sebagai seorang entrepreneur, Anda mungkin khawatir tentang layanan akuntansi berbasis cloud dalam menyimpan data penting Anda.

Tapi teknologi cloud adalah salah satu cara yang paling aman untuk menyimpan informasi.

Misalnya, dengan menggunakan akuntansi cloud, jika laptop Anda dicuri, tidak ada yang dapat mengakses data Anda kecuali mereka memiliki login ke akun Anda.

Dalam hal terjadi bencana alam atau kebakaran, data yang ada di cloud tetap aman dan produktivitas bisnis tidak perlu terpengaruh karena tidak ada downtime.

Selama Anda memiliki akses ke komputer atau perangkat mobile yang terhubung ke internet, Anda kembali dapat tetap mengakses data Anda,

Selain itu, jika Anda ingin menunjukkan data pada klien/ partner, Anda dapat mengontrol tingkat akses.

Ini jauh lebih aman dibandingkan dengan cara mengirim email atau menggunakan USB dengan data Anda di dalamnya.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Seputar Tingkat Keamanan Data Cloud

Mengapa Enterpreneur Butuh Akuntansi Cloud?

Keunggulan Lain Sistem Akuntansi Cloud Bagi Bisnis

Ada beberapa keunggulan lain menggunakan akuntansi berbasis cloud bagi entrepreneur, yaitu:

  • Dapat memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan Anda saat ini, secara realtime.
  • Akses multi-user memudahkan untuk berkolaborasi secara online dengan tim Anda dan penasehat.
  • Bebas biaya dan waktu pemeliharaan.
  • Semuanya dijalankan secara online, jadi tidak ada untuk menginstal dan semuanya didukung secara otomatis. Update bebas dan langsung tersedia.
  • Menghemat biaya modal bisnis seperti upgrade versi, pemeliharaan, biaya administrasi sistem dan kegagalan server isu yang tidak lagi menjadi masalah karena sudah menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud.

Manfaat lain dari sistem akuntansi cloud adalah fleksibilitas yang memberikan Anda kesempatan untuk menjalankan bisnis Anda dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja.

Anda dapat sepenuhnya yakin bahwa Anda memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis yang Anda lakukan, tidak peduli di mana Anda berada.

Dengan akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia.

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Mekari Jurnal yang dapat membantu para entrepreneur untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis.

Mekari Jurnal memiliki fitur lengkap mulai dari pengurusan perpajakan, pembuatan invoice dan faktur, hingga pengelolaan stok barang yang tentunya dapat memudahkan seorang entrepreneur dalam menjalankan usahanya.

Tentunya, Mekari Jurnal juga menyediakan paket terjangkau bagi entrepreneur yang ingin menggunakan software akuntansi cloud dalam operasionalnya.

Daftarkan bisnis Anda sekarang atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim Mekari Jurnal di sini!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal