Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Manfaatkan Teknologi Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Tayang 30 Oct 2015
Diperbarui 11 Januari 2024

Apakah Anda menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnis Anda? Apakah selama ini Anda merasa tertolong dengan adanya teknologi?

Teknologi bukan lagi keinginan, melainkan sebuah kebutuhan. Meningkatkan kualitas bisnis merupakan prioritas utama Anda sebagai seorang pebisnis. Namun keluarga, teman, serta tubuh Anda juga membutuhkan perhatian lebih. Karena itu, Anda memerlukan teknologi agar bisnis Anda dapat berkembang tanpa mengganggu kehidupan Anda. Berikut ini merupakan 6 hal yang dapat Anda lakukan bagi bisnis Anda dengan bantuan teknologi:

1. Mempromosikan Produk atau Jasa

Dengan adanya media, Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa Anda ke daerah-daerah berbeda tanpa perlu membayar biaya tiket yang mahal. Media sendiri dibagi dua, yaitu media online dan media offline. Media offline terdiri dari majalah, radio, televisi, billboard, brosur, spanduk, dan bentuk lainnya. Media online terdiri dari berbagai media sosial seperti facebook, blog, atau official website. Anda dapat mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media-media tersebut.

Masing-masing media memiliki kisaran harga yang berbeda. Biasanya cara paling mudah untuk mempromosikan produk atau jasa Anda adalah melalui media sosial. Setiap media sosial menawarkan harga promosi yang relatif murah dibandingkan dengan media-media offline. Bahkan hanya dengan membuat akun dan mengundang teman-teman Anda untuk ‘like’ akun tersebut, Anda telah menjadikan mereka sebagai pelanggan-pelanggan pertama Anda.

2. Membangun dan Menjaga Relasi Bisnis

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda melakukan komunikasi dan kerjasama jarak jauh dengan rekan bisnis, pelanggan, serta investor Anda. Anda dapat melakukan komunikasi online melalui aplikasi online messenger seperti line, whatsapp, dan blackberry messenger. Bahkan sekarang Anda dapat berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti skype dan melakukan meeting serta teleconference melalui web seperti MeetingBurner dan Webinar.

3. Mengontrol Jalannya Bisnis

Teknologi memberi Anda kesempatan untuk mengawasi bisnis kapanpun dan dimanapun. Saat di dalam kantor, Anda dapat mengendalikan pegawai Anda dengan menggunakan software untuk pengawas jaringan seperti Radmin. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kegiatan online pegawai Anda selama di kantor.

Mengendalikan perusahaan menjadi semakin mudah setiap harinya. Tidak hanya di kantor, Anda juga dapat melihat seluruh aktivitas perusahaan selama 24 jam dari jauh dengan aplikasi CCTV yang dapat diakses dari smartphone Anda. Tidak hanya mengontrol aktivitas perusahaan, Anda juga dapat mengontrol proses distribusi produk atau jasa Anda melalui GPS tracking. Anda pun dapat menghabiskan waktu liburan Anda tanpa memikirkan kondisi perusahaan.

4. Mengelola Keuangan Perusahaan

Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Jika dulu Anda membutuhkan waktu berjam-jam di depan mesin tik untuk membuat laporan keuangan, maka sekarang Anda dapat dengan mudah membuat membuat laporan tersebut dengan microsoft office yang tersedia di komputer atau laptop. Sekaran Anda juga dapat membuat dan mengakses laporan keuangan dengan software keuangan dan akuntansi offline maupun online.

Banyak software manajemen yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan Anda. Contohnya, ada software ReadyForZero yang dapat membantu mengontrol jumlah hutang Anda sehingga Anda dapat lebih bijak mengatur keuangan Anda. Selain itu, ada software akuntansi online yang dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi android seperti Jurnal.id yang dapat membantu Anda membuat berbagai laporan keuangan perusahaan secara instan sehingga Anda dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya.

5. Analisa

Sekarang Anda dapat melihat perkembangan bisnis Anda dari depan layar saja. Hanya dengan menyediakan komputer atau laptop dan memasang jaringan internet, Anda dapat menganalisa aktivitas perusahaan dan masyarakat yang menjadi target Anda.
Saat ini banyak software atau website yang dapat Anda gunakan untuk meneliti kondisi bisnis dan target pasar.

Anda dapat menganalisa jalannya bisnis Anda dengan program aplikasi bisnis seperti oracle dan SAS (Statistical Analysis System). Melalui program penelitian pasar seperti Metastock, Anda dapat menguji coba strategi bisnis sebelum diterapkan dan mendapatkan data terbaru mengenai statistik pasar. Anda juga dapat melihat kondisi pasar melalui aktivitas di media sosial melalui software analisis media sosial seperti Sonar Platform. Dengan banyaknya sumber data penelitian yang tersedia, Anda dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

6. Menjaga Keamanan Data

Keamanan data perusahaan semakin terjamin dengan adanya teknologi. Data yang awalnya hanya berbentuk tulisan dan mudah rusak sekarang dapat disimpan dalam bentuk file di usb, harddisk, laptop, atau komputer. Anda juga dapat mem-back up data dan menyimpannya di tempat-tempat berbeda untuk mengurangi risiko kehilangan data.

Selain menyimpan secara offline, Anda juga dapat menyimpan data Anda secara online dengan menggunakan cloud storage seperti google drive atau dropbox. Menyimpan data secara online dianggap lebih aman dan efektif karena risiko data terhapus atau dicuri orang sangat kecil. Hanya Anda yang tahu username, email, dan password akun Anda. Karena itu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data.

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat teknologi bagi bisnis Anda. Teknologi tidak hanya mengembangkan bisnis semata, tetapi juga mempersingkat waktu di kantor sehingga Anda dapat mengendalikan perusahaan Anda kapanpun dan dimanapun Anda berada tanpa mengesampingkan keluarga dan kehidupan sosial Anda. Jadi, sudahkan Anda menggunakan teknologi dengan maksimal?

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal