Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Manfaat Outsourcing Akuntansi Bisnis Untuk Bisnis Sukses

Tayang 15 Jun 2023
Diperbarui 17 Oktober 2023

Apa manfaat outsourcing akuntansi pada bisnis?

Tentu ada banyak komponen yang harus diperhatikan untuk mendirikan sebuah bisnis.

Agar dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan sistem payroll atau penggajian dan prinsip dasar akuntansi yang andal serta terukur.

Hal ini mungkin akan mudah jika Anda memiliki karyawan untuk mengurusnya.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa dengan undang-undang yang berlaku untuk akuntansi, perpajakan, serta ketenagakerjaan.

Namun, lain halnya jika Anda ingin melebarkan bisnis.

Tentu saja Anda akan mempekerjakan lebih banyak karyawan, dan pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi dan payroll akan menjadi lebih rumit.

Jika Anda tidak ingin pusing dengan masalah tersebut, outsourcing merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda ambil.

Outsourcing adalah kondisi di mana perusahaan mempekerjakan individu atau perusahaan di luar perusahaan untuk mengelola suatu unit kerja dalam ekosisitem perusahaan.

Ada banyak peran dan manfaat outsourcing akuntansi bisnis dalam perusahaan. Apa saja? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Peran Penting Outsourcing Akuntansi Pada Bisnis dalam Perusahaan

Jasa outsourcing memiliki peran penting dalam meningkatkan performa sebuah bisnis atau perusahaan.

Dengan menggunakan jasa outsourcing akuntansi bisnis, perusahaan dapat menekan biaya operasional dan lebih fokus dalam memajukan bisnis utama atau core business-nya.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing, maka Anda perlu mengetahui kerugian dan keuntungan menggunakan jasa outsourcing.

Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 64, perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa karyawan yang dibuat secara tertulis.

Dengan merujuk pada Pasal tersebut, maka outsourcing dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Pemborongan pekerjaan, merupakan pengalihan suatu pekerjaan kepada jasa outsourcing dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pekerjaan yang dialihkan. Hal ini termasuk hal-hal yang bersifat teknis seperti pengaturan operasional, maupun hal-hal yang bersifat non-teknis seperti administrasi kepegawaian. Pekerjaan yang dialihkan merupakan pekerjaan yang dapat diukur volumenya.
  2. Penyediaan jasa pekerja, merupakan pengalihan suatu posisi kepada jasa outsourcing dan menempatkan karyawan untuk mengisi posisi tersebut. Jasa outsourcing hanya bertanggung jawab terhadap manajemen karyawan tersebut, beserta hal lain yang bersifat non-teknis. Sedangkan hal-hal teknis akan menjadi tanggung jawab perusahaan sebagai pengguna dari karyawan jasa outsourcing.

Manfaat Outsourcing Akuntansi Bisnis dalam Pengelolaan Keuangan

Manfaat Outsourcing Akuntansi Pada Bisnis dalam Pengelolaan Keuangan

Ada beberapa alasan yang dapat membantu Anda dalam membuat pilihan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku di Indonesia

Peraturan yang berlaku di Indonesia mengenai ketenagakerjaan, akuntansi, audit, serta pelaporan pajak memang cukup sulit dipahami oleh perusahaan asing.

Tidak heran jika mengingat peraturan yang berlaku di Indonesia cenderung berubah seiring berjalannya waktu.

Selain itu, peraturan di Indonesia melibatkan banyak formula atau rumus tersendiri.

Misalnya, perhitungan upah lembur yang bisa jadi berbeda setiap jam lembur, atau terkait upah minimum, yang dapat berubah tergantung pada tingkat pertumbuhan dan inflasi PDB.

Indonesia menggunakan tingkat progresif, namun ada pengecualian yaitu jika karyawan tersebut menghasilkan tidak lebih dari Rp 54 juta, maka mereka bebas dari tarif pajak penghasilan (PPh).

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu saja dapat mempelajari semua peraturan yang berlaku.

Namun jika Anda tidak cepat akrab dengan peraturan tersebut, maka dapat membahayakan bisnis Anda.

Misalnya, Anda harus siap untuk membayar denda atas keterlambatan pelaporan pajak, atau kemungkinan yang paling buruk Anda dapat masuk penjara, izin usaha Anda dicabut, atau pendaftaran perusahaan Anda dapat dibatalkan.

Pentingnya mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku Indonesia merupakan alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis.

Pilihlah konsultan bisnis terbaik, akuntan yang bersertifikat, dan spesialis pajak dengan pengetahuan dan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Manfaat outsourcing akuntansi bisnis yang lain adalah untuk membantu Anda dalam menghemat banyak uang.

Dalam berbisnis, Anda dapat menghindari pengeluaran uang untuk mempekerjakan dan pelatihan karyawan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat lunak akuntansi dan payroll yang mahal.

Serta tidak perlu menyewa kantor yang lebih besar untuk tim Anda.

3. Pertumbuhan Perusahaan yang Menjanjikan

Pengelolaan keuangan yang terspesialisasi dan terpusat membantu perusahaan lebih cepat dalam menggapai tujuannya.

Berbagai resiko kerugian bisnis juga dapat terhindar dengan sempurna dan peluang keuntungan yang semakin melebar.

Di sisi lain, efektivitas pengelolaan keuangan membantu perusahaan dalam menggapai tingkat penjualan yang semakin tinggi dan efisiensi sumber daya.

4. Manajemen Bisnis Yang Lebih Baik

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha adalah membuat diri mereka kerepotan dengan banyaknya tugas yang sebenarnya dapat diberikan pada pihak lain yang lebih kompeten di bidangnya.

Dengan mengurusi berbagai tugas tersebut, maka para pengusaha akan lebih mudah kelelahan dan menjadi kurang efisien dan produktif dalam menjalankan bisnis.

Padahal, menjalankan sebuah bisnis dengan baik adalah tentang melakukan hal-hal yang paling penting, tidak termasuk dengan tugas rutin yang dapat dilakukan pihak lain.

Di dalam dunia bisnis, akuntansi merupakan mata dan telinga untuk melihat kondisi bisnis atau perusahaan secara akurat dan menyeluruh.

Sehingga dapat dilakukan penyesuaian, jurnal koreksi serta mengambil keputusan yang baik, tepat waktu dan tepat sasaran.

Bantu Kelola Keuangan Perusahaan dengan Mekari Jurnal

Dengan memahami manfaat outsourcing akuntansi bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas, maka Anda tidak perlu khawatir untuk mulai menggunakan tenaga outsourcing untuk bisnis.

Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk memperbarui strategi dan merestrukturisasi SDM serta keuangan bisnis yang ada.

Menurut Sage Practice Now, 82% usaha kecil dan 52% perusahaan sudah menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud.

Oleh karena itu, utuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, manfaatkan bantuan software akuntansi online.

Mekari Jurnal telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan secara lebih praktis dan akurat.

Selain pembukuan keuangan, Mekari Jurnal juga dilengkapi dengan fitur penunjang perusahaan lainnya seperti kelola perpajakan, pembuatan invoice, pengelolaan stok barang, hingga Mekari Pay.

Melalui Mekari Pay, Anda dapat mengelola transaksi pembayaran bisnis dengan proses yang terotomatisasi dan sudah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

Dengan seluruh fitur yang terdapat pada Mekari Jurnal, temukan solusi kemudahan dalam mengelola akuntansi dan capai tujuan perusahaan Anda!

Daftarkan perusahaan Anda pada Mekari Jurnal di bawah ini sekarang juga!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal