Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

Tayang 27 Dec 2019
Diperbarui 12 Oktober 2023

Upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa? Market entry strategy adalah? Pertanyaan tersebut terkait dengan pemasaran dimana, strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Saat menjalankan bisnis, Anda pasti menginginkan produk atau jasa yang ditawarkan bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat, bukan?

Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Sama halnya dengan kemampuan manajemen karyawan, manajemen gudang dengan aplikasi gudang, kemampuan olah akutansi, semua hal tersebut sangat krusial bagi kelangsungan bisnis.

Selain itu, strategi ini juga membantu meningkatkan performa perusahaan.

Dalam menjalankan usaha, menawarkan produk atau jasa kepada banyak orang adalah salah satu kunci kesuksesan.

Jika kualitas produk atau jasa tersebut cukup baik, tentunya bisnis akan berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan berlimpah.

Strategi pemasaran yang efektif akan membantu konsumen untuk mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, disini blog Jurnal By Mekari akan mengulas terkait pemasaran yang akan menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Yang dimaksud dengan market entry strategy adalah?
  • Sebuah upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa?
  • Perluasan pasar dalam upaya penjualan produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut strategi apa?
  • Alat fundamental yang direncanakan untuk mengembangkan perusahaan melalui pemasaran disebut apa?

Menurut Para Ahli Definisi Strategi Pemasaran Adalah Sebagai Berikut

Upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa? Market entry strategy adalah? Pertanyaan tersebut terkait dengan pemasaran dimana, strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pemaparan definisi mengenai strategi pemasaran diungkapkan oleh beberapa ahli sebagai berikut.

a. Tjiptono

Arti Strategi pemasaran menurut Tjiptono merupakan alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasarannya.

b. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler strategi pemasaran adalah merupakan pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.

c. Guiltinan dan Paul

Menurut Guiltinan dan paul Strategi pemasaran artinya merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

d. Stanton

Menurut Stanton Strategi pemasaran adalah merupakan suatu hal yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetapkan harga suatu produk sampai memasarkannya serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memberi kepuasan pembeli aktual serta potensial.

Konsep Strategi Pemasaran 

Konsep manajemen strategi pemasaran adalah terbagi menjadi lima, yaitu:

a. Segmentasi Pasar

Setiap pasar tentunya terdiri dari berbagai pembeli yang memiliki kebutuhan dan kebiasaan berbeda.

Dalam hal ini, perusahaan pun tidak bisa memenuhi kebutuhan semua pembeli sehingga perlu mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan pasar yang bersifat homogen.

b. Market Positioning

Perusahaan tidak bisa menguasai pasar secara keseluruhan sehingga prinsip dalam strategi pemasaran selanjutnya adalah memilih pola pasar perusahaan yang spesifik.

Konsep ini akan membantu membuka peluang maksimal kepada perusahaan untuk menempatkan diri di kedudukan yang kuat.

Dengan kata lain, perusahaan wajib memilih segmen pasar yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang besar.

c. Market Entry Strategy

Market entry strategy adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar untuk sasaran penjualan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi ini, salah satunya adalah mengakusisi perusahaan lain.

d. Internal Development

Beberapa perusahaan lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri melalui research and development karena cara ini akan membantu mencapai kepemimpinan dalam industri.

Mengingat strategi pemasaran adalah beberapa hal yang perlu banyak dicoba untuk mendapatkan hasil terbaik.

e. Marketing Mix Strategy 

Marketing Mix Strategy adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk memengaruhi tanggapan dari konsumen.

Variabel yang dapat memengaruhi pembeli disebut 7P (Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical evidence).

f. Timing Strategy

Menentukan saat yang tepat dalam memasarkan barang adalah hal penting untuk diperhatikan.

Namun, saat perusahaan melihat adanya kesempatan untuk menetapkan serta menyusun strategi pemasaran, tidak berarti bahwa kegiatan pemasaran bisa langsung dimulai.

Perusahaan harus melakukan persiapan terlebih dahulu, lalu menentukan kapan waktu terbaik untuk memasarkan barang atau jasa ke pasar.

Fungsi Strategi Pemasaran Adalah Sebagai Berikut

Adapun strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Mengatur arah jalannya bisnis atau perusahaan. Tentunya, hal ini akan membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.
  • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan. Strategi pemasaran menuntut para pelaku bisnis untuk memperkirakan laju bisnis di masa mendatang sehingga secara tidak langsung memberikan semangat untuk menjalankannya.
  • Sebagai standar penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan. Dengan adanya standar penilaian ini, tentunya pengawasan mutu dan kualitas kerja menjadi efektif.
  • Sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Tujuan Strategi Pemasaran Adalah berikut

Selain fungsi, tentunya kita perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan strategi pemasaran.

Saat merancang strategi, umumnya perusahaan memiliki tujuan beragam, di antaranya:

  • Dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.
  • Membantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran sehingga lebih efektif dan mampu mencapai target dengan mudah.
  • Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  • Dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut. pengertian strategi pemasaran tersebut dikemukakan oleh Tjiptono.

Cara ,Tips, Strategi Pemasaran yang Perlu Dicoba 

Pemasaran produk adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan performa suatu perusahaan.

Strategi pemasaran produk adalah kegiatan yang dapat membantu memperkenalkan produk secara luas.

Lantas, apakah ada strategi pemasaran yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan produk bisnis? Ini dia cara yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Media Sosial Dan Menerapkan Penggunaan Teknologi

Seperti yang kita tahu bahwa media sosial (social media) adalah alat pemasaran yang efektif karena hampir semua orang aktif menggunakannya.

Media sosial adalah jenis pemasaran online membantu perusahaan untuk berinteraksi secara luas dengan berbagai kalangan.

Selain itu, media sosial juga membantu perusahaan untuk memilih komunitas yang tepat untuk memasarkan produk sehingga peluang produk terjual lebih besar.

Penerapan dari strategi pemasaran adalah banyak sekali, dimana salah satunya menggunakan sosial media ini.

Salah Satu Strategi Pemasaran Adalah Dengan Menawarkan Produk Gratis

Selain menggunakan media sosial, strategi ini juga dianggap ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan mudah menarik perhatian.

Alasan lain kenapa strategi ini juga diperlukan karena sering kali seorang pelanggan belum mau membeli produk karena belum pernah mencobanya.

Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, cobalah untuk mengisi event atau acara dan menawarkan sample langsung kepada konsumen.

Namun, jika perusahaan menawarkan jasa atau media digital, sebaiknya tawarkan free trial sehingga konsumen dapat mencoba dan mengetahui produk tersebut.

Salah satu yang menawarkan free trial ini biasanya produk SaaS seperti Jurnal By Mekari, software akuntansi online untuk perusahaan. Produk aplikasi Akuntansi ini memungkinkan Anda untuk mencobanya sendiri secara gratis sebelum menggunakannya. Banyak fitur didalamnya termasuk fitur aplikasi laporan keuangan dan fungsi software invoice yang mudah digunakan.

Salah satu yang menawarkan free trial ini biasanya produk SaaS seperti Jurnal By Mekari. Produk aplikasi Akuntansi ini memungkinkan Anda untuk mencobanya sendiri secara gratis sebelum menggunakannya.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Memilih Tempat yang Strategis Agar Produk Lebih Terlihat

Strategi pemasaran yang selanjutnya tidak kalah penting adalah memilih tempat yang strategis.

Tempat yang tepat tentunya akan membuka peluang produk terlihat lebih tinggi sehingga memicu terjadinya penjualan.

Kriteria pemilihan tempat yang strategis harus menyesuaikan target sasaran dan kemudahan untuk menjangkaunya.

Salah Satu Strategi Pemasaran Yang Bisa Dicoba Adalah Memberi Reward untuk Rekomendasi

Teknik pemasaran mulut ke mulut memang masih mencuri perhatian karena diangagp efektif.

Kebanyakan konsumen akan tertarik menggunakan produk berdasarkan review bagus dari orang-orang yang pernah memakainya.

Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu strategi efektif untuk memasarkan produk atau jasa.

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya jika ada yang merekomendasikannya.

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa memberi sebuah reward yang menarik.

Ingat, reward tidak selalu soal uang, tapi Anda bisa memberi hadiah berupa produk atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Strategi pemasaran adalah hal yang memiliki peranan penting dalam kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Namun, tentunya Anda harus menerapkan strategi yang tepat agar sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Jangan pernah melakukan pemasaran tanpa strategi karena ini hanya akan membuang waktu dan biaya.

Anda harus merencanakan semua aspek dengan matang dan rinci sehingga eksekusinya pun dapat berjalan dengan maksimal.

Diatas blog Jurnal By Mekari telah mengulas terkait definisi, arti, fungsi, dan tujuan strategi pemasaran adalah sebagaimana diatas.

Ulasan tersebu tentu akan menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Yang dimaksud dengan market entry strategy adalah?
  • Sebuah upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa?
  • Perluasan pasar dalam upaya penjualan produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut strategi apa?
  • Alat fundamental yang direncanakan untuk mengembangkan perusahaan melalui pemasaran disebut apa?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya. Jangan lupa untuk dibagikan di sosial media ya!

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal