Mekari Jurnal
Daftar Isi

10 Kesalahan Dasar dalam Praktik Akuntansi dan Keuangan Bisnis Perusahaan

Tayang 06 Nov 2023
Diperbarui 15 Januari 2024

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dasar akuntansi keuangan yang sering terjadi yang perlu dipahami untuk mengurangi kesalahan tersebut. Apa saja? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini.

Berkat banyaknya aplikasi akuntansi yang tersedia untuk bisnis, saat ini para pebisnis lebih mudah dari sebelumnya untuk menyimpan catatan akurat tentang keuangan bisnis.

Sementara software akuntansi membuat pembukuan keuangan dan akuntansi lebih mudah untuk bisnis kecil, ternyata beberapa kesalahan dasar-dasar akuntansi masih saja terjadi — dari pengelompokan transaksi yang salah hingga salah memasukkan data ke dalam aplikasi.

Beberapa kesalahan akuntansi kecil, tidak signifikan, dan — ketika hal itu pasti diketahui oleh seseorang dalam bisnis Anda — mudah diperbaiki.

Tetapi hal ini bisa menjadi lebih serius dan berdampak signifikan pada kesehatan keuangan bisnis Anda jika dilakukan secara terus menerus.

Seiring berjalannya waktu, praktik akuntansi yang buruk mengubah realitas kesehatan keuangan bisnis Anda.

Dalam kasus yang parah, kesalahan dasar akuntansi keuangan yang berulang dan praktik akuntansi yang buruk  menyebabkan bisnis mengalami kebangkrutan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dasar akuntansi keuangan yang sering terjadi. Anda perlu memahami ini untuk mengurangi kesalahan itu. Apa saja? Blog Jurnal by Mekari akan mengulasnya disini.

10 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Dalam artikel ini, Mekari Jurnal berhasil mengidentifikasi 10 kesalahan dasar dasar akuntansi dan keuangan bisnis kecil yang paling umum terjadi.

Anda-pun juga akan mendapat penjelasan bagaimana kesalahan tersebut menjadi masalah, baik kecil maupun besar, dalam perkembangan bisnis Anda.

1. Berasumsi Bahwa Keuntungan Berarti Arus Kas

Anda baru saja menutup sebuah kesepakatan yang proyeknya akan selesai dalam waktu 3 bulan.

Tentunya, proyek ini akan menghabiskan sejumlah dana perusahaan yang cukup besar. Namun, Anda sudah mencatat keuntungan yang akan didapatkan di awal kesepakatan.

Hal ini sebenarnya akan menjadi masalah karena mencatat keuntungan sebagai arus kas adalah sebuah kesalahan.

Apa yang terjadi jika alih-alih selesai dalam tiga bulan, ternyata mengalami masalah lalu menyebabkan tambahan tiga bulan lagi dari waktu yang sudah disepakati?

Berapa kenaikan biaya Anda, membuat estimasi biaya sebelumnya menjadi tidak akurat?

Memang, sangat menggoda untuk menuliskan setiap transaksi pendapatan.

Tetapi, melakukan hal itu dapat membuat bisnis Anda tampak lebih sehat daripada yang sebenarnya dan memberi Anda gambaran yang menyimpang dari kondisi yang nyata dari keuangan bisnis Anda.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat dengan Aplikasi Mekari Jurnal

Saya Mau Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Baca juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas dan Contoh

2. Tidak Mengelola Pembukuan dengan Cukup Serius

Kunci akuntansi yang efektif adalah merekam semuanya. Karena itu kesalahan dasar akuntansi keuangan jangan sampai terjadi.

Dari transaksi kecil hingga besar dari pelanggan dan klien, penting untuk memastikan bahwa semuanya dicatat dan dikategorikan dengan benar di akun Anda.

Tidak peduli sekecil apa pun bisnis Anda, memperhatikan akuntansi dengan serius akan memberi gambaran kesehatan bisnis Anda yang akurat dan andal, yang memungkinkan Anda untuk menentukan dengan tepat seberapa baik (atau buruknya) kinerja Anda dalam periode tertentu.

Dari mengelompokkan berbagai jenis aset dan liabilitas dengan benar hingga melakukan pemeriksaan bulanan atas buku dan akun Anda, membangun sistem pembukuan dan akuntansi yang serius untuk bisnis adalah kunci untuk menjaga bisnis tetap aman secara finansial.

kesalahan dasar akuntansi keuangan salah satunya tidak membedakan rincian payroll karyawan

3. Tidak Membedakan Rincian Payroll Karyawan 

Jika Anda memiliki berbagai jenis karyawan di perusahaan, seperti karyawan tetap, karyawan kontrak, hingga jenis karyawan lain, perhatikan segala komponen gaji atau payroll mereka.

Ingat, perbedaan komponen gaji juga mempengaruhi pencatatan akuntansi bisnis Anda.

Ketahui aturannya, jangan sampai merugikan kesehatan keuangan bisnis atau karyawan Anda.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk UKM

4. Mengelola Semua Akuntansi Bisnis Hanya Sendiri

Apakah Anda menangani semua pembukuan dan akuntansi sendiri?

Nah, ini adalah salah satu kesalahan dasar akuntansi keuangan yang sering terjadi.

Ketika Anda menjalankan bisnis yang sangat kecil dengan pendapatan terbatas, Anda bisa saja tergoda menurunkan biaya dengan menangani akuntansi bisnis seorang diri.

Meskipun mengurus akuntansi bisnis Anda sendiri tampak seperti cara yang hebat untuk menghemat uang,hal ini sebenarnya bisa menghabiskan uang bisnis Anda.

Seorang akuntan memang membutuhkan biaya lebih besar, tetapi juga akan menghemat uang bisnis.

Dari pengurangan pajak yang tidak Anda ketahui, lalu kesalahan yang sulit dilihat di bisnis Anda sendiri.

Tapi ini semua akan lebih mudah dicari salahnya ketika ada seorang ahli yang memperhatikan dan mengelola semua akuntansi Anda.

Anda juga dapat menggunakan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal.

Hanya tinggal masukan angka, semua dikelola secara otomatis.

Baca Juga : 4 Kesalahan Proses Akuntansi yang Sering Terjadi Dalam Bisnis

5. Gagal Merekonsiliasi Pembukuan dengan Rekening Bank

Penting untuk mengetahui bahwa Anda sering menjaga akun bisnis Anda.

Rekonsiliasi adalah proses pemeriksaaan saldo akun yang tercantum pada pembukuan secara akurat dan benar.

Lalu dipastikan bahwa pembukuan sesuai dengan saldo riil pada rekening bank bisnis Anda.

Dari waktu ke waktu, biaya dan pengeluaran kecil yang mungkin tidak Anda pikirkan bisa saja tidak tercatat.

Rekonsiliasi akun Anda sekarang juga. Hal ini juga memungkinkan Anda melacak situasi keuangan Anda dengan akurat.

Usaha kecil harus selalu merekonsiliasikan pembukuan mereka setiap bulan untuk memastikan semua transaksi mereka dicatat secara akurat.

Hal ini akan mencegah ketidaksinkronan antara pembukuan dan saldo riil akun mereka.

Maka dari itu, gunakan aplikasi akuntansi yang dapat merekonsiliasi bank bisnis dengan laporan keuangan seperti Jurnal.

6. Lupa Mencatat Transaksi Kecil

Bagaimana bisnis Anda mengelola transaksi kecil dalam bisnis?

Tentu sangat mudah untuk menganggap transaksi kas kecil sebagai tidak penting, tetapi hal pentingnya adalah bisnis Anda harus memiliki catatan semua pengeluarannya, tidak peduli seberapa kecilnya.

Hal ini juga sangat penting dalam bisnis ritel, terdapat banyak transaksi tunai.

Penting juga untuk mencatat transaksi kecil seperti membayar kiriman paket, walaupun biayanya tidak signifikan.

Memerhatikan transaksi kecil akan membuat Anda jauh lebih mudah untuk mengelola yang lebih besar.

Transaksi kecil sebagai dasar akuntansi bisnis Anda.

Dengan menyimpan catatan transaksi kecil, Anda akan dapat dengan mudah mengelola laporan pembukuan saat perusahaan Anda bertambah besar dan jumlah transaksinya meningkat.

7. Jarang Memerhatikan Pembukuan Bisnis Adalah Salah Satu Kesalahan Dasar Akuntansi Keuangan

kesalahan dasar akuntansi keuangan selanjutnya adalah tidak memperhatikan riwayat pembukuan bisnis

Penting bahwa bisnis menyimpan informasi lengkap dari setiap transaksi yang dilakukan, bahkan lebih penting lagi bahwa informasi ini dicatat dengan jelas di pembukuan.

Kesalahan kecil yang tampak seperti membeli produk atau layanan — terutama yang dengan biaya bulanan yang berulang — dan tidak melaporkan hal ini kepada pembukuan Anda dapat berakhir dengan menyebabkan masalah serius dan banyak pekerjaan tambahan di kemudian hari.

Simpan juga segala catatan kertas dari semua transaksi, apakah catatan itu didigitalkan atau tidak, membuat Anda lebih mudah untuk memantau semua pendapatan dan pengeluaran bisnis.

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil

8. Salah Satu Kesalahan Dasar Akuntansi Keuangan Adalah Tidak Menetapkan Anggaran yang Jelas untuk Setiap Proyek

Apakah bisnis Anda memulai proyek tanpa menetapkan masing-masing anggarannya dengan jelas?

Menetapkan suatu proyek tanpa tahu berapa banyak biaya yang dihabiskan bisa berakhir dengan kegagalan.

Kegagalan dalam membuat anggaran secara efektif juga menyulitkan Anda mengendalikan proyek yang jelas telah merugikan bisnis Anda lebih dari yang seharusnya.

Sama saja, Anda membelanjakan dana terbatas untuk proyek yang tidak menghasilkan.

Ketika bisnis Anda semakin mapan, Anda harus mengetahui berapa banyak dikeluarkan bisnis Anda untuk terus beroperasi.

Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menetapkan anggaran proyek yang lebih besar, tetapi tidak berlebihan atau boros.

Saya Mau Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

9. Masih Menjalankan Operasional Secara Manual

Salah satu kesalahan dasar dalam akuntansi keuangan yang bisa Anda perbaiki adalah praktik yang masih mengutamakan pengerjakan manual.

Padahal, dengan mengerjakan secara manual, terdapat berbagai risiko yang harus Anda hadapi seperti kelalaian manusia, pemanfaatan waktu dan tenaga yang kurang efektif, dan lain lain.

Di era modernisasi seperti sekarang ini, sudah banyak solusi yang dapat menjawab masalah akuntansi ini seperti mencari template laporan gratis di internet atau menggunakan manajemen dokumen seperti Google Docs atau Google Excel.

Ini juga tentunya dapat menjadi solusi agar nantinya ketika bisnis semakin besar, Anda tidak kerepotan untuk mengelola berbagai tugas-tugas akuntansi keuangan yang semakin besar tanggung jawabnya.

10. Tunjang Pratik Akuntansi dan Keuangan Bisnis dengan Software Akuntansi

Berdasarkan hasil publikasi oleh KPMG, 90% setuju bahwa manajemen perusahaan tertarik dalam menggunakan software akuntansi saat ini karena memiliki sistem yang sudah terautomasi.

Hal ini tentunya dapat membuat pekerjaan Anda semakin mudah, maka dari itu kini saatnya Anda mengimplementasikan pekerjaan dengan software akuntansi berbasis cloud yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Salah satu rekomendasi software akuntansi terbaik saat ini yaitu Mekari Jurnal. Mengapa? Karena melalui Mekari Jurnal sudah terintegrasi dengan berbagai fitur unggulan yang mendukung produktivitas praktik akuntansi keuangan bisnis Anda.

Fitur-fitur tersebut mulai dari manajemen anggaran, pembukuan otomatis, pembuatan invoice & faktur, aplikasi stok barang, penyusunan laporan keuangan, hingga analisa finansial berbasis AI.

Selain itu, Mekari Jurnal juga telah terintegrasi dengan berbagai software yang mendukung bisnis seperti aplikasi POS, e-commerce, rekonsiliasi bank, serta materai digital.

Tunggu apalagi? Segera gunakan Mekari Jurnal dan rasakan manfaatnya dalam mengatasi berbagai permasalahan dasar dalam menjalankan praktik akuntansi keuangan bisnis!

Saya Mau Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Nah, diatas adalah adalah beberapa kesalahan dasar akuntansi keuangan yang sering terjadi. Semoga informasi ini berguna ya.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal