Mekari Jurnal
Daftar Isi

Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Simak Contoh Ini!

Tayang 22 Aug 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Neraca saldo setelah penyesuaian (NSSD) adalah laporan yang harus dibuat setelah adanya penyesuaian. Berikut adalah pengertian, fungsi, cara membuat, serta contoh dari neraca saldo setelah penyesuaian yang akan dijelaskan pada Blog Mekari Jurnal.

Neraca saldo merupakan daftar saldo penutupan akun dari buku besar pada tanggal tertentu dan merupakan langkah pertama menuju penyusunan laporan keuangan.

Biasanya, laporan ini disiapkan pada akhir periode akuntansi.

Saldo dari buku besar dipisahkan dan dipilah menjadi saldo debit dan saldo kredit dengan jumlah yang harus sama.

Bagi bisnis yang menggunakan pencatatan akuntansi akrual, jelas terdapat beberapa item penyesuaian yang harus dimasukkan setelah neraca saldo dibuat.

Laporan tersebut bernama neraca saldo setelah penyesuaian.

pengertian cara membuat contoh neraca saldo setelah penyesuaian adalah

Pengertian Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Neraca saldo setelah penyesuaian (NSSD) adalah daftar dari semua akun dan saldo yang terkandung dari buku besar setelah entri penyesuaian untuk periode akuntansi telah diposting.

Pada dasarnya, tujuan dari pembuatan laporan ini adalah:

  1. Neraca saldo adalah langkah pertama sebelum penyusunan laporan keuangan. Ini adalah dokumen internal atau kertas kerja berlajur yang digunakan akuntan sebagai dasar saat menyiapkan Laporan Keuangan.
  2. Dokumen ini memastikan bahwa untuk setiap entri debit yang dicatat, entri kredit yang telah dicatat dalam  juga sama dengan pencatatab entri debit. Hal itu sesuai dengan sistem pembukuan double entry. Jika total saldo dari neraca saldo tidak sama, perbedaan dapat ditelusuri dan diselesaikan sebelum pembukuan laporan keuangan disusun.
  3. Laporan neraca saldo memastikan bahwa saldo akun diekstraksi secara akurat dari buku besar. Dokumen ini juga membantu akuntan dalam mengidentifikasi dan memperbaikan kesalahan akuntansi yang terjadi.

Neraca Saldo Setelah Penyesuaian atau NSSD menyoroti dan mengevaluasi dari jalannya sistem Double Entry.

Pastikan Anda Sudah Pakai Mekari Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya

Sementara itu, perbedaan antara neraca saldo dan NSSD terdapat di jumlah saldo yang dihasilkan setelah penyesuaian akuntansi dilakukan.

Entri atau jurnal penyesuaian meliputi akun-akun yang bersifat akrual.

Contohnya seperti pendapatan yang diperoleh dan biaya akrual yang dikeluarkan tetapi belum dicatat.

Biaya dan atau liabilitas yang masih harus dibayar seringkali melibatkan akun seperti upah, utilitas, perbaikan dan pemeliharaan, komisi, bunga, dan lainnya.

Entri penyesuaian juga mencakup penyusutan dan penangguhan atau penyesuaian pembayaran di muka.

Contohnya seperti asuransi dibayar di muka, pendapatan yang diterima di muka, pelunasan dari pelanggan, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan 

Memperbaiki dan Mengoreksi Kesalahan Akuntansi

pengertian cara membuat contoh neraca saldo setelah penyesuaian adalah

Perhatikan bahwa kesalahan teknis dalam dunia akuntansi lebih sering terjadi di mana suatu bisnis masih menggunakan metode akuntansi konvensional.

Dengan kata lain, pencatatan transaksi bisnis masih menggunakan “tangan” dan “alat tulis” atau secara manual.

Kemungkinan terjadinya kesalahan akuntansi akan kecil jika bisnis menggunakan sistem pencatatan akuntansi berbasis komputer.

Karena perangkat lunak atau software akuntansi modern menjalankan beberapa jenis pemeriksaan kesalahan akuntansi secara realtime di setiap transaksi yang terjadi.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Buat Laporan Keuangan Kurang dari 1 Menit

Neraca saldo setelah penyesuaian dapat memperbaiki kesalahan akuntansi di luar permasalahan yang disebutkan sebelumnya.

Namun, laporan ini tidak akan mendeteksi contoh kesalahan yang diakibatkan oleh human error seperti transaksi yang seharusnya diposting namun ternyata belum terposting.

Ketika jumlah saldo dari neraca saldo tidak seimbang, akuntan akan mencoba mencari dan memperbaiki kesalahan di akun terkait dengan segera.

Namun, jika alasan kesalahannya tidak jelas atau tidak mudah ditemukan, akuntan dapat membuat jurnal penyesuaian sementara di akun tertentu.

Hal ini akan mengembalikan saldo kredit-debit ke angka yang seimbang untuk sementara waktu.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Jurnal Koreksi?

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Untuk memberikan gambaran terkait cara membuat neraca saldo setelah penyesuaian, Anda bisa melihat contoh di bawah ini.

Berikut ini adalah data neraca saldo PT Cerah Gemilang:

 

cara membuat dan contoh neraca saldo setelah penyesuaian adalah

Pada akhir periode, terdapat beberapa entri atau jurnal penyesuaian sebagai berikut:

cara membuat dan contoh neraca saldo setelah penyesuaian adalah 2

Setelah memosting entri penyesuaian di atas, nilai beberapa item dalam neraca saldo yang belum disesuaikan akan berubah.

  • Pada entri penyesuaian pertama, piutang usaha didebit sehingga meningkat Rp400.000, sedangkan pendapatan penjualan dikreditkan dan meningkat sejumlah Rp400.000
  • Saldo piutang usaha akan meningkat dari Rp3.500.000 menjadi Rp3.900.000 (naik Rp400.000). Sedangkan pendapatan penjualan akan menjadi Rp 11.400 dari saldo sebelumnya yang berjumlah Rp11.000.000 (naik Rp400.000).
  • Untuk entri selanjutnya, biaya utilitas dan utang utilitas belum ada dalam daftar akun di neraca saldo yang belum disesuaikan. Setelah memposting entri penyesuaian di atas, akun tersebut akan muncul dengan jumlah Rp1.900.000.
  • Ketiga, biaya perlengkapan umum didebit sejumlah Rp700.000.  Akun perlengkapan umum juga dikreditkan dengan angka Rp700.000. Setelah disesuaikan, akun perlengkapan umum memiliki saldo debit sejumlah Rp1.800.000 (berkurang Rp700.000). Dan akun biaya perlengkapan umum akan muncul di NSSD dengan nilai Rp700.000.
  • Terakhir, belum ada akun beban penyusutan atau depresiasi dan akumulasi penyusutan aset tetap pada neraca saldo yang belum disesuaikan. Setelah melakukan entri penyesuaian, kedua akun tersebut akan muncul dengan nilai masing-masing sejumlah Rp800.000.

Contoh Bentuk Neraca Saldo Setelah Entri atau Jurnal Penyesuaian Dimasukkan (NSSD)

Setelah memasukkan jurnal penyesuaian, laporan tersebut akan berubah menjadi neraca saldo setelah disesuaikan (NSSD) di mana jumlah saldo debit dan kredit telah seimbang.

Berikut adalah contoh laporan neraca saldo setelah penyesuaian atau disesuaikan: 

cara membuat dan contoh neraca saldo setelah penyesuaian adalah 3

 

Manfaatkan Software Akuntansi Mekari Jurnal untuk Pelaporan Keuangan Lebih Akurat!

Berikut gambaran umum mengenai teknis pembuatan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian. NSSD bisa dibuat ketika Anda sampai di tahap Neraca Saldo dan telah membuat Jurnal Penyesuaian.

NSSD menjadi bagian penting dalam penyusunan laporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Setiap detail neraca saldo harus dicatat dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan dan menimbulkan kesalahan laporan keuangan perusahaan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda akan kesulitan jika Anda masih memakai metode akuntansi konvensional.

Selain kemungkinan besar terjadi human errors, pelacakan atas kesalahan akuntansi yang terjadi juga akan sulit dilakukan jika Anda masih menggunakan kertas dan alat tulis (metode manual/konvensional).

Saat ini, dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa memproses setiap transaksi bisnis yang terjadi bahkan pada tahap pembuatan NSSD secara otomatis.

Salah satu software akuntansi yang bisa menjadi opsi terbaik adalah Mekari Jurnal.

Jurnal adalah software akuntansi online yang memberikan fitur akuntansi lengkap yang salah satunya adalah pembuatan Laporan Keuangan lengkap.

Dengan Jurnal, Anda tidak perlu lagi menunggu hingga akhir periode pelaporan keuangan hanya untuk mengetahui kinerja dan evaluasi keuangan bisnis.

Anda dapat mengakses laporan keuangan dan dokumen-dokumen internal lain – salah satunya adalah neraca saldo setelah penyesuaian – kapan dan di mana saja secara realtime. 

Jurnal sebagai aplikasi inventaris menggunakan cloud server yang akan memudahkan Anda mengakses data Anda dimanapun dan kapanpun.

Tentu saja fitur ini juga akan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dan membuat pelaporan lebih akurat dan tepat.

Anda bisa mem-filter neraca saldo sesuai periode yang diinginkan untuk melacak kesalahan pencatatan yang mungkin terjadi.

Informasi mengenai fitur lain dari produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.

Jangan lupa manfaatkan juga aplikasi faktur bagi Anda yang kesulitan dalam mengelola dan mengirim faktur.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Di atas adalah penjelasan tentang neraca saldo setelah penyesuaian mulai dari pengertian, fungsi, cara membuat, dan juga contoh dari laporan ini.

Mudah-mudahan informasi di atas membantu.

Untuk kemudahan administrasi pergudangan, anda dapat menggunakan aplikasi gudang Jurnal by Mekari. Aplikasi ini berbasis web online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun saja.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal