Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Inilah 5 Peran Utama Akuntansi Bagi Perusahaan

Tayang 31 Oct 2022
Diperbarui 19 Oktober 2023

Lalu apa sajakah peran-peran utama akuntansi bagi perusahaan yang kerap ditemukan dalam kehidupan bisnis? Berikut penjelasannya di Blog Mekari Jurnal.

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah akuntansi. Bagi yang duduk di bangku sekolah, mereka mungkin lebih mengenal akuntansi dari mata pelajaran yang disuguhkan.

Dan bagi pebisnis, akuntansi sudah sangat familiar dan melekat dengan kehidupan sehari-hari di perusahaan. Lalu apakah pengertian akuntansi tersbut.

Akuntansi adalah suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya.

Atau dapat disederhanakan dengan proses  pencatatan yang sistematis dan terperinci dari transaksi keuangan suatu bisnis.

Berdasarkan pengertian di atas tentu saja peran akuntansi bagi perusahaan sudah tidak diragukan lagi.

Akuntansi bagi perusahaan memainkan peranan penting karena membantu dalam proses jalannya bisnis.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

software akuntansi online terpercaya

Peran Akuntansi Sebagai Informasi Keuangan

Peran pertama dari akuntansi bagi perusahaan adalah sebagai sumber informasi keuangan perusahaan tersebut.

Bagian di dalam akuntansi seperti pembukuan dan laporan keuangan menyediakan berbagai informasi mengenai berbagai macam transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.

Berbagai data yang berhubungan dengan keuangan akan di catat dalam buku besar secara terperinci dan rutin. Buku besar nantinya akan diteruskan dan menghasilkan laporan keuangan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menyusun pembukuan dengan rapi serta rutin dalam memperbaharui data.

Tentunya hal ini akan jauh lebih efektif serta efisien apabila Anda memanfaatkan software akuntansi yang akan mencatat semua laporan keuangan perusahaan Anda.

Salah satu software akuntansi terbaik dengan pencatatan dan pengolahan data otomatis adalah Jurnal.

Baca juga: Metode dan Contoh Membuat Pembukuan Usaha 

Analisis Bisnis

Setelah dikumpulkan, data-data akuntansi tersebut diolah dan akan digunakan sebagai pisau analisis kinerja perusahaan.

Data akuntansi mencerminkan kinerja serta posisi keuangan suatu perusahaan.

Sehingga dapat membantu Anda untuk memahami apa yang terjadi pada perusahaan serta membandingkan data saat ini dengan data sebelumnya.

Jika terdapat variasi substansial dalam kinerja, pengusaha dapat menerapkan perubahan dalam perusahaan untuk mengoreksi perbedaan-perbedaan ini.

Semakin sering data akuntansi disajikan, maka akan semakin mudah dalam peninjauan dan analisa laporan keuangan guna membuka peluang manajemen mengenali masalah kecil sebelum menjadi masalah besar.

Baca juga: Pengertian Kredit dalam Akuntansi dan Perbankan

Peran Akuntansi dalam Perencanaan Bisnis

Peran ini nantinya akan erat hubungannya dengan penganggaran perusahaan.

Karena salah satu penggunaan paling umum dari informasi akuntansi adalah untuk membuat anggaran dan perkiraan untuk perencanaan bisnis.

Dengan menggunakan data dari periode sebelumnya, perusahaan akan membuat anggaran dan rencana yang sebaiknya dilakukan untuk periode mendatang.

Data ini dipakai mulai dari proyeksi penjualan dan keuntungan, evaluasi, pembuatan usulan anggaran, perencanaan bisnis berikutnya, negosiasi, hingga tinjauan dan persetujuan.

Penghubung dengan Pihak Ketiga

Selain berhubungan dengan urusan dalam perusahaan, akuntansi juga ada untuk membantu perusahaan untuk terhubung dengan pihak luar.

Para akuntan dan data-data akuntansi yang diolahnya berfungsi sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dengan pihak ketiga untuk mengambil keputusan terkait kerja sama, proses jual beli, investasi serta transaksi lainnya.

Data akuntansi memberi informasi kepada pihak vendor ataupun investor untuk kemudahan pengambilan keputusan terkait perusahaan Anda.

Tentu hal ini sangatlah masuk akal sebab investor tidak akan melakukan investasi tanpa adanya informasi keuangan yang mutakhir dan juga akurat.

Tidak sampai di situ, akuntansi dan elemen yang ada di dalamnya pun dapat menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah dalam hal pelaporan pajak dan proses audit.

Baca juga: Software Keuangan Perusahaan Manufaktur Harus Punya Fitur Ini!

Peran Akuntansi sebagai Pengambilan Keputusan Investasi

Jika poin sebelumnya lebih membahas mengenai pihak ketiga yang melakukan investasi ke dalam perusahaan, maka pada poin ini peran akuntansi berfungsi untuk memberi perusahaan pertimbangan ketika akan melakukan investasi ke luar.

Perusahaan biasanya menggunakan data akuntansi untuk menentukan cara menginvestasikan dana.

Dari hasil analisis keuangan perusahaan akan dilihat berapa banyak uang tunai yang dibutuhkan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Setelah hal ini selesai ditentukan, kemudian akan dipilih saham, obligasi atau investasi mana yang cocok untuk menyimpan uang tunai tersebut selama periode waktu yang dibutuhkan.

Setelah menyimak lima poin yang disebutkan tadi, tentu Anda akan sadar bahwa seluruh peran ini membutuhkan kemampuan mengelola data akuntansi yang begitu banyaknya dengan efektif dan efisien.

Tentu saja ini sulit dan menggunakan waktu yang cukup lama jika dilakukan secara manual.

Untuk memudahkan Anda mengelola data-data akuntansi ini, Jurnal mempunyai solusi dengan menyediakan software akuntansi online terbaik.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan data-data akuntansi seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan, program inventaris barang, dan membuat laporan keuangan secara mudah, cepat dan aman.

Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal