Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

Tayang 28 May 2022
Diperbarui 15 Januari 2024

Apa peluang usaha bisnis di saat masa pandemi Corona tahan krisis? Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha di masa pandemi antara lain apa saja? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini!

Rasa cemas dan panik tentu mendarat di hati para pelaku bisnis ketika krisis ekonomi menyebar di hampir seluruh negara di dunia akibat COVID-19.

Alasannya, pebisnis khawatir usaha yang mereka jalani akan terkena imbas krisis.

Agar terhindar dari kepanikan, Anda perlu mengetahui apa saja sektor usaha atau bisnis di masa pandemi yang tahan krisis.

Menjalankan Bisnis di Masa Pandemi

Kondisi krisis yang terjadi di saat pandemi menyisakan ketidakpastian.

Perusahaan, konsumen, bahkan pemerintah berupaya keras memahami apa yang sedang terjadi dan tindakan apa yang harus diambil untuk mengatasi persoalan masif ini.

Mengamati situasi tersebut, Anda harus mampu mengendus setiap peluang yang muncul ke permukaan pasar tanpa terikat dengan momentum tertentu atau dapat pula bermodal keterampilan untuk memperoleh cuan.

Salah satu alternatif usaha di masa pandemi yang bermodal pokok pada keterampilan adalah usaha di sektor jasa dan sektor makanan dan minuman (F&B).

Peluang itu hadir dari adanya kebutuhan pasar yang belum dapat dipenuhi seluruhnya, atau persoalan pasar yang belum menemui solusi.

Kedua komponen tersebut membuat beberapa peluang usaha tahan terhadap kondisi krisis dan bisa dijalankan dengan baik.

Dalam hal ini, terdapat lima sektor bisnis yang dinilai tahan krisis.

Selain bisnis food and beverage (F&B), dan sektor jasa seperti produk kesehatan.

Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona antara lain usaha penjualan kebutuhan bahan pokok, usaha jasa pendidikan dan pelatihan, serta bisnis sektor digital.

Sektor Usaha Yang Dapat Menjadi Peluang Usaha di Masa Pandemi

Adapun beberapa sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona atau pandemi antara lain adalah:

Usaha Food & Beverage

Apa peluang usaha bisnis di saat masa pandemi Corona tahan krisis? Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha di masa pandemi antara lain apa saja? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini!

Bisnis food and beverage dianggap salah satu sektor bisnis tahan krisis ekonomi.

Salah satu faktor yang menyebabkan usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa pandemi adalah karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun.

Dengan demikian, sektor F&B tidak akan pernah surut dan kehilangan konsumen.

Tak hanya itu, bisnis di sektor makanan dan minuman juga dianggap membutuhkan modal yang relatif kecil, tenaga kerja yang tak terlalu banyak, namun dengan margin laba yang besar dan perputaran arus kas yang cepat.

Beberapa faktor tersebut membuat bisnis F&B sulit menjadi ‘korban’ dari krisis besar.

Ketika krisis ekonomi melanda suatu wilayah, bisnis kuliner bisa saja mengalami penurunan omzet.

Namun perputaran uang yang besar dalam waktu cepat membuat sektor ini tak memiliki alasan untuk mengalami kebangkrutan.

Pebisnis sektor F&B bisa menjalankan strategi pemasaran atau peningkatan omzet dengan berinovasi sesuai perubahan perilaku konsumen dari masa ke masa.

Intinya, diperlukan integritas dalam jiwa setiap pelaku usaha sehingga muncul peluang untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Terutama ketika banyak pesaing tidak mampu memenuhi janjinya.

Maka manfaatkanlah bisnis kuliner Anda saat masa krisis supaya Anda tetap mendapatkan konsumen meski keadaan sedang sulit.

Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Pada saat krisis ekonomi di masa pandemi Covid 19 barang-barang manakah yang mengalami penurunan harga?

Serupa dengan bisnis F&B, bahan pangan pokok merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat yang sulit untuk diabaikan dalam kondisi apapun, termasuk kondisi krisis ekonomi.

Hal ini membuat bisnis perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor bisnis tahan krisis.

Kendati terjadi fluktuasi harga komoditas karena faktor persediaan dan permintaan, namun hal itu tak akan menjadi persoalan besar hingga membuat usaha sektor ini pailit.

Anda hanya cukup mengelola keuangan dengan cermat, terutama mengelola modal kerja agar dapat mengambil peluang ketika harga sedang turun dan bisa tetap bertahan ketika harga bahan pokok sedang melonjak.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mencari celah yang tepat untuk mempertahankan bisnis di tengah kondisi krisis.

 

Usaha Jasa/Produk Kesehatan

Apa peluang usaha bisnis di saat masa pandemi Corona tahan krisis? Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha di masa pandemi antara lain apa saja? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini!

Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup.

Maka itu, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Telebih ketika masa krisis akibat virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti saat ini.

Berbagai latar berlakang tersebut menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan termasuk salah satu yang bisa bertahan di masa krisis sekalipun.

Kebutuhan menjaga dan memulihkan kesehatan tak akan hilang karena momentum apapun.

Sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan.

Baca juga: Pahami Strategi Penjualan yang Efektif saat Fase New Normal

Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Apa peluang usaha bisnis di saat masa pandemi Corona tahan krisis? Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha di masa pandemi antara lain apa saja? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini!

Momentum krisis, baik krisis ekonomi, politik, sosial, maupun kesehatan tak akan menghentikan laju perkembangan sektor jasa pendidikan dan pelatihan di berbagai belahan bumi manapun.

Pasalnya, kebutuhan untuk belajar sesuatu hal yang baru tak akan surut di tengah-tengah masyarakat, meski dalam kondisi krisis sekalipun.

Bahkan masa krisis merupakan momentum yang tepat, karena sebagian orang mengevaluasi diri dan menganggap dirinya membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk terus mengembangkan diri.

Hal ini yang membuat bisnis di industri pendidikan dan pelatihan lebih mampu bertahan saat perekonomian dalam kondisi yang buruk.

Bisnis Digital 

bisnis digital peluang bisnis saat corona bisnis di masa pandemi

Bisnis digital atau bisnis IT menjadi salah satu dari deretan sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona dan dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun.

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa pencerahan bagi masyarakat dan mampu mendukung hingga mengembangkan sektor-sektor bisnis lain.

Dalam prosesnya, bisnis digital justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk keluar dari persoalan, bahkan dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari masa krisis.

Misalnya, teknologi digital berupa aplikasi video conference bisa membantu para karyawan untuk bertatap muka jarak jauh dan menyelesaikan persoalan bisnis ketika masa krisis kesehatan akibat Pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: Lima Sektor Bisnis Booming saat New Normal Datang

Tips Menjalankan Bisnis di Masa Pandemi

Memang tidak mudah menjalankan bisnis di masa pandemi.

Namun, jika Anda berusaha untuk mencari peluang bisnis saat Corona yang tepat, Anda tetap bisa bertahan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu bisnis Anda agar tahan krisis:

  1. Coba untuk beradaptasi. Tidak hanya masyarakat yang perlu beradaptasi dengan kebiasaan new normal yang baru, bisnis pun harus melakukan adaptasi terhadap kondisi dan perubahan perilaku masyarakat.
  2. Go digital. Manfaatkan teknologi dan internet untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijalankan secara online. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan baik untuk berjualan online atau melakukan promosi secara online agar bisnis tetap bertahan.
  3. Jangan takut mencoba hal baru. Memang tidaklah mudah untuk keluar dari zona nyaman. Tetapi di situasi seperti sekarang, Anda dituntut untuk mencari ide baru atau melakukan terobosan yang mungkin tidak biasa atau tidak pernah Anda lakukan. Anda harus berani berinovasi.
  4. Gunakan tools yang dapat membuat bisnis lebih efisien. Teknologi seperti software akuntansi online juga bisa membantu perusahaan untuk mengatasi persoalan pengelolaan keuangan secara praktis, akurat dan cepat.

Intinya, keberhasilan akan tercapai jika Anda memiliki energi dan kepercayaan diri atas kemampuan yang dimiliki untuk melewati krisis.

Sebab pada dasarnya, setiap pelaku usaha harus siap dan bersemangat untuk ‘memenangkan’ setiap krisis.

Sebagai aplikasi software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Nah, setelah anda membaca artikel yang membahas tentang hal ini:

  • Apa saja bisnis di masa pandemi yang memiliki prospek yang baik?
  • Sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona antara lain?
  • Bagaimana memanfaatkan peluang bisnis saat Corona?
  • Adakah tips menjalankan usaha di masa pandemi agar tidak bangkrut?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal