Mekari Jurnal
Daftar Isi

Sadari Pentingnya Pencatatan Keuangan Agar Usaha Berkembang

Tayang 26 Apr 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Untuk membantu para pelaku usaha, terutama yang bergerak di small business, kali ini Jurnal akan mencoba menggali lebih dalam lagi mengenai pentingnya melakukan pencatatan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, pembukuan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Pembukuan adalah suatu proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian serta penyimpanan dokumen keuangan, salah satunya adalah laporan keuangan.

Pembukuan tidak hanya perlu dilakukan oleh perusahaan berskala besar, tapi juga perlu diterapkan pada perusahaan berskala kecil seperti UKM yang ingin berkembang.

Banyak hal dilakukan untuk mengembangkan bisnis, mulai dari meningkatkan kualitas, melakukan promosi, memperbanyak kuantitas produk, dan lain sebagainya.

Aktivitas yang banyak demi mencapai angka penjualan produk yang tinggi sering kali membuat Anda melupakan satu hal penting, yaitu pencatatan keuangan, padahal kegiatan ini berperan besar dalam kemajuan bisnis.

Membangun bisnis yang kuat dan besar tentunya membutuhkan banyak hal penting, salah satunya adalah sistem pencatatan keuangan yang benar untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Dengan menyusun catatan keuangan yang sistematis, tentunya para pelaku bisnis dapat melihat sekaligus menganalisa perputaran modal dan mengambil langkah saat terjadi penyimpangan dari rencana yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Jenis-Jenis Pencatatan Keuangan yang Perlu Dilakukan 

Pencatatan Keuangan Agar Usaha Berkembang

Pencatatan keuangan pun terbagi menjadi beberapa bagian yang sama-sama penting, antara lain:

  • Catatan Pengeluaran

Saat menjalankan suatu bisnis, Anda perlu membuat buku terpisah yang digunakan secara khusus untuk mencatat segala aktivitas pengeluaran.

Biaya pengeluaran ini mencakup pembelian bahan baku, operasional, hingga gaji karyawan.

Umumnya, biaya pengeluaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung adalah biaya untuk pembelian bahan baku yang umumnya terjadi pada hari tertentu, bahkan hari yang sama.

Sementara itu, biaya tidak langsung umumnya berbentuk budget untuk berbagai biaya operasional, seperti telepon, listrik, gaji pegawai, internet, PDAM, dan lainnya yang akan dibayarkan setiap bulan.

Pencatatan keuangan untuk usaha tentunya akan membantu Anda mengetahui berapa modal usaha yang sudah dikeluarkan sehingga mempermudah dalam menentukan target dan rencana kedepannya.

  • Catatan Pemasukan

Tidak hanya pengeluaran saja, catatan pemasukan juga sangat penting dilakukan oleh setiap perusahaan.

Catatan pemasukan dilakukan untuk mencatat seluruh pemasukan yang didapatkan dari penjualan produk atau jasa.

Tentunya, pencatatan ini harus dilakukan dengan benar dan jelas.

Selain itu, Anda bisa menyimpan berbagai bukti transaksi seperti invoice, bon, dan kwitansi sehingga tidak ada kekeliruan pencatatan.

Catatan keuangan, baik pengeluaran maupun pemasukan sangat penting untuk dilakukan.

Dengan memiliki pencatatan keuangan yang benar, maka kondisi keuangan perusahaan Anda pun dapat terpantau juga.

Baca juga: Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran Excel, Download Sekarang!

Pentingnya Melakukan Pencatatan Keuangan dalam Menjalankan Usaha

Setelah mengetahui jenis-jenis pencatatan keuangan, rasanya tidak lengkap kalau tidak tahu seberapa pentingnya melakukan aktivitas tersebut.

Kebanyakan orang masih sering mengabaikan aktivitas pencatatan karena dianggap hal sepele.

Akibatnya, pengeluaran yang dilakukan tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan.

Kalau sudah seperti ini, usaha yang dijalankan bisa saja bangkrut. Lantas, seberapa pentingkah melakukan pencatatan keuangan?

Tentu saja jawabannya sangat penting, apalagi bagi Anda yang baru saja menjalankan usaha dalam skala kecil.

  • Mengetahui Kondisi Finansial

Sebagai pemilik atau pelaku usaha, tentunya Anda ingin mendapatkan pemasukan yang terus meningkat, bukan? Namun, hal tersebut tidak akan terjadi kalau Anda tidak menerapkan sistem pencatatan keuangan yang baik.

Disinilah kita semua sepakat bahwa pencatatan keuangan berperan besar untuk mengetahui kondisi finansial yang terjadi dalam sebuah perusahaan.Anda dapat membandingkan kondisi finansial dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun.

Selain itu, pencatatan ini juga akan memberikan informasi secara rinci mengenai keuntungan yang didapatkan.

Jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda dapat mengetahui biaya-biaya yang tidak diperlukan dan dapat dipangkas sehingga menghemat pengeluaran.

  • Mengetahui Efisiensi Penggunaan Uang

Apakah Anda sering kali merasa uang yang dikeluarkan terlalu banyak?

Sering merasa uang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan?

Kemungkinan hal tersebut terjadi karena Anda tidak bijak dalam menggunakan uang atau modal usaha yang berarti pengalokasian uang tidak diarahkan dengan tepat.

Pencatatan keuangan tentunya akan membantu Anda untuk mencatat anggaran yang diperlukan sehingga dapat meningkatkan efisiensi modal yang digunakan.

  • Membantu Mengambil Keputusan

Dengan mengetahui kondisi finansial perusahaan, tentunya Anda akan lebih mudah menentukan keputusan bisnis di masa mendatang.

Misalnya, hasil penjualan produk tidak sesuai dengan target, padahal pelanggan selalu memberi feedback positif.

Dari sinilah, Anda memutuskan untuk lebih fokus pada marketing untuk mempromosikan usaha Anda.

Selain itu, pencatatan keuangan juga akan membantu meninjau apakah bisnis Anda perlu menambah karyawan, berinvestasi alat produksi, atau kebijakan lainnya.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel

  • Mempermudah Proses Pelaporan Pajak

Sebagai pelaku bisnis yang baik, tentunya Anda harus selalu melaporkan hasil pajak usaha Anda. Kegiatan pencatatan keuangan tentunya akan bantu menghitung pajak yang harus Anda bayarkan.

Coba bayangkan jika Anda tidak membuat catatan pemasukan dan pengeluaran pada segala aktivitas, tentunya pelaporan hasil pajak tidak bisa dilakukan tepat waktu dan benar.

Pencatatan keuangan tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan, di mana diperlukannya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang finansial. Jangan mengandalkan pembukuan manual karena human error akan lebih berisiko terjadi.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan Jurnal untuk mempermudah pencatatan laporan keuangan usaha Anda.

Dengan Jurnal, Anda dapat memantau dan mengendalikan bisnis secara mudah dan realtime sehingga pencatatan keuangan maupun pembukuan stok barang jadi lebih praktis dan terorganisir.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal