Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

7 Hambatan yang Biasa Dialami Pebisnis Pemula

Tayang 22 Jan 2020
Diperbarui 15 Januari 2024

Bisnis yang sukses tidak akan terlepas dari hambatan-hambatan yang berhasil dilalui. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis pemula untuk mengetahui apa saja hambatan yang mungkin akan mereka hadapi.

Pilihan pekerjaan di era sekarang ini semakin variatif. Ada banyak sekali jenis pekerjaan baru yang mulai bermunculan mengikuti perkembangan zaman dan diawali dengan membaca peluang.

Namun, dunia bisnis tidak pernah mati. Jatuh bangun merupakan proses yang akrab terjadi di dunia bisnis.

Berikut 7 hambatan yang kerap kali dihadapi seorang pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Beberapa masalah dan hadapan yang sering ditemukan oleh pebisnis pemula

Kurangnya dukungan

Setiap orang membutuhkan dukungan orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Hal tersebut juga terjadi di dalam dunia bisnis.

Hambatan atau tantangan pertama yang harus dilalui seorang pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis adalah kurangnya dukungan.

Dukungan emosional sangat dibutuhkan seorang pebisnis pemula untuk menghalau rasa frustasi.

Cobalah untuk mencari mentor atau bergabunglah dengan grup sesama pebisnis untuk mendapatkan dukungan dan bantuan selama merintis bisnis.

Memiliki pasangan yang suportif juga sangat membantu dalam hal ini.

Keinginan melakukan semuanya dengan baik

Pebisnis pemula cenderung menginginkan semua rencananya berjalan sempurna. Hal ini justru sering menimbulkan perasaan tertekan saat bisnisnya tidak berjalan sesuai rencana.

Di balik bisnis yang baru berdiri tidak jarang ada sosok pebisnis yang melakukan semuanya sendiri. Ada baiknya untuk tidak terlalu menekan diri sendiri dengan target-target yang mencekik.

Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan sesuatu.

Selain meringankan pekerjaan, meminta bantuan menandakan Anda sudah mengetahui dimana keterbatasan anda.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mendapatkan dan mempertahankan model

Hambatan selanjutnya yang harus dilalui pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis adalah mencari model atau brand ambassador. Posisi seorang model dalam dunia bisnis sangat penting.

Semakin menjual model yang dipakai, semakin tinggi permintaan konsumen terhadap produk bisnis Anda. Namun model yang ternama selalu memiliki tarif yang cukup tinggi.

Anda dapat menghemat pengeluaran dengan meminta pertolongan saudara atau teman untuk mengatasi masalah ini.

Selain meminimalisir pengeluaran, akan lebih mudah untuk Anda mempertahankan model jika berangkat dari saudara atau teman.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah membuat konsep iklan yang menarik. Tidak semua iklan membutuhkan model, tetapi sebuah iklan selalu memiliki konsep.

Konsep iklan yang menarik mampu menggiring pelanggan untuk menggunakan produk Anda. Anda harus memiliki ide-ide kreatif di saat pengeluaran bisnis Anda mulai membludak.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Menemukan pelanggan pertama

Sulit untuk membuat konsumen mempercayai produk yang baru Anda buat.

Konsumen selalu mempertanyakan apakah produk Anda cukup enak, memuaskan, atau setidaknya menarik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Anda dapat mengatasi hambatan ini dengan memberikan sampel kepada calon konsumen bisnis Anda.

Bisa juga dengan memberikan promo di awal, seperti beli satu gratis satu.

Diskon juga menjadi bagian yang sangat menarik untuk meraup konsumen. Selain itu, yang terpenting adalah berikan kesan pelayanan yang sangat memuaskan.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Ditolak investor

Hampir sama dengan membangun kepercayaan konsumen, membuat investor percaya terhadap bisnis Anda adalah sesuatu hal yang cukup sulit.

Terlebih melihat bisnis yang baru saja Anda bangun. Mendengar penolakan demi penolakan tak jarang akan membuat Anda tertekan dan ingin menyerah.

Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan calon investor Anda. Pilihlah investor-investor yang relevan dengan bisnis Anda. Penting untuk memetakan target calon investor beserta karakteristiknya.

Kesuksesan menggaet investor juga berangkat dari bagaimana cara Anda meyakinkan mereka. Anda membutuhkan sikap percaya diri atas apa yang akan Anda bangun agar dapat melalui hambatan bisnis ini.

Bagaimana orang lain akan percaya jika Anda menampilkan sesuatu yang tidak meyakinkan?

Baca juga: Butuh Pinjaman Modal untuk Usaha? Ini 8 Tipsnya!

Menyadari langkah yang salah

Setelah pengorbanan besar yang Anda lakukan tak jarang bukan hasil baik yang diterima. Di satu sisi anda merasa bahwa apa yang sudah dijalankan harus dipertahankan.

Di sisi lain Anda menyadari bahwa Anda sangat tersiksa dengan keadaan ini. Anda tidak perlu risau, mungkin hanya cara anda yang kurang tepat.

Ibarat Anda memiliki daging, tidak bisa anda memotongnya menggunakan pisau roti. Daging membutuhkan pisau daging.

Roti membutuhkan pisau roti. Sadarilah bahwa cara Anda kurang tepat. Lalu cobalah cara lain untuk mengurus bisnis Anda.

Ini bukan berarti Anda gagal, hanya caranya saja yang kurang tepat.

Baca juga: Mengatasi Manajemen Keuangan Bisnis dengan Software Akuntansi

Menutup bisnis

Ini adalah hambatan tersulit yang mungkin terjadi pada semua pebisnis ketika menjalankan bisnis. Tidak hanya terjadi pada pebisnis pemula.

Pebisnis yang sudah mapan pun mungkin bisa mengalaminya. Setelah menyadari cara membangun bisnis Anda kurang tepat, Anda akan mencoba cara lain.

Anda berulang kali mencoba cara-cara lain dan ternyata tetap tidak berhasil. Satu-satunya jalan adalah menutup bisnis Anda.

Keputusan ini merupakan keputusan yang sangat berat untuk diambil terutama setelah banyaknya pengorbanan yang sudah Anda lakukan, sangat menyakitkan untuk menutup bisnis Anda begitu saja.

Namun hal ini harus dilakukan jika semua cara yang Anda coba nyatanya tidak berhasil. Menutup bisnis bukan berarti Anda gagal.

Mungkin saja ini terjadi karena pilihan bisnis yang kurang tepat.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mengelola Keuangan

Hambatan terakhir yang sering dihadapi ketika menjalankan bisnis adalah mengelola keuangan perusahaan. Banyak pebisnis yang masih kurang paham dengan masalah keuangan dan akuntansi.

Hal ini bisa sangat berdampak pada bisnis karena bagaimana pun keputusan bisnis harus berdasarkan data keuangan yang tepat.

Belum lagi mengelola arus kas yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya jatuh bangkrut karena tidak memiliki arus kas yang baik.

Anda tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan Software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekar, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Penggunaan software seperti Jurnal akan mempermudah Anda dalam mengelola arus transaksi dan juga informasi akuntansi bisnis Anda. Silakan coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa hambatan yang sering dihadapi dalam menjalankan bisnis. Semoga dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis Anda!

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal