Mekari Jurnal
Daftar Isi

Fungsi, Aktivitas, dan Berbagai Jenis Akuntansi

Tayang 09 Jan 2020
Diperbarui 03 November 2023

Apa saja fungsi dan aktivitas yang berkaitan dengan akuntansi? Simak penjelasan di Blog Mekari Jurnal.

Pengertian akuntansi berasal dari kata Accountancy/Accounting/Constituency yang diserap ke dalam bahasa Indonesia.

Akuntansi berarti sebuah aktivitas atau proses dengan fungsi yaitu adalah mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data yang berhubungan dengan laporan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

Akuntansi merupakan bagian yang penting dalam perusahaan jika Anda mengelola bisnis.

Fungsi akuntansi membantu pemilik usaha mengetahui kondisi perusahaan dan mengambil keputusan untuk perusahaan.

Pelajari lebih dalam lagi seputar akuntansi berikut.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fungsi Akuntansi

Fungsi akuntansi yaitu adalah memberikan informasi data keuangan untuk pengambilan keputusan.

Akuntansi bisa dianggap sebagai bahasa perusahaan dalam memberikan informasi berupa data-data keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Setiap perusahaan membutuhkan dua macam informasi tentang perusahaannya, yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi mengenai laba/rugi perusahaan.

Dengan akuntansi, Anda dapat mengetahui jumlah modal yang dimiliki perusahaan dan perkembangan perusahaan pada periode tertentu.

Fungsi proses akuntansi juga bisa menjadi dasar perhitungan pajak dan untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan.

Dengan proses akuntansi, Anda juga dapat menjelaskan kepada pihak ketiga seperti bank atau investor mengenai kondisi perusahaan dengan tepat ketika suatu waktu Anda memerlukan kredit usaha.

Aktivitas Utama dalam Akuntansi

Akuntansi memiliki tiga aktivitas utama di dalamnya, antara lain:

1. Aktivitas Identifikasi

Aktivitas ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi ataupun arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Identifikasi ini penting untuk bisa menghasilkan data yang komprehensif.

2. Aktivitas Pencatatan

Setelah transaksi-transaksi diidentifikasikan kemudian transaksi-transaksi tersebut dicatat dalam bentuk laporan keuangan.

3. Aktivitas Komunikasi

Setelah transaksi-transaksi diidentifikasi dan dicatat, langkah selanjutnya adalah mengomunikasikan hasil catatan tadi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan informasi komunikasi, baik dari pihak internal ataupun eksternal perusahaan.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis-Jenis Akuntansi Berdasarkan Fungsi yang Dimiliki

Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan aktivitas akuntansi, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada.

Sama seperti bidang manajemen, akuntansi juga memiliki berbagai jenis spesialisasinya, antara lain adalah:

  1. Akuntansi Keuangan, secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti utang (kewajiban), modal (ekuitas), ataupun perubahan aset perusahaan.
  2. Akuntansi Manajemen, bidang akuntansi dengan fungsi untuk memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya.
  3. Akuntansi Biaya, bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain.
  4. Akuntansi Perpajakan, berfungsi untuk mengurusi perpajakan, dalam hal ini untuk meminimalisasi pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.
  5. Akuntansi Pemeriksaan, memiliki fungsi pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi atau laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit, dan orang yang mengaudit disebut auditor.
  6. Akuntansi Anggaran, mempelajari penyusunan budget atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.
  7. Akuntansi Pemerintahan, bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.
  8. Akuntansi Pendidikan, bidang akuntansi yang output-nya diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan fungsi untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.
  9. Sistem Akuntansi, bidang akuntansi ini berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi atau alat-alat pendukungnya, serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.
  10. Akuntansi Internasional, bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah akuntansi seperti pedagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multinasional atau Internasional.

Baca juga: Ini Dia Contoh Sistem Informasi Akuntansi yang Harus Anda Ketahui

Gunakan Software Akuntansi Jurnal dengan Fungsi dan Fitur Pengelolaan Keuangan

Itu adalah beberapa penjelasan mengenai fungsi akuntansi.

Setelah mengetahui berbagai penjelasan di atas, Anda pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya peran dan fungsi akuntansi, terutama dalam menjalankan sebuah bisnis.

Melalui proses akuntansi, Anda dapat lebih mudah dalam membuat strategi bisnis dengan melihat laporan keuangan perusahaan.

Mengambil langkah untuk perusahaan juga dapat diperhitungkan dengan akuntansi. Dari akuntansi, pemilik usaha dapat mengetahui kondisi perusahaan,

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi online yang siap membantu Anda dalam proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi keuangan hingga menjadi sebuah laporan keuangan bisnis.

Dengan software inventaris barang milik Jurnal, Anda juga dapat mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa fungsi dan aktivitas dalam kegiatan bisnis yang adalah penting untuk diketahui. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal