Mekari Jurnal
Daftar Isi

Cara Simple untuk Pembukuan Bisnis Kecil

Tayang 28 Sep 2019
Diperbarui 10 Januari 2024

Memahami Pembukuan Bisnis Kecil

Percaya atau tidak, bisnis sekecil apapun membutuhkan perhatian khusus atas pengelolaan keuangannya, baik itu proses akuntansi ataupun pembukuannya.

Pembukuan disini mengacu pada semua aspek yang terkait dalam pencatatan akuntansi. Adanya pembukuan pada dasarnya adalah perekaman atau pencatatan semua informasi mengenai transaksi dan kegiatan keuangan dari pebisnis tentang proses akuntansi mereka.

Pembukuan menggunakan untuk catatan penting yang akan memasukkan laporan keuangan. Karena setiap transaksi tercatat di pembukuan dengan detail, maka pembukuan sangat memerlukan dalam tiap perusahaan.

Baik itu transaksi pembelian maupun penggunaan modal. Setiap transaksi harus mencatat agar pada saat pembuatan laporan keuangan, bukti transaksi telah terekam.

Gambaran Sederhana Pembukuan Bisnis Kecil

Berikut adalah gambaran dasar dan sederhana tentang pembukuan dari apa yang pebisnis kecil perlukan:

  1. Menyiapkan dokumen sumber untuk pencatatan semua transaksi, operasi, dan kegiatan lain dari bisnis. Yang dimaksud dengan dokumen sumber disini adalah adalah catatan asli yang berisi rincian yang mendukung transaksi saat memasukkan dalam proses akuntansi.
    Adanya dokumen sumber dapat menjadikan barang bukti saat auditor meninjau laporan keuangan perusahaan dan verifikasi bahwa transaksi tersebut pernah terjadi.
    Disisi lain, melakukan analisis keuangan untuk bisnis Anda dengan data yang salah adalah salah satu hal buruk dalam bisnis yang mungkin terjadi. Dokumen sumber adalah titik awal dalam proses pembukuan.
  2. Menentukan dan memasukkan ke dalam sumber dokumen tentang dampak keuangan dari transaksi dan hal lain yang terjadi dalam bisnis.
    Setiap transaksi memiliki dampak terhadap keadaan keuangan bisnis yang harus mencatatnya. Apakah membuat bisnis lebih baik atau lebih buruk sebagai hasil dari transaksi tersebut.
    Proses pembukuan memulai dengan menentukan informasi yang relevan tentang setiap transaksi dan dampaknya bagi keuangan perusahaan. Ini berpengaruh pada kondisi perusahaan dan pengambilan keputusan untuk langkah perusahaan selanjutnya.
  3. Membuat jurnal transaksi dengan referensi yang tepat pada dokumen sumber. Setiap transaksi yang terjadi akan merekap dan masuk ke dalam jurnal. Yang kemudian akan merinci sesuai dengan akun yang mempengaruhi oleh transaksi tersebut.
  4. Lakukan prosedur end-of-period. Melakukan kompilasi data pada semua transaksi dan akun dalam pembukuan di akhir periode pembukuan (periode tergantung pada kebutuhan pebisnis, bisa perbulan, persemester, atau pertahun).
    Prosedur ini adalah satu langkah penting untuk mendapatkan catatan akuntansi yang up-to-date dan siap mengolah kembali untuk kebutuhan penyusunan laporan pajak, laporan keuangan, dan lain sebagainya.
  5. Terakhir, Tutup buku. Menutup buku memberikan pemahaman secara lengkap dan rinci tentang bagaimana informasi merangkum ke dalam laporan keuangan. Ini mampu menjelaskan berbagai format laporan yang tersedia guna kebutuhan bisnis.

Kesimpulannya

Jurnal mendukung aplikasi pembukuan dan proses akuntansi yang sederhana untuk pebisnis, termasuk pengusaha bisnis kecil. Fleksibilitas yang dimiliki software akuntansi Jurnal dalam hal pengelolaan akuntansi dan pembukuan secara online melalui aplikasi pembukuan online shop memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja.

Anda akan memiliki gambaran yang up- to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada. Dengan software pembukuan usaha berbentuk cloud, yang tentunya akan membantu Anda menjaga performa bisnis.

Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk mengakses, segala kemungkinan bisa terjadi. Tentunya, Anda tidak ingin mengambil resiko itu, bukan?

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal