Mekari Jurnal
Daftar Isi
1 min read

Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis, Simak Tips Ini!

Tayang 09 Oct 2019
Diperbarui 17 November 2023

Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek, produk atau jasa.

Brand awareness penting bagi bisnis karena konsumen cenderung membeli produk yang berasal dari merek yang dikenalnya.

Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka.

Dalam membangun brand awareness, tak jarang perusahaan memanfaatkan platform atau media sosial yang tengah menjadi daya tarik konsumen seperti Instagram, Facebook atau Snapchat.

Bagaimana peran penting brand awareness bagi kelangsungan bisnis Anda? Lalu apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness yang tepat untuk bisnis Anda? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Peran Penting Brand Awareness

Brand awareness sangat penting bagi bisnis jenis apa saja. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya.

Selain itu, brand awareness juga dapat membuat konsumen terus melakukan pembelian. Brand awareness biasa digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah merek.

Setiap tahunnya, perusahaan akan berinvestasi untuk terus menerus memperbaiki dan menaikkan tingkat brand awareness mereka.

Jika terjadi penurunan, maka perusahaan akan menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mengembalikan tingkat brand awareness.

Hal ini juga merupakan kunci penting di dalam perencanaan pemasaran dan strategy development. Selanjutnya brand awareness dapat dikategorikan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  1. Brand recognition atau aided recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk saat mereka melihat produk tersebut.
  2. Brand recall atau unaided recall, mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, setiap konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut.
  3. Top-of-mind awareness, mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness. Berikut ini beberapa strategi promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness:

  1. Iklan konvensional, yang dimaksud dengan iklan konvensional ialah iklan yang umumnya hard-selling dan melalui media konvensional seperti televisi, radio, reklame, dan lainnya. Iklan konvensional mampu memapar audiens luas, oleh sebab itu iklan konvensional sejak dulu menjadi andalan dalam menciptakan atau pun meningkatkan brand awareness.
  2. Media sosial. Media sosial menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan brand awareness, sebab media ini menjadi konsumsi yang wajib bagi masyarakat saat ini. Anda harus benar-benar aktif mengunggah konten yang relevan dan berinteraksi dengan audien secara berkala. Dengan mengunggah konten yang relevan,  maka Anda akan mengumpulkan banyak audiens yang nantinya dapat menjadi prospek bagi bisnis Anda.
  3. Content marketing. Strategi ini ialah pilihan fresh di tengah masyarakat yang jemu pada iklan. Ciri utama content marketing ialah di mana merek menyajikan konten yang memiliki nilai, baik itu informasi atau hiburan bagi audiensnya. Nilai ini yang nantinya menarik audiens atau calon konsumen untuk mengonsumsi konten merek dengan kemauan mereka sendiri. Sehingga secara tidak sadar audiens terpapar oleh pesan dan nama merek.
  4. Mengadakan event, bisa menjadi sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan merek Anda. Misalnya untuk peluncuran produk atau promosi produk baru.
  5. Berkolaborasi dengan bisnis lain yang menargetkan persona pelanggan yang sama seperti Anda, namun tidak bersaing secara langsung.
  6. Memberikan merchandise, merupakan salah satu cara untuk berterima kasih kepada para pelanggan atas kontribusi mereka pada bisnis Anda. Dan tentu saja merupakan cara yang tepat untuk memperkuat brand awareness. Semakin unik merchandise yang  Anda berikan kepada pelanggan, maka akan semakin baik dampaknya. E-money bisa menjadi salah satu merchandise menarik yang bisa Anda gunakan. Buatlah desain e-money terbaik untuk memberikan nilai unik akan memancing penerima merchandise untuk meng-update-nya di media sosial. Tentu saja merek yang akan diuntungkan akan hal ini. Unggahan oleh konsumen di media sosial tadi akan berpengaruh pada brand awareness merek.

Indikator Brand Awareness

Apa saja indikator berhasilnya sebuah promotional campaign? Berikut ini adalah indikator kualitatif dan kuantitatif yang dapat membantu Anda untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran untuk.

Terdapat 3 indikator yang dapat memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang tengah dibangun.

  1. Trafik website, menunjukkan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti merek Anda.
  2. Engagement media sosial, yang dapat ditunjukkan lewat jumlah followers, like, retweet, dan komen yang terus meningkat.
  3. Anggapan orang lain tentang merek. Ketika orang berkata bahwa merek Anda buruk, maka impresi negatif dapat menular ke calon konsumen yang lain. Sebaliknya, ketika pelanggan puas maka bisa jadi ada calon konsumen yang akan terkonversi.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Brand Identity Bisnis?

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness memang bukan proses yang mudah dilakukan.

Namun keberhasilan proses ini akan memberikan dampak jangka panjang yang baik bagi bisnis.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin bisnisnya terus berkembang, Anda dapat mencoba berbagai cara yang telah dirangkum Jurnal untuk meningkatkan brand awareness berikut ini.

Buat Logo dan Tagline Menarik

Hal yang paling mendasar untuk menciptakan brand awareness adalah membuat logo dan tagline semenarik mungkin. Logo akan muncul pada setiap yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Mulai dari produk, poster, website, media sosial, kartu nama serta dokumen lainnya. Buatlah logo yang ikonik sehingga lebih melekat dan orang akan mengingat brand Anda dalam sekali pandang.

Selain itu, buatlah tagline yang sederhana namun sangat merepresentasikan merek. Sehingga mudah diingat dan konsumen dapat dengan mudah mengasosiasikannya dengan merek ketika mereka mendengar atau membaca tagline.

Namun sederhana di sini bukan berarti asal-asalan, karena tagline yang tidak baik justru bisa merusak reputasi brand. Pilihlah kata-kata yang bermakna, mewakili merek, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari konsumen.

Aktif di Media Sosial

Membangun citra di media sosial disebut sebagai cara terbaik agar lebih dekat dengan konsumen. Alasannya adalah karena masyarakat saat ini hampir seluruhnya mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Menurut “Digital Around The World 2019”, di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk.

Dan setidaknya menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya mengakses media sosial untuk tujuan apapun.

Anda bisa menjangkau konsumen dengan memanfaatkan platform yang setiap hari mereka akses. Media sosial memungkinkan merek dapat dikenal oleh target pasar spesifik secara luas.

Agar merek Anda cepat dikenal oleh target pasar, gunakanlah fitur promotion atau iklan. Selain itu brand awareness juga dapat ditingkatkan dengan bekerja sama dengan influencer yang aktif di media sosial.

Buat Website yang Menarik dan Informatif

Selain aktif di media sosial, Anda juga harus pintar memanfaatkan website yang dimiliki.

Buat tampilan yang menarik dan berikan informasi yang berguna. Bangunlah website yang user-friendly agar mudah digunakan oleh konsumen. Juga, berikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan dengan lengkap dan mudah dimengerti.

Agar calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi website merek, buatlah konten artikel yang berisi informasi yang relevan dengan mereka.

Dengan artikel, Anda tidak hanya mengedukasi, namun bisa sekaligus mengarahkan konsumen pada brand Anda.

Mengikuti Event

Mengikuti event merupakan salah satu cara efektif untuk memperkenalkan merek secara langsung.

Sebuah acara umumnya dihadiri oleh banyak orang, jika merek menjadi sposor atau membuka booth dalam acara tersebut tentunya merek akan mendapat exposure.

Agar tepat sasaran, pilihlah acara-acara yang partisipannya sesuai dengan target pasar merek.

Selain itu, mengikuti event dapat memberikan kesempatan pada calon konsumen untuk berkenalan dengan secara langsung dengan merek. Yaitu dengan melihat wujud produk yang ditawarkan merek secara langsung.

Semakin banyak event yang Anda sponsori atau adakan, maka semakin familiar dan dekat juga konsumen dengan brand Anda.

Baca juga: Ingin Melakukan Rebranding? Ketahui Dulu Hal Pentingnya di sini!

Lakukan Co-Branding

Brand Anda belum banyak diketahui oleh konsumen? Co-branding bisa jadi salah satu solusi yang patut dicoba. Co-branding adalah kerjasama antara dua merek atau lebih yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra produk atau jasa.

Salah satu contoh co-branding yang tidak asing adalah Chitato dan Indomie, Chitato mengedarkan produk dengan rasa Indomie goreng.

Penggabungan ini terbilang cukup unik sehingga konsumen dibuat penasaran dan berbondong-bondong untuk mencoba.

Tentu saja strategi ini mengangkat citra kedua brand sekaligus. Walaupun tidak sefantastis penggabungan brand besar ini, setidaknya dengan co-branding brand Anda terpampang dengan brand yang lebih besar dan membantu konsumen untuk lebih mengenalnya.

Namun dalam menjalankan strategi ini, pastikan brand yang diajak kerja sama mempunyai profil konsumen yang sama dengan brand Anda dan tidak memiliki citra buruk.

Memberi Reward

Siapa yang tidak suka dengan hal-hal yang berbau cuma-cuma? Seroyal apapun konsumen terhadap sebuah merek, pasti tetap tertarik untuk mengikuti promosi merek lain yang memberikan potongan harga, promo dan voucher.

Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menarik calon konsumen yang belum mengetahui atau mencoba produk Anda.

Tawarkan reward ini dengan beberapa syarat seperti membagikan postingan terkait merek Anda di media sosial atau kode refferal.

Dengan begitu, calon konsumen atau konsumen yang mengikuti promosi ini akan turut membantu Anda untuk menyebarkan nama merek.

Menggunakan Influencer

Sebelumnya sempat disinggung terkait bekerja sama dengan influencer pada pemasaran media sosial, namun kali ini akan dibahas lebih jelas.

Cara ini disebut juga dengan influencer marketing, di mana para pemilik bisnis menggunakan influencer untuk mempromosikan produk di berbagai media sosial yang mereka miliki.

Para influencer ini biasanya orang-orang yang mempunyai followers yang cukup banyak serta terhubung dengan audiens yang luas. Influencer biasanya sangat dipercaya oleh followersnya, sehingga produk atau jasa apapun yang digunakan bisa jadi inspirasi tersendiri untuk mereka.

Sehingga bila merek mempromosikan produk melalui influencer, para pengikut influencer akan terpapar merek dan mungkin memiliki keinginan untuk menggunakan produk yang sama dengan idolanya.

Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tentukan lah strategi yang tepat agar dapat benar-benar membantu bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Dalam prosesnya, jangan lupa selalu menentukan biaya dan mencatat pengeluaran untuk menjalankan strategi meningkatkan brand awareness.

Sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran dan  menganalisis keberhasilan strategi Anda sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Untuk mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis, termasuk pencatatan pengeluaran pemasaran, gunakan aplikasi akunting dari software akuntansi Jurnal. Manfaatkan juga aplikasi faktur untuk membantu Anda mencatat dan mengelola berbagai macam faktur untuk transaksi seperti faktur penjualan dan pembelian.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal