Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

3 Cara Maksimalkan Teknologi Bisnis UKM di Tengah Krisis

Tayang 09 Jun 2023
Diperbarui 11 Januari 2024

Pandemi Covid pada tahun 2020 membuat banyak pelaku bisnis mulai gusar. Untuk menghindari kembali ancaman tersebut, ada baiknya jika para pelaku usaha mulai mengimplementasikan teknologi bisnis ukm yang saat ini semakin berkembang.

Bagaimana tidak? Sebanyak 75% bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) juga mengalami dampak penurunan penjualan sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

Di tengah pelemahan ekonomi yang terjadi, bisnis UKM perlu membekali diri dengan pengetahuan dan teknologi agar mampu bertahan di tengah krisis global yang mungkin akan terjadi kembali.

Lalu, bagaimana strateginya agar operasional bisnis dapat bertahan jika terdapat krisis ekonomi lagi? Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan teknologi bisnis khususnya untuk UKM!

1. Absensi Online Berbasis Cloud untuk Meningkatkan Produktivitas

teknologi bisnis ukm untuk kehadiran online

Kehadiran karyawan di perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena mereka merupakan suatu bagian perusahan yang paling penting.

Sejak pemerintah mengenalkan aturan social distancing dan work from home (WFH), pemilik bisnis harus memikirkan strategi yang efektif dalam mengelola karyawan khususnya kehadiran.

Salah satu solusi dalam pengelolaan karyawan ini adalah sistem absensi online yang efektif.

Jika bisnis UKM Anda telah menerapkan kebijakan WFH, maka aplikasi absensi online berbasis cloud adalah solusi yang tepat untuk memantau produktivitas kerja.

Selama ini, penggunaan teknologi bisnis berbasis cloud jarang diterapkan oleh UKM dan hanya didominasi oleh perusahaan besar karena dianggap mahal.

Faktanya, cloud hanya membutuhkan jaringan internet karena memiliki server terpusat sehingga biayanya relatif murah.

Karyawan dapat mengakses atau melakukan absen saat bekerja dari rumah. Anda sebagai pemilik bisnis dapat memantau jam kerja karyawan.

Tidak hanya itu, proses kerja juga dengan manajemen tugas yang baik akan berjalan maksimal dengan teknologi ini.

2. Media Sosial untuk Maksimalkan Pemasaran Online

perkembangan industri teknologi bisnis bantu ukm dapat memasarkan produk secara online

Katadata menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp dan Instagram melonjak 40% selama pandemi Corona.

Peluang ini dapat menjadi strategi yang tepat untuk mempertahankan tingkat penjualan di kala terjadinya krisis ekonomi kembali.

Selain melalui Whatsapp dan Instagram, Anda juga bisa membuat iklan untuk bisnis di platform Facebook, LinkedIn, atau Google.

Strategi mendasar yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan buyer persona sebagai target pasar.

Anda dapat menggunakan berbagai tools atau AI yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang teknologi bisnis UKM untuk meningkatkan penjualan.

Selanjutnya, aplikasi media sosial dapat dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi dengan target pasar tanpa harus bertemu secara langsung.

Tentukan konten yang tepat sesuai dengan jenis media sosial, karena bisa jadi berbeda platform berbeda juga tipe audience-nya.

Media sosial dapat digunakan sebagai referensi Anda untuk menentukan kebijakan pemasaran bisnis UKM jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: 8 Aplikasi AI yang Dapat Menunjang Produktivitas Bisnis

3. Software Akuntansi untuk Memastikan Arus Kas Sehat

Dengan situasi ekonomi saat ini, wajar saja jika para pelaku bisnis UKM cemas karena pendapatan menurun sementara beban usaha justru membengkak.

Belum lagi masalah harga bahan baku yang melonjak, sedangkan persediaan barang semakin menipis.

Diperlukan strategi bisnis UKM yang tepat untuk memantau kondisi keuangan agar bisnis tetap bertahan di masa krisis. Salah satu solusi untuk mengatasi ini adalah menggunakan teknologi bisnis UKM khususnya pengelolaan keuangan.

Anda dapat memanfaatkan software akuntansi sebagai teknologi yang membantu kontrol performa bisnis secara mudah dan akurat, salah satunya Mekari Jurnal.

Melalui Mekari Jurnal, arus kas bisnis UKM dapat terpantau dengan baik setiap saatnya dibantu dengan berbagai fitur yang sudah terintegrasi seperti laporan neraca keuangan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas

Untuk inventory, Mekari Jurnal juga memiliki fitur pengelolaan stok barang yang dapat terus update secara realtime.

Artinya, Anda dapat memantau jumlah persediaan barang di gudang kapan saja dan di mana saja.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur pada Mekari Jurnal, daftarkan perusahaan Anda sekarang dan konsultasikan permasalahan usaha Anda dengan kami di sini.

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal