Mekari Jurnal
Daftar Isi
11 min read

7 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online

Tayang 27 Jan 2020
Diperbarui 11 Januari 2024

Apabila kamu memiliki sebuah usaha maupun sebuah bisnis tentu memiliki harapan usaha yang kamu jalan tersebut mengalami peningkatan dari berbagai sisinya. Salah satunya adalah meningkatkan penjualan online.

Membuka usaha baru secara online memang dapat dijadikan salah satu cara yang paling jitu agar usaha sebelumnya yang sudah berjalan dapat lebih berkembang.

Terutama dengan perkembangan dari dunia digital ini yang terus meningkat inilah yang membuat perubahan signifikan terhadap usaha kamu.

Dengan masuk ke dunia digital usaha yang kamu miliki juga memiliki kesempatan untuk lebih dikenal lebih luas dan menjangkau ke berbagai tempat yang sulit dijangkau jika hanya dilakukan secara offline.

Namun, sebelum mulai membangun aset digital baik itu sekedar media sosial atau bahkan website, pastikan agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan target pelanggan yang dituju.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Lebih Mudah dan Efisien Secara Online

Untuk memiliki bisnis online yang baik dan menghasilkan diperlukan berbagai cara, namun semua semakin mudah dengan apabila secara online.

Karena itu untuk memiliki bisnis yang lebih baik dan dikenal orang banyak pastikan kamu melakukan beberapa tips di bawah ini:

Buat Website

Banyaknya orang yang mengakses internet dalam setiap harinya tentu dapat dimaksimalkan oleh para pebisnis dengan membangun sebuah bisnis berbasis online.

Untuk memenuhi itu website merupakan hal yang wajib dimiliki oleh usahamu. Membangun website tidak hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki produk seperti baju, aksesoris dan lainnya.

Tetapi, mereka yang memiliki coffee shop atau kafe juga memerlukan website sebagai media untuk melakukan promosi kepada calon pelanggan.

Seperti contoh, kamu memiliki sebuah usaha yaitu sebuah restoran makanan, website yang kamu perlu miliki tidak hanya berisi daftar makanan serta harga dari makanan tersebut.

Tetapi, kamu bisa menyisipkan blog yang menyediakan beragam artikel mengenai resep makanan sehat untuk para calon pelanggan.

Hal ini berguna untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka, terlepas dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk di Tengah Pandemi Corona

Memiliki Website yang Tampilannya User Friendly 

First impression adalah hal penting dalam sebuah produk terutama produk yang memiliki bentuk fisik.

Mereka yang datang kedalam websitemu tentu membutuhkan sebuah tampilan yang nyaman dan user friendly dalam penggunaannya.

Selain user friendly, konten serta loading dari website tersebut juga penting untuk diperhatikan.

Kedua hal tersebut penting untuk dimiliki sebuah website, karena dengan adanya konten serta loading time yang baik tentu akan membuat orang betah berlama-lama dalam websitemu sehingga membuat nilai dari websitemu akan semakin baik.

Website dengan tampilan user friendly akan membantu meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bangun Website yang Mobile Friendly dapat Meningkatkan Penjualan Online

Sebagian besar orang di era digital ini melakukan segalanya menggunakan smartphone yang dimilikinya, baik itu saat di kantor, di transportasi umum maupun pribadi dan dimanapun.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mengoptimalkan sebuah usaha yang sudah memiliki website, tentu website tersebut juga harus yang mobile friendly.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dengan mengoptimalkan website mereka dengan mobile friendly tentu akan membuat semakin nyaman para user untuk membaca hingga mengaksesnya dengan menggunakan smartphone.

Sehingga pengalaman pengguna menggunakan website tersebut melalui ponselnya lebih nyaman dan menyenangkan.

Jangan Lupa Untuk Mencantumkan Kontak & Alamat

Berkat google, orang-orang yang mencari informasi cenderung lebih memilih menggunakan internet terlebih dahulu dibandingkan melalui apapun.

Jika kamu memiliki sebuah basis online yang kuat antar sebuah platform, maka hal ini akan membuat usahamu lebih diuntungkan dibanding beberapa kompetitor lainnya.

Karenanya, pastikan usaha yang kamu miliki tersebut dapat diakses dengan mudah melalui kontak dan alamat yang tercantum dengan jelas agar dapat meningkatkan penjualan secara online pula.

Adanya internet juga dapat dimaksimalkan dengan menambahkan fitur seperti chatbot, email, maupun fitur pesan yang ada di platform ecommerce.

Ditambah banyaknya opsi pembayaran yang dapat mempermudah calon pelanggan saat melakukan transaksi secara online.

Baca juga: Pentingnya Strategi Marketing Omnichannel untuk Bisnis Ritel

Gunakan Media Sosial agar penjualan online semakin meningkat

Selain memiliki website, pastikan usahamu juga memiliki media sosial untuk menjangkau sekaligus berkomunikasi melalui media tersebut.

Tidak harus memiliki semua jenis media sosial, kamu hanya perlu mengoptimalkan beberapa media sosial yang efektif dan sesuai dengan pasar dari produk yang kamu miliki.

Biasanya media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk melakukan bisnis online jual beli sebuah produk.

Implementasikan SEO

Saat sudah memiliki hal-hal seperti website yang cukup lengkap dari sisi mobile dan user friendly dan sudah memiliki media sosial selanjutnya tinggal mengoptimalkan keduanya.

Mengoptimalkan website tersebut dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi sebuah halaman dalam mesin pencari (Google, yahoo, bing).

Sebelum kamu dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan SEO, implementasi dari local SEO ini dapat membuat usaha kamu akan berada pada halaman pertama pada hasil pencarian Google di daerah kamu.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mereka yang berada di sekitar usaha kamu.

Baca juga: SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Seperti contoh, kamu memiliki sebuah restoran di daerah Jakarta Selatan. Ketika kamu telah mengoptimasinya menggunakan local SEO, maka saat orang mencari kata ‘restoran di jakarta selatan’ maka usaha kamu akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google.

Kamu bisa menerapkannya dengan memasukkan local keywords di dalam konten website kamu dan mengoptimasinya menggunakan meta tags.

Lalu, menanamkannya pada Google Maps pada halaman kontak di website serta mendaftarkan usahamu pada Google My Business.

Teknik tersebut cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan terutama dengan cara online.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Monitoring Aset Digital yang Dimiliki

Saat sudah memiliki berbagai macam aset digital untuk memasarkan bisnismu secara online, maka jangan lupa untuk melakukan monitoring secara berkala.

Monitoring ini dapat meliputi hal-hal seperti adanya saran atau komen yang masuk, konten yang harus terus diperbaharui dan juga beberapa hal lainnya yang perlu dijaga mulai dari website, sosial media hingga konten-konten di dalamnya.

Hal ini agar menekan adanya kemungkinan para calon pengguna produk bisnismu pindah ke kompetitor.

Jika penggunaan aset ini dapat dijalankan secara optimal, bukan tidak mungkin pelanggan terus berdatangan.

Beberapa hal di atas adalah cara untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan bisnis secara online, namun apabila kamu ingin melakukannya dengan lebih mudah kamu dapat menggunakan e-commerce untuk memasarkan bisnismu.

Berikut rekomendasi e-commerce yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu.

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • BliBlicom
  • Lazada

Kelola Marketplace dan Lacak Semua Transaksi dengan Lebih Mudah dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sebenarnya masih banyak lagi ecommerce yang dapat digunakan untuk memasarkan produk dari bisnismu.

Nah, karena itu untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses tentu banyak caranya, namun kembali lagi semua tergantung dari pemilik dan pengelola dari bisnis tersebut dapat meningkatkan bisnisnya melalui cara seperti apa.

Untuk kamu yang masih bingung harus memulainya dari mana, kamu dapat memulainya dengan menerapkan ke 7 hal di atas terlebih dahulu untuk meningkatkan penjualan bisnis secara online.

3 Cara Meningkatkan Penjualan Online saat Social Distancing

Sejak pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) masuk ke Indonesia, pemerintah telah memberlakukan aturan social distancing.

Kebijakan social distancing sedikit banyak mengubah kebiasaan masyarakat dalam beraktivitas. Sebagai pengusaha yang bisnisnya bergantung pada keramaian, tentu merasa kesulitan untuk mencapai target penjualan seperti biasanya.

Apa arti social distancing? Bagaimana cara UKM mempertahankan bisnis saat social distancing? Bagaimana bisnis dapat meningkatkan penjualan lewat online di masa ini?

Arti Kata Social Distancing

Social distancing adalah salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Caranya adalah dengan menjaga jarak antara satu orang dengan yang lain.

Menghindari kerumunan orang atau pertemuan besar juga merupakan bagian dari social distance. Jika Anda sedang berada di sekitar kerumunan, jaga jarak aman dengan orang lain sekitar 2 meter atau 6 kaki.

Di Indonesia, salah satu penerapan social distance adalah sistem work from home bagi pekerja dan school from home untuk pelajar.

Ada beberapa contoh penerapan social distancing yang kini diganti dengan istilah physical distancing oleh pemerintah:

  • Seluruh aktivitas dikerjakan dari rumah;
  • Tidak mengunjungi tempat-tempat umum, seperti tempat wisata, rumah ibadah, dan rumah sakit kecuali dalam keadaan darurat;
  • Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri banyak orang, seperti seminar, workshop dan rapat atau melakukannya secara online lewat video call;
  • Menghindari tempat berkumpulnya massa, seperti pasar, supermarket, atau pusat perbelanjaan.

Selama melakukan social distance atau pembatasan jarak fisik, bukan berarti tidak melakukan kontak sosial sama sekali.

Masyarakat masih bisa terhubung dengan orang lain, rekan kerja, dan pelanggan bisnis dengan bantuan teknologi. Saat social distancing atau physical distancing, teknologi dan internet memegang peran penting.

Hampir semua aktivitas yang dilakukan jarak jauh dapat berjalan efektif dengan bantuan teknologi. Salah satunya adalah kegiatan bisnis UKM.

Karena itu, untuk meningkatkan penjualan online, Anda harus mulai beralih menggunakan strategi seperti berikut ini.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pelaku Bisnis UKM Mulai Meningkatkan Penjualan Melalui Channel Online

Sejak aturan social distancing diterapkan, banyak UKM terancam mengalami kerugian. Dampak dari kebijakan social distance sangat berpengaruh pada aktivitas bisnis karena berkurangnya interaksi fisik antar orang.

Untuk itu, para pelaku UKM mulai mengubah strategi penjualan. Salah satunya adalah beralih pada penjualan online. Bagaimana cara meningkatkan penjualan online di tengah pandemi Covid-19?

1. Memanfaatkan Seluruh Channel Media Sosial

3 Cara Meningkatkan Penjualan Online saat Social Distancing

Di tengah kondisi social distance, masyarakat diimbau untuk tidak bertatap muka dan tidak keluar rumah. Tercatat pada sebuah situs penyedia jasa internet di Indonesia, selama wabah Corona ini terdapat lonjakan traffic sebesar 30% dibanding sebelumnya.

Salah satu penyumbang lonjakan traffic ini adalah penggunaan media sosial dan aplikasi pesan instan.

Melihat kondisi ini sebagai peluang, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai salah satu channel promosi produk selama social distancing.

Beberapa UKM di Indonesia sudah menerapkan upaya saling bantu usaha di media sosial dengan menceritakan produk atau usaha pelaku bisnis lainnya.

Media sosial Instagram, Facebook, Youtube dan Twitter masih banyak sekali penggunanya. Anda dapat memilih media sosial yang paling sesuai dengan jenis bisnis yang Anda.

Jangan lupa, optimalkan seluruh channel dengan caption atau penjelasan yang lengkap.

Baca juga: 7 Marketing Mix yang Harus Diketahui untuk Bisnis Anda

2. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

3 Cara Meningkatkan Penjualan Online saat Social Distancing

Bagi bisnis atau brand yang telah membina hubungan baik dengan pelanggan, ternyata batasan pergerakan fisik atau social distance bukan menjadi tantangan yang berat.

Dalam masa pandemi Covid-19, media komunikasi digital merupakan pilihan yang efektif dan efisien. Beri tahu pelanggan jika ada update tentang stok produk Anda, keterlambatan pengiriman, atau kenaikan harga.

Sesekali, berikan diskon atau promosi untuk produk-produk yang sangat dibutuhkan saat ini seperti produk kesehatan, makanan dan minuman.

3. Perhatikan Stok Barang

3 Cara Meningkatkan Penjualan Online saat Social Distancing

Ketika Anda gencar untuk melakukan promosi dan strategi untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi stok barang secara berkala.

Bagi Anda yang sedang menerapkan social distancing, mungkin saja akan kesulitan untuk kontrol stok barang di toko atau gudang. Solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi Jurnal.

Jurnal memiliki fitur inventory yang dapat digunakan untuk memonitor persediaan barang. Dari fitur tersebut dapat diperoleh referensi produk mana yang paling diminati dan produk mana yang akan segera habis stoknya.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bisa dilihat bahwa teknologi memegang peran penting untuk keberlangsungan bisnis di tengah kondisi saat ini.

Sebagai salah satu pendukung kemajuan teknologi, aplikasi invoice dan kwitansi dari Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan social distancing melalui program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk pembukuan online Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis.

Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus aplikasi penjualan selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

CTA

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan secara online. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal