Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Bisnis Baju Lebaran dan Pakaian Lainnya yang Laris di Bulan Puasa

Tayang 09 Feb 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Kemeriahan bulan puasa dan datangnya hari yang Fitri sudah sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pemilik bisnis baju lebaran dan berbagai item fashion menjadi pihak yang paling diuntungkan.

Ini karena membeli barang fashion di bulan puasa menjelang lebaran sudah menjadi sebuah tradisi khususnya di Indonesia.

Baju lebaran dan beberapa item fashion lainnya bahkan sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Tidak mengherankan jika bisnis baju lebaran, alat ibadah dan barang-barang lainnya mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

Bagi Anda yang ingin mencoba, lonjakan ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Karena bulan puasa bukan hanya penuh berkah bagi orang yang beribadah, tetapi juga pada Anda yang mencari rezeki.

Kelola usaha mikro dan kecil secara lebih efektif dengan software akuntansi Mekari Jurnal!

Saya mau coba gratis Mekari Jurnal sekarang!

Ide Bisnis Baju Lebaran di Bulan Puasa

Berikut beberapa ide bisnis baju lebaran dan item fashion yang dijamin laku keras di bulan puasa.

1. Busana Muslim Wanita

Berbisnis busana untuk wanita seakan tidak ada matinya. Setiap tahunnya item ini selalu menjadi incaran dan mengalami lonjakan permintaan, baik itu di bulan biasa ataupun Ramadan.

Kebutuhan untuk mengaktualisasi penampilan sesuai tren yang berkembang menjadi alasan utama mengapa para wanita memilih untuk meng-update pakaiannya setiap bulan, atau bahkan beberapa kali dalam sebulan.

Begitupun di bulan Ramadan di mana akan ada perayaan besar yang menunggu diakhirnya.

Wanita akan berbondong-bondong meramaikan pusat perbelanjaan untuk mencari busana muslim yang mereka incar. Mulai dari gamis, kaftan, lurik, gaun dan pakaian lainnya.

Toko-toko online juga biasanya akan diserbu oleh pembeli. Tingginya antusiasme akan baju lebaran untuk wanita membuka peluang bisnis yang menggiurkan untuk dicoba.

Anda bisa mengawalinya dengan menjadi dropshipper atau reseller yang tidak membutuhkan modal banyak.

Apabila Anda mempunyai ide bisnis baju lebaran yang cemerlang, modal serta waktu yang cukup maka bisa satu level lebih tinggi dengan memproduksi sendiri dagangan Anda.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Keuntungan Besar dengan Menjual Baju

2. Jilbab

Selain membeli busana muslim sebagai item fashion lebaran, wanita memerlukan jilbab untuk melengkapinya.

Jilbab merupakan item fashion yang cukup praktis, simpel dan murah, maka tidak heran jika wanita sering bergonta-ganti dalam waktu yang cukup singkat.

Selain itu banyak juga wanita yang akhirnya memutuskan menggunakan jilbab ketika memasuki bulan puasa.

Ini menjadi kesempatan terbaik untuk Anda memulai bisnis.

Dibandingkan dengan bisnis busana muslim, memulai usaha penjualan jilbab menggunakan modal yang lebih sedikit sehingga tidak terlalu memberatkan.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Usaha Fashion dengan Mudah

3. Mukena

Tidak hanya pakaian saja yang harus mengikuti tren mode.

Bagi kebanyakan wanita alat ibadah seperti mukena juga harus tampak baru dan lebih stylish di bulan puasa.

Jika dahulu mukena masih terlihat sederhana dengan bentuk kain terusan putih yang diberikan sedikit motif di bagian bawah, maka kini mukena telah hadir dengan berbagai desain, motif serta warna.

Maka dari itu wanita tidak segan-segan untuk mengoleksinya. Selain untuk digunakan sendiri, mukena juga kerap dijadikan hadiah dan juga isian parcel lebaran.

Jadi sudah barang tentu transaksi penjualannya akan meningkat.

Dengan pertimbangan ini Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis mukena sebagai ide bisnis baju lebaran di bulan puasa.

Berbagai bisnis baju lebaran yang populer di masyarakat

4. Baju Koko

Selain wanita, para pria juga tentunya ingin tampil lebih rupawan di hari yang penuh fitri.

Bisnis baju lebaran yang sudah pasti dibutuhkan oleh pria adalah baju koko.

Tidak hanya untuk tujuan ibadah, baju koko saat ini juga dirancang dengan gaya yang cukup stylish sehingga bisa digunakan untuk bersilaturahmi.

Warna dan model yang beragam kini menjadi incaran. Tidak lupa juga bahan yang nyaman dan adem agar dapat dipakai sepanjang hari.

Dengan berbagai pertimbangan pemilihan baju koko ini Anda sudah bisa mulai mencari-cari produk yang kiranya bisa laris manis di pasaran.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Dihindari Saat Berbisnis Jelang Lebaran

5. Kemeja

Walaupun tidak bernuansa muslim, namun banyak juga yang menggunakan kemeja sebagai dress code di hari lebaran.

Kemeja bisa dipakai baik itu untuk wanita maupun pria.

Biasanya kemeja dijadikan pilihan pakaian ketika berkunjung ke rumah sanak famili jika merasa sangat terbebani dengan gamis atau gaun yang terlalu berat juga panjang serta baju koko dengan bahan yang kurang nyaman.

Oleh karena itu, bisnis baju kemeja di kala bulan Ramadan juga cukup menjanjikan, karena tidak hanya diminati di bulan Ramadan, tetapi juga di bulan-bulan selanjutnya.

Baca juga: Ide Jualan Makanan dan Minuman yang Laris Pada Bulan Puasa

6. Perlengkapan Salat

Item lain yang terlihat simpel tetapi banyak dicari di bulan puasa adalah perlengkapan salat, mulai dari peci, sarung, dan sajadah.

Ketiga barang ini merupakan perlengkapan salat yang wajib digunakan pria di Hari Raya Idul Fitri, khususnya saat ibadah salat Ied.

Peci merupakan sejenis penutup kepala yang menjadi ciri khas pria muslim baik untuk ibadah maupun di kehidupan sehari-hari.

Jika dahulu orang-orang lebih sering menggunakan peci hitam ala Soekarno, kini muncul peci haji yang berwarna putih, peci Oman Pakistan dengan motif penuh warna, peci Mesir lipat dengan ciri khasnya yang seperti kupluk dan masih banyak lagi.

Untuk sarung sendiri biasanya mempunyai berbagai fungsi baik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, acara adat, acara keagamaan maupun ibadah.

Namun kini sarung lekat dengan pria muslim yang paling tidak memiliki satu lembar kain ini untuk digunakan beribadah. Dan di bulan puasa sarung biasanya menjadi incaran.

Bahkan berdasarkan beberapa berita, omzet penjualan sarung di bulan suci ini dapat meningkat hingga Rp 12 juta per hari dari yang biasanya hanya Rp 2 juta per hari.

Tidak heran jika sarung bisa menjadi salah satu item untuk ide jualan di bulan puasa yang sangat menguntungkan .

Selain peci dan sarung, peralatan ibadah lain yang cukup laris di pasaran adalah sajadah. Untuk menarik pembeli, Anda bisa melengkapi koleksi sajadah dengan bahan yang nyaman serta motif dan warna yang beragam.

Di luar itu, sajadah yang ringan dan simpel juga banyak diminati karena memudahkan untuk dibawa kemana saja.

7. Sepatu dan Sandal

Hari lebaran menjadi saat yang paling tepat untuk mengunjungi sanak famili. Beramai-ramai bersama keluarga berkeliling mendatangi satu demi satu rumah keluarga dan juga tetangga.

Kegiatan ini bisa dilakukan dari setelah salat Idulfitri di pagi hari hingga malam hari. Oleh karena itu dibutuhkan alas kaki yang cukup nyaman agar tidak melukai kaki.

Namun tidak lupa juga untuk tetap tampil stylish. Kebutuhan akan sepatu yang terbilang cukup tinggi ini bisa dijadikan ide untuk memulai bisnis di bulan puasa.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa bisnis fashion atau bisnis baju lebaran yang laris manis di bulan puasa. Selain baju lebaran yang sudah pasti mengalami lonjakan, ternyata ada beberapa barang kecil dan simpel yang juga diminati banyak orang.

Anda bisa memilih dari beberapa barang tersebut yang bisa dimanfaatkan sebagai tambahan pendapatan. Sesuaikan dengan kemampuan baik dari sisi modal maupun metode penjualan.

Jika modal yang dimiliki tidak cukup banyak, bisa menggunakan sistem dropship atau reseller.

Apabila modal mencukupi, Anda bisa memilih usaha dengan partai yang lebih besar. Namun apapun pilihan tersebut, di akhir Anda harus tetap memperhatikan pengelolaan keuangan agar tidak rugi kemudian.

Untuk pengelolaan keuangan yang mudah dan sederhana bagi bisnis UMKM, Mekari Jurnal dapat menjadi solusi untuk untuk Anda.

Konsultasi gratis ke tim Mekari Jurnal Sekarang!

Segala proses mulai dari pencatatan biaya, membuat laporan keuanganinvoice, perhitungan pajak hingga  manajemen aset bisa dilakukan dalam satu platform.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal