Mekari Jurnal
Daftar Isi

4 Anggaran Bisnis Ini Wajib Dipertimbangkan di Masa Krisis

Tayang 22 May 2022
Diperbarui 06 November 2023

Berikut adalah 4 anggaran bisnis yang wajib dipertimbangkan pada masa krisis. Apa saja? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya.

Lingkungan bisnis saat ini sangat dipengaruhi oleh faktor ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan.

Oleh karena itu banyak bisnis yang memiliki keterbatasan untuk mengakses modal modal mereka.

Saat-saat seperti inilah di mana perencanaan, disiplin, dan tanggung jawab untuk menjaga neraca yang sehat akan sangat bermanfaat.

Bisnis yang beroperasi menggunakan prinsip akuntansi yang sehat berkemungkinan siap untuk menghadapi resesi ekonomi.

Perusahaan seperti Costco dan Walmart menghadapi krisis dengan cukup baik, sebagian karena mereka melihat lonjakan permintaan, dan juga mempraktikkan manajemen keuangan yang baik.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang arus kas dan pembayaran hutang adalah sama pentingnya. 

Faktanya data dari Embroker menunjukkan bahwa 29% bisnis gagal karena kehabisan uang.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Jurnal menyediakan beberapa anggaran bisnis yang harus Anda pertimbangkan kembali selama dan setelah masa pandemi dan resesi ekonomi.

1. Manajemen Bisnis

Saat ini, kolaborasi, produktivitas, dan aplikasi untuk mengatur dan manajemen bisnis meningkatkan kemampuan jutaan pekerja berpengetahuan jauh.

Kemungkinan besar, berbagai inovasi teknologi akan muncul untuk membantu memfasilitasi karyawan melakukan tugas mereka sambil memberikan jarak sosial yang aman kepada pelanggan.

Meskipun tidak mungkin semua industri dapat bekerja dari rumah, tetapi kemungkinan untuk industri terpaksa bekerja ke kantor akan berkurang secara signifikan.

Misalnya software akuntansi dan keuangan Mekari Jurnal yang membuat manajemen keuangan bisnis Anda lebih tertata dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja secara real-time. 

2. Ruang Kantor

Jika bisnis Anda telah berhasil bekerja dari rumah sesuai dengan imbauan, pada dasarnya Anda secara tidak langsung melakukan percobaan, apakah bisnis Anda dapat beroperasi secara efisien saat bekerja dari jarak jauh. 

Mungkin tim Anda berjalan sedekat mungkin dengan bisnis seperti biasa, mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi, dan sekarang pertanyakan kembali apakah bekerja di kantor masih diperlukan?

Ketika kantor dibuka kembali dan karyawan kembali ke kegiatan normal, pikirkan beberapa karyawan yang sebenarnya selalu dapat bekerja dari rumah. Jika ini bekerja dengan baik, Anda akan dapat berhemat ke ruang kantor yang lebih kecil dan lebih terjangkau.

Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Bisnis dengan Anggaran Ketat

3. Peralatan Bisnis

Sementara beberapa alat tidak dapat dihindarkan dan perlu diterima sebagai biaya untuk menjalankan bisnis, rangkaian peralatan yang lebih mahal tentu perlu dievaluasi kembali berdasarkan analisis biaya-manfaatnya. 

Berapa banyak pendapatan dan penghematan produktivitas yang dilakukan oleh aplikasi yang mahal itu sebagai produk layanan yang bermanfaat bagi bisnis? Bagaimana bisnis melakukan tugas-tugas ini sebelum aplikasi ini digunakan? 

Pertanyaan-pertanyaan ini harus dipertimbangkan secara mendalam. Pada saat krisis, orang-orang memahami pembatasan keuangan yang ditempatkan pada anggaran, itulah sebabnya banyak perusahaan aplikasi yang menawarkan diskon besar selama adanya pandemi. Selama masih diskon, kenapa harus ditunda? 

4. Biaya Pemasaran

Sementara meningkatkan utang bisa menjadi strategi berbahaya selama krisis ekonomi, meningkatkan strategi pemasaran yang berhasil bisa sangat bermanfaat.

Coba untuk tinjau kembali strategi pemasaran bisnis Anda. Apakah sudah maksimal? Saat ini, pemasaran secara digital atau online diyakini dapat menjadi investasi jangka panjang.

Baca juga Ebook : Panduan Lengkap Evaluasi dan Rencana Bisnis

Kesimpulan

Jadi, kita perlu melihat apa yang benar-benar penting bagi bisnis kita. Ekspansi bisnis tanpa tujuan untuk kantor, barang tambahan yang tidak terlalu berguna untuk saat ini, dan kartu nama dengan kertas, semuanya dianggap tidak perlu oleh pandemi. Pahami bagaimana anggaran pengeluaran diskresi seperti ini dapat ditangguhkan sampai kesehatan keuangan bisnis Anda stabil.

Banyak pelajaran bisnis akan dipelajari dengan cara yang sulit selama periode ini dan hanya akan berfungsi untuk memperbaiki lingkungan bisnis secara keseluruhan di masa depan. Pemilik dan orang-orang yang menjalankan bisnis harus mempelajari kekuatan disiplin dan menggunakan bisnis secara bertanggung jawab di masa depan. 

Beberapa aspek operasional bisnis Anda dapat berubah selamanya sebagai akibat Covid-19, seperti ukuran kantor Anda, strategi pemasaran yang Anda manfaatkan, peralatan teknologi yang meningkatkan produktivitas, dan banyak lagi.

Jika Anda sebagai bisnis yang masih beroperasi  dalam lingkungan ekonomi saat ini, pertimbangkan anggaran apa yang memajukan bisnis Anda dan biaya apa yang menghambat bisnis Anda. 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal