Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

4 Alasan Konsumen Memilih Produk Luar Negeri

Tayang 07 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Pernah mendengar globalisasi ekonomi? Kegiatan ekonomi dan perdagangan secara global antara negara satu dengan negara lainnya yang tidak terikat dalam suatu batasan atau biasa dikenal perdagangan bebas.

Globalisasi ekonomi saat ini sedang berlangsung di Indonesia dan memiliki dampak positif dan juga negatif bagi perekonomian.

Dampak positifnya tentu karena terbukanya pasar internasional, kesempatan kerja akan lebih terbuka dan devisa negara pun akan ikut meningkat.

Namun, dampak negatif dari globalisasi ini adalah terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri yang memengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menilai bahwa saat ini masyarakat Indonesia belum menunjukkan dukungannya terhadap produk lokal, terutama UMKM.

Bahkan, kebanyakan dari mereka lebih memilih produk luar negeri dibanding produk lokal. Pernahkah Anda tahu apa penyebabnya?

Produk dengan Kualitas Rendah

Banyak dari konsumen Indonesia tidak memilih produk dalam negeri dengan alasan produk lokal memiliki kualitas yang rendah dengan harga yang cukup tinggi.

Namun, dengan memilih produk luar, mereka mendapatkan produk dengan kualitas tinggi dengan harga yang sebanding.

Kemasan yang Kurang Menarik

Kemasan adalah salah satu hal yang dapat menarik daya beli konsumen.

Produk luar negeri biasanya akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengemas produknya dengan manis dan biaya tersebut biasanya lebih besar dibanding biaya untuk produknya sendiri.

Dan sebaliknya, bisnis lokal akan memilih untuk mengurangi tampilan manis pada kemasan produknya dengan alasan untuk menekan harga produknya agar tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk luar.

Kurangnya Inovasi Produk

Produk luar negeri biasanya akan memberikan inovasi baru untuk menarik pelanggannya sedangkan bisnis lokal biasanya akan meniru inovasi dari produk luar, khususnya produk yang berhubungan dengan fashion.

Hal ini yang membuat masyarakat Indonesia lebih tertarik dan memilih produk luar negeri.

Lokasi yang Kurang Memadai

Produk luar negeri biasanya dikemas khusus untuk dijual di gerai-gerai tertentu dan biasanya lokasinya pun strategis.

Dengan adanya gerai-gerai tertentu, produk luar akan menjamin kualitasnya dibanding produk yang dijual selain di gerai mereka sehingga konsumen pun akan lebih senang membeli langsung dari gerainya.

Baca juga : Strategi Pemasaran Produk Ke Luar Negeri untuk Ekspansi Bisnis

Itulah beberapa alasan yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar negeri dibanding lokal.

Namun bagi Anda yang memiliki bisnis lokal tak perlu khawatir terhadap daya saing bisnis.

Dengan melakukan promosi yang baik, produk Anda akan lebih dikenal dengan konsumen sehingga produk Anda siap menghadapi persaingan bisnis secara global.

Tak hanya promosi, Anda juga harus mengembangkan bisnis Anda dengan fokus untuk membuat inovasi-inovasi baru yang dapat menarik konsumen di Indonesia.

Agar lebih fokus dalam mengembangkan bisnis, Anda dapat mempercayakan laporan keuangan perusahaan dengan software akuntansi Jurnal.

Dengan menggunakan aplikasi invoice dan kwitansi maupun aplikasi stock opname dari Jurnal, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kegiatan operasional dan juga administrasi perusahaan.

Temukan info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal di sini.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal