Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

4 Divisi Usaha Ini Bisa Manfaatkan Teknologi untuk Permudah Kerja

Tayang 19 May 2020
Diperbarui 15 Februari 2024

Saat ini, teknologi menjadi hal utama yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai bentuk pekerjaan.

Tak hanya itu, teknologi bahkan mampu memangkas waktu kerja dan mendorong efisiensi di setiap lini usaha.

Efisiensi tentu dibutuhkan saat kondisi krisis yang mewajibkan setiap bisnis berjalan sesuai fungsinya masing-masing.

Bentuknya saat ini tidak hanya mengacu pada penggunaan komputer, internet, media sosial, dan e-commerce.

Istilah teknologi itu sendiri sebenarnya dapat diartikan secara luas sebagai segala entitas, benda, atau sistem terpadu yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menciptakan suatu nilai.

Berikut 4 divisi usaha yang bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memudahkan pekerjaan seperti dikutip aplikasi akuntansi android Mekari Jurnal.

Divisi Sales and Marketing

Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen saat ini, metode pemasaran dan penjualan online menjadi solusi utama untuk meningkatkan omzet usaha.

Persaingan tentu akan semakin tinggi karena setiap pengusaha, baik usaha berskala besar maupun usaha ritel, dapat menggunakan metode sales and marketing secara online dengan mudah dan terjangkau.

Namun, jumlah customer diperkirakan juga akan meningkat dengan mudah.

Khusus untuk divisi sales, pengusaha dapat memanfaatkan teknologi digital berbasis aplikasi penjualan online di beberapa channel, yakni via website, e-commerce, dan media sosial.

Berdasarkan tingkat kesulitannya, pembuatan website lebih rumit dibandingkan bergabung dalam e-commerce maupun membuat akun media sosial.

Namun, ketiganya memiliki peluang yang berbeda-beda pula.

Sementara untuk divisi marketing, pengusaha dapat menjalankan digital marketing dengan memanfaatkan teknologi marketing online melalui media sosial, website, email, advertisement, dan lainnya.

Tak hanya itu, divisi marketing juga bisa memanfaatkan aplikasi pendukung untuk memantau dan mengelola proses pemasaran.

Operasional Produksi

Tidak semua sektor usaha dalam divisi operasional bisa beralih menggunakan teknologi, namun ada sebagian bidang yang dapat mengimplementasikan teknologi secara mudah.

Pada sektor manufaktur misalnya, pengusaha bisa menggunakan mesin yang terhubung dengan teknologi komputerisasi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau biasa dikenal dengan istilah intelligence manufacturing.

Di industri food and beverage, pengusaha bisa memanfaatkan aplikasi layanan antar makanan instan.

Di sektor ritel, pengusaha dapat memanfaatkan teknologi pengelolaan inventory untuk mengatur operasional pengadaan barang.

Anda juga bisa memanfaatkan outlet sebagai gudang dan proses penjualan digeser menggunakan teknologi e-commerce atau channel online lain.

Sedangkan di sektor jasa, teknologi yang bisa dimanfaatkan di divisi operasional yakni penagihan piutang menggunakan teknologi laporan penagihan atau invoicing.

Teknologi pengelolaan inventory dan invoicing bisa terhubung dengan aplikasi accounting pada beberapa teknologi software, salah satunya seperti software akuntansi online Mekari Jurnal.

Jurnal software akuntansi UKM

Divisi Accounting dan Pajak 

Pembuatan laporan keuangan dan penghitungan pajak dapat dialihkan menggunakan software akuntansi online.

Teknologi ini akan memudahkan Anda untuk mengelola laporan keuangan secara lebih akurat dalam waktu singkat.

Terlebih, informasi data keuangan perusahan bisa dipantau secara real time.

Hal itu tentu akan mendorong pertumbuhan bisnis lebih pesat.

Beberapa keunggulan menggunakan software accounting antara lain, terjadi integrasi seluruh data keuangan, dari mulai administrasi hingga menghasilkan laporan keuangan akhir.

Selain itu, Anda dapat mengurangi perhitungan-perhitungan manual yang menghabiskan banyak waktu dan energi.

Data-data keuangan yang tersaji pun memiliki akurasi yang tinggi karena diproses menggunakan teknologi.

Tak hanya itu, Anda juga tidak harus bertemu dengan rekan kerja di satu tempat tertentu untuk mengerjakan laporan keuangan.

Dalam kondisi krisis dan lumpuh aktivitas akibat Pandemi COVID-19, Anda sangat dapat dimungkinkan untuk melakukan work from home karena data dapat dikelola dari mana saja. Anda juga dapat melihat data secara real time.

Divisi Administrasi Umum

Pada divisi administrasi umum, proses kerja administrasi seperti penawaran penjualan, surat jalan, dan pengajuan faktur bisa diintegrasikan dengan software accounting online.

Dengan demikian, staf admin tidak perlu membuat masing-masing data secara terpisah, melainkan melalui satu kesatuan yang saling berkesinambungan.

Penggunaan teknologi pada divisi administrasi umum dapat mengurangi risiko human error karena banyak hal yang bisa dilakukan secara otomatis.

Selain itu, teknologi juga membutuhkan waktu lebih sedikit dalam pembuatan masing-masing data, sehingga menjadi kunci efisiensi dan efektivitas kerja.

Dengan bantuan software accounting seperti Mekari Jurnal, karyawan dapat melakukan tugas lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Sebagai software akuntansi online, Mekari Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Kelola juga stok barang Anda dengan lebih mudah menggunakan program stok barang dari Jurnal.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal