Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Tips Sukses Memiliki Usaha Tanpa Perlu Berutang

Tayang 27 Jun 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Banyak orang yang memiliki ide bisnis tetapi ragu untuk menjalankannya karena takut gagal dengan adanya keterbatasan modal.

Sebenarnya untuk memiliki sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar, hanya perlu keyakinan dan perencanaan yang baik.

Usaha bisa dimulai dengan modal terbatas tanpa harus mengajukan utang ke bank, koperasi, atau lembaga keuangan lainnya asal Anda bersungguh-sungguh dalam mengelola dan menyiasati kondisi keuangannya.

Jika Anda sudah memiliki ide bisnis yang bagus, segeralah merealisasikannya. Lalu bagaimana dengan modalnya? Berikut tips memiliki usaha tanpa perlu berutang.

Rencana yang Matang

Untuk memulai usaha dengan modal yang minim, Anda harus memiliki rencana yang benar-benar matang. Rencana tersebut tidak hanya terdiri dari usaha apa yang akan Anda jalani, tetapi semua hal yang berkaitan dengan bisnis harus terencana dengan baik.

Pastikan Anda memilih usaha yang memiliki peluang besar dan bisa berkembang. Jangan memilih usaha yang hanya biasa saja.

Setelah menentukan usaha apa, tentukan pula di mana Anda akan memulai usaha, kapan waktunya, dan bagaimana pelaksanaannya. Selanjutnya rencanakan berapa besar modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha tersebut.

Siapa yang akan menjalankan usaha juga perlu direncanakan dan bagaimana Anda mengelola keuangan juga harus direncanakan dengan matang. Apakah Anda akan bekerja sendiri, membayar orang untuk mengerjakannya, atau menggunakan aplikasi yang bisa membantu.

Manfaatkan Tabungan

Jika Anda tidak ingin berutang ketika menjalankan usaha, manfaatkanlah tabungan Anda sebagai modal awal bisnis. Tabungan ini bisa digunakan untuk membuka usaha dengan skala kecil atau mikro.

Ketika Anda menggunakan tabungan, jangan sampai Anda menghabiskan semua tabungan sebagai modal karena Anda perlu memiliki dana cadangan untuk berjaga-jaga. Ketika usaha sudah mulai berkembang, Anda juga perlu mengembalikan tabungan tersebut.

Sistem Bayar di Muka Untuk Pre-Order

Jika Anda memiliki sebuah produk yang sangat digemari namun memiliki keterbatasan dana, Anda bisa menunjukkan visualisasi contoh produk terlebih dahulu dan meminta konsumen yang berminat untuk membayar 50% dari total harga.

Hal ini sebagai bentuk ikatan untuk memperoleh produk tersebut melalui sistem pre-order (PO). Dengan adanya pembayaran 50% untuk barang/produk yang akan Anda tawarkan, secara tidak langsung Anda sudah memiliki tambahan modal untuk memproduksi barang tersebut tanpa harus berutang.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Hutang dan Piutang & Tips Cara Mengelolanya

Sisihkan Penghasilan

Tips memulai usaha tanpa berutang selanjutnya adalah menyisihkan penghasilan dari usaha untuk menambah modal. Banyak pengusaha yang susah berkembang karena lupa menyisihkan keuntungan sehingga terpaksa berutang untuk menambah modal.

Jika Anda ingin usaha berkembang tanpa berutang, maka langkah cerdas yang harus dimiliki adalah mengelola keuangan usaha dengan baik. Sisihkan 40% dari keuntungan untuk menambah modal dan membesarkan usaha, jangan menghabiskan seluruh keuntungan untuk keperluan pribadi.

Mencari Partner Usaha

Jika usaha Anda sudah berjalan tetapi kekurangan modal, jangan langsung berpikir untuk mencari utang, tetapi cobalah untuk mencari partner yang mau memberi investasi pada perusahaan yang Anda kelola.

Partner usaha akan membantu Anda menambah modal usaha tanpa perlu berutang dan dapat menanggung risiko usaha bersama-sama.

Namun yang harus dipahami ketika memiliki seorang partner usaha, maka hasil yang didapatkan pun harus dibagi sesuai dengan besaran modal yang dimiliki.

Untuk bisa membagi laba dan mengetahui laporan keuangan dengan baik tentunya Anda membutuhkan sistem pencatatan akuntansi yang mudah, cepat, dan akurat seperti Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mudah digunakan yang memiliki paket fitur produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Dengan menggunakan software laporan keuangan perusahaan dari Jurnal, Anda bisa menghapus kekhawatiran pengelolaan keuangan perusahaan dengan lebih mudah dan dapatkan kemudahan menjalankan usaha tanpa berutang.

Untuk semua informasi penting tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan melalui aplikasi invoice atau software invoice, dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal