Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil

Tayang 03 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Kebutuhan transportasi terlebih di Indonesia menjadi hal pokok bagi orang-orang Indonesia. Hal tersebut menjadikan bisnis atau usaha yang berkaitan dengan sewa/rental mobil atau jasa mobil travel menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak akan pernah mati di Indonesia.

Mulai dari kebutuhan untuk rekreasi hingga kebutuhan bisnis menjadikan mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling dibutuhkan oleh orang-orang Indonesia.

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju menghasilkan lapangan kerja baru yaitu sebagai sopir atau driver taksi online.

Hal inilah yang menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil. Buat Anda yang baru ingin terjun ke bisnis, rental mobil nampaknya bisa jadi pilihan untuk memulai bisnis.

Lalu, bagaimana cara memulainya? Berikut ini merupakan tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil dengan modal usaha kecil.

Kelola Usaha Mikro Kecil Seperti Rental Mobil Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pilih Mobil yang Banyak Diminati untuk Bisnis Rental Mobil

Memulai bisnis atau usaha rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan Anda sewa. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda.

Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV/minibus yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit.

Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya.

Jenis mobil ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha atau bisnis mobil travel.

Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil dan juga kebutuhan.

Baca Juga: Laporan Keuangan untuk Bisnis Showroom Mobil Bekas

Hindari Mobil Bekas untuk Dibeli

Meski harganya jauh lebih murah, hindari membeli mobil bekas untuk memulai usaha rental mobil atau bisnis mobil travel.

Dengan memilih mobil baru, bisnis Anda akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman.

Bukan hanya itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding Anda membeli mobil baru.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Beli Mobil Secara Kredit

Jika membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli mobil secara kredit.

Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya.

Namun, jika modal yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada salahnya juga membeli mobil secara tunai.

Tetapkan Regulasi Usaha Rental Mobil Anda

Regulasi dalam bisnis rental mobil sangat penting. risiko yang ditimbulkan dari penyewa sering terjadi seperti kerusakan dan juga kehilangan mobil. Untuk menghindari hal tersebut, aturlah regulasi penyewaan seperti,

  • Menerapkan surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai;
  • Memberlakukan penahanan Kartu Tanda Penduduk selama masa penyewaan;
  • Memberikan formulir kepada penyewa berisi informasi data pribadi penyewa;
  • Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil Anda.

Jika Bisnis Anda sudah berkembang, Anda juga dapat membangun software aplikasi penyewaan untuk mempermudah dalam menjalankan regulasi bisnis rental mobil Anda.

Baca juga: Laporan Arus kas: Contoh dan Penerapannya 

Daftarkan Mobil ke Perusahaan Asuransi

Menjalankan bisnis apapun termasuk usaha rental atau sewa mobil pasti memiliki risiko bisnis, salah satunya adalah risiko aset. Aset dalam bisnis rental mobil adalah mobil Anda dan juga tenaga pengemudi.

Asuransikan aset bisnis Anda apabila suatu saat terjadi kecelakaan lalu lintas, kerusakan, kehilangan dan juga risiko yang dapat mengganggu kelancaran bisnis rental Anda.

Jika Anda memiliki modal kecil, saat ini beberapa Asuransi memberlakukan premi kecil atau sistem kerjasama dengan badan usaha.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan premi besar untuk mendaftarkan asuransi pada aset bisnis rental mobil Anda

Atur Strategi Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Rental Mobil

ubiklan bisnis atau usaha rental sewa mobil travel

Setelah Anda menginvestasikan aset Anda untuk mobil, langkah selanjutnya adalah mengatur strategi marketing untuk bisnis rental Anda.

Strategi bisnis dapat meliputi siapa target rental Anda dan juga orang-orang yang akan membantu bisnis Anda (People), dimana Anda akan menyewakan (Place), harga yang akan Anda berikan untuk setiap penyewaan (Price), dan juga promotion tools yang akan digunakan dalam strategi Anda.

Strategi bisnis ini juga dapat mengukur seberapa efektif bisnis rental Anda. Strategi marketing dengan modal kecil biasanya hanya menggunakan promotion tools yang sederhana, seperti media sosial, blog dengan domain gratis, dan juga networking.

Ketika bisnis Anda mulai berkembang, Anda dapat memperluas cakupan pasar dengan bekerjasama dengan pebisnis rental lain atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan transportasi pribadi.

Saat ini Anda juga dapat menawarkan penyewaan kepada mitra taksi online sebagai langkah strategis bisnis rental mobil Anda.

Baca juga: Alasan Usaha Rental Mobil Butuh Aplikasi Pembukuan

Kelola Keuangan dengan Baik

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis rental adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Mengelola keuangan terutama pada bisnis rental Anda adalah hal penting.

Anda dapat mengontrol setiap transaksi, termasuk laba-rugi sehingga Anda dapat mengambil keputusan terkait strategi bisnis ke depannya.

Jika Anda tidak terlalu paham bagaimana mengelola keuangan dengan baik, Anda dapat menyewa jasa konsultan atau mengandalkan aplikasi keuangan atau software keuangan untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis rental Anda.

Salah satu software keuangan yang dapat Anda andalkan adalah Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat menjadi solusi keuangan bisnis Anda.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi bisnis ke dalam sistem, dan Jurnal akan secara otomatis memberikan data akurat dan real-time mengenai kondisi keuangan bisnis Anda.

Jurnal sebagai aplikasi pembukuan android juga menyediakan laporan keuangan yang bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis. Selengkapnya mengenai aplikasi nota Jurnal dan fitur lainnya dapat Anda lihat di sini.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaatkan Mobil untuk Pendapatan Tambahan

Saat ini media iklan out-of-home bukan hanya tentang papan reklame atau spanduk. Namun sudah merambah pada objek bergerak seperti mobil.

Tentu hal ini menjadi peluang bagi Anda yang memiliki bisnis rental mobil. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan penyedia layanan yang memungkinkan mobil Anda menjadi wadah iklan.

Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan tersebut untuk menambah pendapatan yang lebih besar dari bisnis rental Anda.

Salah satu-nya adalah Ubiklan. Ubiklan merupakan salah satu perusahaan teknologi berbasis aplikasi dan website yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan mobil Anda menjadi media bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengiklankan produk, acara, atau apapun dengan menggunakan mobil rental yang Anda miliki.

Sekian penjelasan tentang bisnis rental mobil. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam memulai bisnis atau usaha sewa atau jasa mobil travel.

Ikuti media sosial Jurnal untuk informasi lainnya seputar bisnis, keuangan, dan akuntansi. Pelajari juga bagaimana aplikasi surat jalan dan invoice dapat membantu pekerjaan Anda.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal