Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Tips Belajar Internet Marketing Dasar untuk Pemula

Tayang 06 Jun 2023
Diperbarui 13 Oktober 2023

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari internet marketing!

Perkembangan internet yang begitu pesat saat ini mampu membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan.

Hampir semua orang saat ini bergantung pada teknologi yang lebih memudahkan, bahkan sekarang ini orang sudah mulai beralih dari belanja offline menjadi belanja online.

Internet Marketing atau pemasaran melalui internet adalah salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki terutama bagi Anda yang akan berjualan dengan sistem online.

Untuk menjadi internet marketer yang handal memang tidaklah mudah, dibutuhkan pengalaman dan proses yang cukup panjang.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Cara Menjadi Internet Marketing Pemula

Ada berbagai cara yang perlu Anda ketahui agar dapat menjadi seorang internet marketing pemula yang dapat memberikan hasil yang sukses.

Secara umum, berikut beberapa cara menjadi marketing pemula khususnya pada industri internet marketing:

  • Memiliki wawasan yang luas khususnya ilmu marketing.
  • Memiliki penguasaan atau product knowledge yang baik.
  • Memahami kebutuhan pengguna atau calon pembeli.
  • Miliki jaringan bisnis dan relasi yang luas.
  • Ketahui aspek-aspek yang kompetitor miliki.
  • Mampu memetakan customer journey dan sales funnel yang tepat dan akurat.
  • Mampu mengatur dan memanajemen strategi pemasaran yang sudah terencana.

Itulah beberapa cara dan kebutuhan yang perlu Anda penuhi agar dapat menjadi seorang internet marketer pemula.

Namun, jika belum mengetahui bagaimana cara belajar internet marketing dasar untuk pemula, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang.

Berikut beberapa tips mempelajarinya yang efektif dan dapat menjadi acuan dasar dalam belajar marketing online.

Baca Juga: Perbedaan Online Marketing dan Digital Marketing, Apa Saja?

Riset Produk

Dalam ilmu marketing, riset produk adalah kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan pasar, bukan keinginan Anda semata.

Jadi, jika Anda menjual produk yang sedang tren dan dibutuhkan banyak orang, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan profit yang besar.

Untuk mengetahui riset produk, cara yang paling mudah adalah melihat di marketplace besar di Indonesia mana saja produk yang menjadi best-sellernya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk riset produk adalah menggunakan Google Trends. Berikut kita jelaskan cara risetnya:

  1. Cobalah mulai dengan membuka Google Trends, dan pastikan Anda sudah login ke akun gmail.
  2. Kemudian pada kotak pencarian, cobalah masukkan kata kunci produk. Misalnya Anda ingin berjualan sepatu sneakers, maka masukkan kata kunci “sepatu sneakers” dan tekan enter.
  3. Setelah selesai, Anda akan melihat grafik seperti di bawah ini dari hasil kata kunci “sepatu sneakers”.
  4. Silakan amati grafiknya, jika grafik pencarian tersebut stabil berarti produk tersebut pencarian setiap bulannya stabil, tetapi jika grafik pencariannya menurun, lebih baik mencari produk lainnya yang lebih berpotensial untuk di jual.

Riset Persaingan

Setelah produk didapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset persaingan yang ada di pasar untuk mengetahui siapa saja pesaing yang akan Anda hadapi nanti.

Dari riset pasar ini nantinya Anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak Anda bisa mengimbanginya atau memenangkan persaingan bisnis.

Cara termudah melakukan riset persaingan bisnis adalah dengan melihat produk yang akan Anda jual di marketplace.

Riset pesaing juga berguna untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan juga ancaman dari pesaing sehingga Anda juga dapat membandingkan produk dan strategi bisnis pesaing dari aspek-aspek tersebut.

Dalam menentukan harga, Anda bisa menggunakan sistem Leader Pricing yaitu menentukan harga lebih rendah dari harga pasaran dengan keuntungan yang minim agar para konsumen bisa berpindah ke produk yang Anda jual.

Cara ini bisa meningkatkan omzet penjualan, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Membangun Database Konsumen

Langkah penting selanjutnya dalam melakukan internet marketing adalah mengumpulkan dan membangun database konsumen, khususnya consumer insight.

Hal ini berguna untuk memetakan konsumen potensial yang nantinya menjadi target distribusi internet marketing baik konten maupun penawaran.

Membangun database konten berarti juga membangun koneksi karena pada dasarnya internet marketing bukan hanya tentang bagaimana produk bisa dicapai oleh konsumen tapi bagaimana produk dapat disadari dan dikenal oleh konsumen.

memilih media untuk internet marketing

Memilih Media Internet Marketing

Langkah yang  terakhir adalah memilih media internet marketing itu sendiri. Ada banyak pilihan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Berikut ulasannya:

Facebook Marketing

Facebook menjadi social media yang memiliki pengguna aktif terbanyak di dunia saat ini. Tak heran bila Facebook menjadi tempat marketing produk paling menjanjikan.

Anda bisa membuat Facebook Fanpage yang berisi konten menarik agar bisa menaikkan branding dan awareness terhadap bisnis, sehingga omzet penjualan bisa ikut meningkat.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk beriklan, di mana Anda juga bisa menentukan target market sesuai dengan produk yang Anda jual.

YouTube Marketing

Sekarang ini YouTube menjadi situs berbagi video yang paling banyak dikunjungi. Apalagi dengan maraknya paket Internet murah, menjadikan YouTube memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Anda hanya perlu membuat channel berisi video ulasan produk Anda, Profil bisnis, atau konten-konten yang berkaitan dengan produk Anda kemudian unggah ke YouTube.

Untuk menaikkan viewers, Anda dapat membagikan video Anda ke berbagai social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, Google Plus, atau bahkan menggunakan layanan iklan YouTube.

Baca Juga: Strategi Video Marketing: Jenis, Teknik, dan Langkah Membuatnya

Website Marketing

Website merupakan media yang paling efektif untuk menjalankan strategi marketing secara online. Dari sisi penjualan bisa lebih meningkat dan mampu menaikan brand bisnis yang Anda miliki.

Dengan adanya website, konsumen dapat melihat segala produk yang Anda miliki dan melihat kualitas dari brand apakah dibuat secara asal-asalan atau secara profesional.

SEO Marketing

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik marketing di mana Anda mampu mengoptimalkan mesin pencarian sebagai media cakupan bisnis Anda.

Semakin bisnis Anda berada di halaman pertama dan peringkat satu dalam mesin pencarian, maka Semakin besar kesempatan Audiens dapat mengenal bisnins Anda.

Ada tiga komponen utama dalam SEO yaitu riset keyword, on-page, dan off-page optimization.

Baca juga: SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Content Marketing

content marketing merupakan strategi paling efektif sebagai media internet marketing

Content is a king. Anda tidak perlu menggunakan cara tradisional dengan melakukan iklan secara terang-terangan.

Jika Anda sedang melihat televisi kemudian melihat iklan pastinya Anda akan kurang suka kemudian mengantinya ke saluran televisi yang lain, begitu juga di dunia internet marketing, orang akan pindah ke website lain jika menemukan iklan secara terang-terangan.

Solusinya yaitu dengan content marketing. Pemasaran dengan memanfaatkan konten tidak akan langsung menjual dari produk yang Anda miliki, tetapi menjual nilai manfaat dan kegunaan dari produk yang dimiliki dengan disajikan berupa artikel, audio, video, dan presentasi.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai tips langkah-langkah belajar internet marketing untuk pemula yang bisa Anda jadikan acuan.

Jika Anda berhasil mengimplementasi tips-tips di atas, maka Anda sudah pasti dapat mengembangkan wawasan pada bidang ilmu marketing khususnya online dan digital.

Sebagai internet marketer pemula, tentunya Anda sudah memiliki kualifikasi untuk menyusun strategi marketing.

Dengan menggunakan strategi yang tepat, maka profit yang didapat akan meningkat.

Setelah proses online marketing berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Dengan strategi marketing yang baik dan pengelolaan keuangan yang baik maka bisnis pun akan semakin berkembang.

Salah satu strateginya  adalah dengan menggunakan software yang dapat menunjang pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola masalah keuangan bisnis Anda.

Melalui Mekari Jurnal, Anda bisa melakukan pencatatan, pengecekan, dan penyimpanan data keuangan di mana pun dan kapanpun. Anda juga dapat melakukan pengelolaan stok barang langsung dalam satu platform.

Untuk informasi tentang fitur lainnya silakan Anda kunjungi Jurnal.id dan dapatkan free trial 14 hari untuk pengguna baru.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal