Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Persiapkan 3 Jenis Modal Usaha Ini Untuk Membuka Suatu Bisnis

Tayang 09 May 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Berikut adalah 3 jenis modal usaha untuk membuka suatu bisnis. Apa saja? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini!

Ingin menjadi seorang pengusaha? Ya, menjadi seorang pengusaha merupakan keinginan banyak orang pada saat ini.

Hal ini karena melihat kesuksesan orang-orang yang sekarang banyak terekspose menjadi pengusaha kaya.

Terlebih, sekarang banyak media dan aplikasi bisnis online seperti e-commerce yang sangat membantu membuat orang-orang  menjadi seorang pengusaha.

Selain itu, para pemuda yang katanya ‘anak zaman now’ memiliki karakteristik tipe orang yang suka berinovasi, serta mengambil risiko akan hal baru. Maka pilihan menjadi seorang pengusaha sangat diminati sekarang.

Namun, untuk menjadi seorang pengusaha tidaklah semudah yang dipikirkan, Anda harus bekerja keras dan mempunyai mental yang kuat agar menjadi pengusaha yang berhasil.

Selain itu juga banyak modal yang perlu Anda persiapkan untuk membuka suatu bisnis. Sehingga Anda akan siap untuk terjun ke dunia wirausaha.

Untuk menjadi seorang pengusaha, modal berupa uang dan pengetahuan memang diperlukan tetapi itu bukan lah hal yang terpenting.

Berikut 3 Jenis Modal Usaha Penting Untuk Membuka Suatu Bisnis

Menurut Rahyono (2011), terdapat modal yang lebih penting dan lebih mendukung keberhasilan suatu usaha, adalah modal kepribadian, modal kreativitas dan modal profesionalisme.

Apa itu? Mungkin Anda baru mendengarnya, berikut akan diuraikan mengenai penjelasan ketiga jenis modal tersebut.

Modal Kepribadian

Yang dimaksud dengan modal kepribadian di sini yaitu Anda harus menyadari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, mengetahui apa yang menjadi hobi, pengendalian emosi yang baik, memiliki empati yang tinggi dan juga motivasi yang tinggi.

Motivasi akan membantu Anda untuk terus bertahan dan berjuang.

Perlu Anda ketahui, modal kepribadian bukanlah sebuah jenis modal usaha warisan dari orang tua, Anda harus menyadari dan terus berlatih, dan melalui semua tahapan proses yang dapat menjadi pembelajaran.

Memahami dengan benar kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri tetapi ingat Anda juga tidak boleh tinggi hati atas kelebihan yang dimiliki.

Menurut penelitian, Cuningham menyebutkan 49% kunci keberhasilan usaha ditentukan oleh kepribadian pemiliknya, dan 17% berhubungan dengan pelanggan.

Dari penjelasan diatas, dapat kita ringkas bahwa modal kepribadian adalah suatu kegiatan penguasaan diri. Sehingga Anda harus dapat membawa diri pada hal yang positif.

Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat dan sangat diperlukan untuk keberhasilan usaha Anda.

Persiapkan 3 Jenis Modal Usaha Ini Untuk Membuka Suatu Bisnis

Modal Kreativitas

Seperti yang kita ketahui, di dalam bisnis persaingan usaha begitu ketat dan kompetitor pasti memiliki strategi untuk memajukan bisnis mereka masing-masing.

Sehingga sebagai seorang pengusaha nantinya, Anda harus dapat bersaing dengan kompetitor untuk memenangkan pasar.

Salah satu jenis modal usaha penting yang dapat digunakan untuk bersaing adalah kreativitas.

Kreativitas sangat penting didalam dunia bisnis, apalagi jika Anda sedang memiliki keterbatasan.

Melalui modal kreativitas, Anda dapat menciptakan sebuah penemuan baru, tentunya yang memiliki nilai orisinalitas dan keunikan yang dapat menjadi ciri dari produk atau bisnis Anda.

Bagaimana cara memperoleh modal kreativitas? Menurut ahli, kreativitas dapat diperoleh dengan cara berlatih.

Beberapa kegiatan yang dapat melatih kreativitas Anda adalah seperti berlatih berpikir kreatif dengan cara bermain game, mencoba sesuatu yang baru, berpikir metafora.

Ada pula teori yang dapat Anda pakai yaitu teori SCAMPER. Teori SCAMPER merupakan kegiatan substitusi, modifikasi, analog, magnifi, put other use, eliminasi, reverse.

Misalnya Anda ingin membuat sebuah produk, maka Anda dapat mengambil produk lama atau produk orang, kemudian Anda dapat melakukan modifikasi-modifikasi atas produk tersebut sehingga dapat memberikan nilai tambah.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Modal Profesionalisme

Jenis modal usaha yang tidak kalah pentingnya yaitu profesionalisme.

Profesionalisme yang dimaksud disini adalah profesionalitas dalam bidang pelayanan yang diberikan kepada pembeli dan profesionalitas perusahaan untuk menciptakan produk.

Jadi modal profesionalisme ini menentukan pelanggan potensial.

Sebagai contoh penerapannya, misal A membeli sekali kemudian A merasa puas maka A akan terus membeli dan membeli lagi, setelah itu A akan berubah menjadi pelanggan yang selanjutnya berkembang lagi menjadi pelanggan yang loyal.

Dengan demikian bisnis Anda menjadi berkembang dan maju karena penjualan terus berjalan, laba pun dapat diperoleh dengan mudah.

Profesionalitas dapat dicapai dengan cara mengerjakan dengan teliti, memahami keseluruhan proses dan memiliki pengawasan yang baik.

Oleh karena itu, sebagai seorang calon pengusaha Anda harus berpikir tentang perencanaan yang matang, kemudian mengeksekusi rencana dengan teliti, baik, benar sehingga hasil yang didapatkan berstandar tinggi.

Dengan memiliki modal kepribadian, kreativitas, dan profesionalitas yang baik, Anda akan mendapatkan keunggulan dan kemudahan dalam mencapai cita-cita Anda sebagai seorang pengusaha yang sukses.

Akan lebih baik juga jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan lain.

Dukung Pengelolaan  3 Jenis Modal Usaha Atau Bisnis Tersebut Dengan Bantuan Aplikasi Mekari Jurnal

Untuk mendukung kemajuan bisnis Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal yang juga merupakan aplikasi pengatur keuangan.

Baik, Saya Mau Coba Fitur Laporan Keuangan Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Dijelaskan kalau Jurnal merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dengan berbagai macam fitur akuntansi di dalamnya.

Coba fitur laporan keuangan dan bisnis untuk keputusan bisnis lebih cepat dan akurat

Jurnal juga dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan koneksi internet.

Manfaatkan juga fitur aplikasi jurnal terkait inventory barang berbasis web untuk kemudahan Anda dalam mengelola inventory.

Dipastikan dengan menggunakan aplikasi komputer akuntansi Jurnal dapat menjadi solusi untuk membantu Anda dalam melakukan proses akuntansi perusahaan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Jurnal melalui halaman website kami.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal