Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pentingnya Memahami Peran Akuntansi Keuangan di Dalam Bisnis

Tayang 13 Jul 2018
Diperbarui 01 November 2023

Sudah kita ketahui bersama bahwa akuntansi bukanlah kegiatan produktif yang bisa menghasilkan laba untuk perusahaan.

Manajemen dan investor tidak dapat mengharapkan laba yang dihasilkan oleh perusahaan semata-mata hanya dari kegiatan akuntansinya.

Namun, tidak berarti bahwa peran akuntansi di dalam perusahaan menjadi diabaikan.

Akuntansi memberikan kontribusi yang besar untuk memajukan perusahaan.

Sebelum membahas peran dan arti penting akuntansi keuangan lebih jauh, sebaiknya Anda dapat menjawab pertanyaan mengenai mengapa akuntansi diperlukan dan siapa yang menerima manfaat dari akuntansi?

Dengan kata lain, Anda harus memahami dahulu fungsi akuntansi di dalam perusahaan.

Menurut Harnanto (2002), dari segi fungsinya akuntansi akuntansi dapat dibedakan menjadi suatu aktivitas jasa atau suatu sistem informasi.

Berikut akan dijelaskan mengenai kedua peran atau fungsi tersebut:

Baca juga: Contoh Jurnal Umum Beserta Tahapan Pembuatannya

Akuntansi Sebagai Aktivitas Jasa

Sebagai suatu aktivitas jasa, akuntansi mengumpulkan dan mengolah data transaksi perusahaan untuk memenuhi beberapa hal seperti:

a. Kebutuhan pihak ekstern akan informasi keuangan yang menyangkut perusahaan dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan

b. Kebutuhan pihak intern atau manajemen akan informasi yang diperlukan untuk membuat perencanaan, melaksanakan, dan mengendalikan operasi perusahaan.

Oleh karena itu agar akuntansi menjalankan fungsinya dengan baik, Anda harus mengetahui tipe informasi yang diperlukan.

Untuk menjalankan fungsinya sebagai aktivitas penyedia jasa, berhasil atau tidaknya aktivitas akuntansi dalam suatu perusahaan dapat diukur berdasarkan tipe, kuantitas, dan kualitas informasi yang dihasilkan dan disajikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Secara garis besar, pihak yang berkepentingan dengan eksistensi perusahaan dikelompokan kedalam dua kategori, yaitu:

a. Pertama, pihak intern, seperti manajemen.

B. Kedua, pihak ekstern seperti investor, kreditor, pemerintah dan masyarakat.

Di mana, masing-masing pihak memerlukan informasi keuangan yang berbeda, karena kepentingan mereka juga berbeda terhadap perusahaan baik dari segi tipe, waktu maupun frekuensinya.

Baca juga : Memahami Dasar Dasar Akuntansi Untuk Pemula

Akuntansi Sebagai Suatu Sistem Informasi

Akuntansi mengidentifikasi, mengukur, dan mengomunikasikan informasi keuangan yang menyangkut suatu entitas untuk membuat suatu keputusan.

Oleh sebab itu, tugas utama akuntan adalah memberikan informasi untuk membantu para pemakai untuk membuat keputusan.

Keputusan-keputusan ekonomi tersebut menentukan bagaimana sumber ekonomi yang terbatas jumlahnya dialokasikan untuk kepentingan perusahaan.

Sebagai suatu sistem informasi akuntansi membantu masyarakat dalam menentukan jenis dan kuantitas barang dan jasa apa yang harus disediakan; berapa banyak barang atau jasa yang harus disediakan; kapan barang dan jasa harus disediakan, dan sebagainya.

Akuntansi berhubungan dengan beberapa disiplin ilmu lain, seperti ilmu ekonomi, manajemen, keuangan, psikologi, komunikasi, teknik, dan seterusnya.

Dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dari ilmu yang lain, akuntan dapat mengetahui dan memahami bagaimana para pemakai laporan keuangan memproses informasi akuntansi dan bagaimana informasi akuntansi mempengaruhi keputusan mereka.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Setelah memahami pentingnya peran akuntansi keuangan dalam bisnis Anda, maka sekarang saatnya Anda mengelola keuangan bisnis dengan baik dan benar.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan Jurnal software akuntansi online. Jurnal dapat membantu Anda dalam mengatur laporan keuangan dengan aplikasi keuangan perusahaan.

Jurnal membuat hidup lebih mudah dengan laporan instan, dapat membantu Anda membaca laporan keuangan di mana saja dan kapan saja.

Sangat penting untuk memantau kondisi keuangan secara realtime demi masa depan bisnis Anda, dilengkapi juga dengan fitur invoice online Indonesia dan aplikasi kas masuk dan keluar.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan dapatkan free trial hingga 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal