Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

5 Kesalahan Marketing yang Sering Dilakukan dalam Perusahaan

Tayang 27 Jul 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Menyusun strategi marketing untuk keperluan promosi bisnis serta mendapatkan penjualan adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele.

Dalam sebuah bisnis, marketing dan sales ibarat kaki yang berjalan beriringan untuk membawa pikiran atau suatu ide ke tujuan akhirnya, dalam hal ini adalah penjualan dan keuntungan.

Tidak jarang, fungsi utama dari marketing dan sales ini mengalami pergeseran akibat kesalahan-kesalahan yang mungkin bahkan masih dilakukan.

Berikut ini adalah konsep kesalahan marketing menurut Priscila (2016) yang mungkin masih terjadi dalam perusahaan Anda.

Memasarkan yang Belum Anda Wujudkan

strategi marketing FOMO
Hal ini sama halnya dengan sebuah kampanye produk yang bersifat fiktif dan memberi harapan palsu.

Memasarkan sesuatu yang belum tersedia, sebenarnya termasuk ke dalam kesalahan mendasar dalam marketing.

Kampanye marketing yang sukses akhirnya akan berlalu dengan percuma karena tidak sejalan dengan operasi yang menampung serta memenuhi permintaan yang mulai berdatangan, entah itu dari segi karyawan yang tidak memenuhi kualifikasi maupun produk yang belum tersedia.

Konsumen akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan nama brand serta kredibilitas marketing dan sales menjadi buruk.

Tidak Memiliki Penyusunan Strategi yang Matang

Percaya penuh bahwa produk yang Anda hasilkan adalah produk terbaik adalah sah-sah saja. Tetapi bahkan sebuah produk yang baik tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sebuah strategi pemasaran yang matang.

Anda harus mengetahui semua hal tentang target market dan segmentasi pasar yang ingin dituju oleh produk tersebut.

Mengetahui siapa yang akan membeli produk Anda, berapa besar keuangannya, apa kesukaannya, apa saja profesinya, dan sebagainya.

Hal ini adalah sangat penting untuk sebuah proses segmentasi yang relevan dan pemasaran yang tepat.

Ingat meski produk Anda adalah yang terbaik, Anda bukanlah pilihan satu-satunya.

Tidak Konsisten dengan Brand

Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing
Branding adalah segalanya. Jangan pernah mengubah posisi brand perusahaan yang Anda wakili karena tipe audience yang berbeda-beda, pergantian tools marketing atau lewat presentasi Anda.

Hal ini akan membuat brand Anda dianggap tidak memiliki konsistensi. Samakan versi yang Anda pahami mengenai brand dengan versi asli dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand Anda agar calon customer tidak kebingungan.

Marketing yang Tidak Terintegrasi dengan Usaha Penjualan

Memahami Dasar-Dasar Search Engine Marketing
Memiliki program atau materi marketing yang baik tanpa adanya keterkaitan dengan proses penjualan dan ritme pekerjaan tim sales adalah kesalahan lain yang umum dilakukan oleh para marketer.

Usaha dan budget yang dikerahkan untuk membuat program marketing terkadang menjadi sia-sia karena tidak adanya komunikasi dengan tim sales mengenai cara penjualan yang ingin diimplementasikan.

Buatlah komunikasi sehat tentang semua proses marketing yang harus dijalankan, buatlah kesamaan visi agar proses marketing berjalan lancar.

Tidak Menggunakan Marketing Mix Secara Efektif

7 Konsep Marketing Mix yang Harus Anda Ketahui untuk Mengembangkan Bisnis
Terlalu berfokus hanya pada satu sistem marketing untuk melakukan promosi hanya akan mendatangkan sedikit prospek menjanjikan. Berbeda dengan jika Anda mengimplementasikan marketing mix.

Menggunakan strategi marketing mix sama halnya dengan memanfaatkan berbagai cara marketing yang tersedia untuk membuka kesempatan lebih banyak dalam mendatangkan prospek penjualan.

Tanpa menggunakan marketing mix, Anda membatasi perspektif konsumen mengenai brand Anda serta perspektif Anda sendiri mengenai jenis marketing apa yang paling sesuai dengan brand perusahaan.

Dengan memahami artikel tentang kesalahan strategi marketing di atas, diharapkan seorang marketer perusahaan mampu menjalankan fungsinya secara maksimal untuk memasarkan produk perusahaan hingga terjadi peningkatan penjualan secara signifikan.

Tentunya untuk mendukung proses pelaksanaan strategi marketing yang baik akan dibutuhkan pembiayaan yang harus diperhitungkan perusahaan.

Jurnal, sebuah software akuntansi online terpercaya, akan menjadi mitra terpercaya untuk pengelolaan pembiayaan bagi program marketing.

Dengan Jurnal, dapatkan dukungan untuk memiliki laporan keuangan dan penghitungan biaya, secara aman, akurat dan terpercaya.

Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di aplikasi stok gudang. Pelajari juga bagaimana mengelola dan mengatur inventory Anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory barang.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal