Home / Blog / Business & Economy

Sistem Ekonomi Campuran: Komponen, Keuntungan dan Kerugian

sistem ekonomi campuran
Daftar isi
Mode

Sistem perekonomian yang dianut oleh tiap-tiap negara jelas sangat bervariasi tergantung kebutuhan dan kebijakan pemerintah dan badan terkait. Salah satu sistem perekonomian yang akan dikupas berikut ini adalah Sistem Ekonomi Campuran.

Dalam suatu badan perekonomian, terdapat sistem pasar dari alokasi sumber daya manusia dan perdagangan di mana kebijakan pasar bebas jalan berdampingan dengan intervensi dari pemerintah.

Implikasinya, Sistem Ekonomi Campuran dapat muncul ketika pemerintah mengintervensi mekanisme pasar bebas dengan membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peraturan-peraturan, subsidi, tarif dan kebijakan pajak.

Definisi lainnya, Sistem Ekonomi Campuran adalah sistem yang menggabungkan karakteristik pasar, kebijakan dan ekonomi tradisional.

Sistem ini juga memiliki beberapa karakteristik kebijakan ekonomi di bidang strategis. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah dapat melindungi rakyat dan mekanisme pasarnya.

Ditarik dari sejarahnya, Sistem Ekonomi Campuran memiliki komponen-komponen yang teralokasi di dalam lembaga publik, lembaga swasta, eksekutif, legislatif, yudikatif dan kebijakan-kebijakan.

Tidak ada seperangkat komponen ekonomi yang ideal, standar atau khas.

Komponen-komponen yang teralokasi tersebut dapat termasuk subsidi pemerintah, biaya, pajak, program dan peraturan, BUMN, jaminan sosial atau program kesehatan nasional.

Keuntungan Sistem Ekonomi Campuran

  • Pendistribusian barang dan jasa ke tempat yang paling dibutuhkan. Hal ini juga membuat harga memengaruhi tingkat penawaran dan permintaan.
  • Memberikan keuntungan kepada produsen yang berhasil menciptakan efisiensi dalam bisnisnya. Hal ini juga berarti pelanggan mendapatkan nilai atau pelayanan terbaik untuk setiap harga yang mereka bayar.
  • Mendorong inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih kreatif, murah dan efisien.
  • Mengalokasikan modal kepada produsen yang paling inovatif dan efisien secara otomatis.
  • Sistem Perekonomian Campuran juga meminimalisir kerugian dari mekanisme ekonomi pasar. Ekonomi pasar dapat mengabaikan bidang-bidang seperti pertahanan, teknologi dan kedirgantaraan. Peran pemerintah yang lebih besar memungkinkan mobilisasi cepat ke daerah-daerah prioritas ini.
  • Perkembangan ekonomi akan cenderung berjalan dengan lebih cepat karena adanya persaingan bebas yang nantinya akan membuat banyak variasi produk muncul di pasaran dengan detail yang berbeda-beda.

Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

  • Jika proporsi “kebebasan” dalam mekanisme pasar terlalu besar, itu dapat membuat produsen yang kurang kompetitif semakin tertinggal tanpa dukungan pemerintah.
  • Pemerintah memiliki tanggungjawab yang lebih besar dibandingkan pihak swasta.
  • Perencanaan industri yang terpusat oleh pemerintah juga dapat menciptakan masalah. Sebagai contoh, industri pertahanan dapat menjadi bersifat monopolistik atau oligarki dan disubsidi pemerintah. Itu dapat membuat negara mempunyai banyak utang dan memperlambat pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.
  • Pihak swasta tidak dapat memaksimalkan keuntungannya karena ada intervensi dari pemerintah.
  • Meskipun pemerintah berperan aktif dalam perekonomian, tetapi tetap saja masalah ekonomi terjadi, seperti inflasi, pengangguran dan lainnya.
  • Pertumbuhan ekonomi cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal.
  • Pembatasan sumber produksi yang dimiliki oleh pemerintah serta swasta sulit ditentukan.
  • Pemerataan pendapatan cukup sulit untuk diwujudkan.

Kesimpulan

Pembuatan kebijakan publik dalam Sistem Ekonomi Campuran harus dapat menyeimbangkan perhatian kepada kebebasan individu dalam berbisnis dengan kebutuhan akan masyarakat secara adil.

Menyeimbangkan perhatian tersebut dengan integritas dan hukum prosedural membutuhkan partisipasi dari berbagai segmen sosial khususnya dari para pemangku kepentingan (stakeholders) secara aktif dan dinamis demi terciptanya sistem ekonomi yang adil dan sesuai.

Oleh karena itu, keberhasilan sistem ekonomi campuran bergantung pada integritas dukungan pemerintah dan segmen sosial tersebut terkait prinsip-prinsip etika belas kasih, empati dan penghormatan terhadap hak individu dan minoritas.

Tanpa dukungan semacam itu, sistem ekonomi campuran dapat berubah menjadi sistem pemerintahan koersif yang dimanipulasi oleh para pemangku kepentingan yang mendominasi.

Sebagai akuntan yang juga termasuk pelaku ekonomi, Anda harus “melek” dan paham mengenai jenis-jenis sistem ekonomi yang diterapkan di negara-negara yang berbeda sebagai faktor eksternal.

Dengan memahaminya, Anda dapat memutuskan kebijakan terkait jalannya perusahaan Anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor eksternal tersebut.

Selain faktor eksternal, tentunya Anda harus memikirkan faktor internal, dimana salah satu hal penting adalah persiapan laporan keuangan.

Dengan Mekari Jurnal, Anda dapat mengatur pelaporan keuangan mingguan perusahaan Anda dengan mudah.

Mekari Jurnal adalah program akuntansi online yang menyediakan berbagai fitur-fitur terkait pencatatan sampai pelaporan keuangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi catatan keuangan Mekari Jurnal, silahkan kunjungi laman website kami.

Manfaatkan juga aplikasi inventory barang berbasis web untuk membantu pekerjaan Anda.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami