Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

7 Cara Mudah Bergabung dengan Usaha Waralaba Modern Retail

Tayang 25 May 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Bagaimana cara bergabung dengan usaha waralaba modern ritel (retail)? simak beberapa tips yang bisa Anda persiapkan untuk memulai bisnis ini!

Kemunculan usaha waralaba, termasuk waralaba modern retail dalam beberapa tahun belakangan ini berkembang semakin pesat di tengah masyarakat. Tidak hanya di kota besar, tetapi sudah masuk ke pinggiran kota.

Dengan adanya sistem waralaba, bisnis modern retail menjadi lebih cepat berkembang.

Syarat untuk bergabung dengan waralaba modern retail ini pun sangat mudah, sehingga membuat bisnis ini menjamur hingga ke pelosok Indonesia.

Peluang bisnis dengan sistem waralaba retail ini juga cukup menjanjikan. Banyak orang memulai bisnis waralaba retail sebagai sampingan dan kemudian menjadi sumber penghasilan tetap.

Keuntungan yang ditawarkan juga cukup tinggi, tergantung dari berapa banyak produk yang berhasil dijual.

Selain itu, masyarakat Indonesia kini lebih memilih berbelanja ke modern retail dibandingkan ke warung biasa. Hal ini menjadikan modern retail sebagai usaha waralaba yang potensial dan patut dicoba.

Untuk Anda yang ingin bergabung dengan usaha waralaba modern retail ada beberapa hal yang harus disiapkan, berikut pembahasannya.

Kelola bisnis trading dan distribusi secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Cara Mudah Bergabung dengan Usaha Waralaba Modern Ritel

Dengan suksesnya bisnis waralaba retail yang terdapat di Indonesia, tidak ada salahnya jika Anda juga ingin mencoba bisnis tersebut. Waralaba retail juga salah satu peluang bisnis yang cukup mudah dilakukan.

Alasannya adalah karena waralaba retail sudah memiliki produk yang harus dipasarkan. Anda tidak perlu melakukan riset pasar atau jenis produk yang harus dibangun.

Untuk Anda yang berencana membuat bisnis waralaba retail, berikut 7 cara mudah bergabung dengan usaha waralaba modern retail dan penjelasannya:

Mempersiapkan Dokumen

Dokumen menjadi syarat wajib yang pertama untuk bisa bergabung dengan usaha waralaba modern retail. Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Anda.

Dokumen ini akan digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan adalah Warga Negara Indonesia (WNI) asli. Untuk melengkapi dokumen tersebut bukanlah hal yang sulit, karena seluruh masyarakat Indonesia pasti memilikinya.

Memiliki Lokasi Strategis

Setelah dokumen, tahap selanjutnya adalah menyiapkan lokasi untuk membuka usaha waralaba ini.

Dalam pemilihan lokasi haruslah tepat dengan target pasarnya, usahakan berada di dekat jalan raya, dekat dengan tempat tinggal penduduk, dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, sekolah, dan bisa dijangkau mobil.

Untuk luas lokasi haruslah minimal memiliki luas 120-200 meter persegi.

Baca Juga : Strategi Agar Produk UKM Diterima Oleh Retail Modern

Mengurus Surat Kelengkapan Usaha Waralaba Ritel

Langkah ketiga adalah mengurus surat kelengkapan usaha untuk waralaba modern retail. Beberapa surat atau dokumen yang dibutuhkan diantaranya Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Perusahaan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Perlu dicatat, jika lokasi yang Anda tentukan digunakan untuk usaha komersil, maka dalam IMB harus dituliskan untuk usaha komersil, jangan menggunakan IMB rumah/tempat tinggal untuk usaha waralaba modern retail.

Hal ini jelas-jelas menyalahi aturan dan menyebabkan usaha waralaba Anda bisa disegel atau disita.

Menyiapkan Modal untuk Investasi Usaha Waralaba Ritel

Modal yang harus dipersiapkan untuk bisa bergabung dengan pihak waralaba modern retail dengan membuka toko baru pada kisaran 200-300 juta dengan rincian kurang lebih sebagai berikut:

a. Franchise fee selama 5 tahun.

b. Persiapan dan promosi gerai baru.

c. Biaya renovasi dan penambahan alat listrik.

d. Pembelian peralatan elektronik dan non elektronik.

Jumlah biaya akan berbeda-beda setiap usaha modern retail dan setiap wilayahnya. Perlu diketahui bahwa sewa gedung atau ruko belum termasuk dalam biaya di atas.

Baca juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Mendaftar Melalui Call Center

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar melalui Call Center modern retail yang Anda pilih, atau bisa juga langsung membuka website-nya untuk mengunduh formulir pendaftaran.

Jika semuanya telah selesai, Anda hanya perlu menunggu tim survei dari pihak waralaba modern retail datang dan memastikan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi.

Tahap Presentasi

Setelah tim survei selesai mengecek semua persyaratan dan dianggap memenuhi, tim verifikator akan melakukan 2 tahapan presentasi.

Presentasi tahap pertama adalah dengan menjelaskan mekanisme kerja sama antar kedua belah pihak, besarnya dana investasi, sistem operasional, dan keuntungan yang akan didapat.

Pada presentasi tahap pertama ini, Anda diharapkan untuk membawa dokumen persyaratan dan surat kelengkapan usaha. Untuk presentasi tahap kedua akan diberikan hasil kelayakan dari survei, besaran investasi yang dibutuhkan, dan total anggaran belanja.

Pada tahap kedua ini juga dilakukan penandatanganan kontrak kerja sama antar dua belah pihak dengan nota kesepakatan (MOU).

usaha waralaba ritel

Pembukaan Toko untuk Usaha Waralaba Ritel

Setelah semua tahapan terpenuhi, hal yang terakhir adalah pembukaan toko.

Pada tahap ini biasanya akan diadakan promosi-promosi menarik yang tujuannya untuk menarik minat pelanggan baru.

Pada saat dibuka inilah mulai ditandatangani kontrak kerja sama selama 5 tahun.

Saat kontrak habis, akan dilakukan evaluasi apakah kedepannya layak di perpanjang atau diputus kontrak karena kurang menguntungkan.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 cara bergabung usaha waralaba modern retail dengan mudah yang bisa Anda lakukan.

Jika memiliki modal, Anda perlu mencoba bisnis waralaba modern retail ini karena memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan.

Pelajari bagaimana proses pemasaran suatu produk juga agar lebih memudahkan Anda dalam mengelola bisnis retail.

Jika Anda sudah memiliki lokasi yang strategis dan potensial untuk digunakan sebagai lokasi waralaba retail Anda, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambahan yang pas untuk memulai bisnis waralaba retail.

Baca Juga : Cara Pembukuan Simple untuk Bisnis Retail Sempurna

Setelah bergabung dengan usaha ini, Anda juga harus mulai mencatat seluruh keuangan yang Anda keluarkan dan Anda dapatkan.

Jurnal adalah penyedia software akuntansi terbaik yang dapat membantu usaha waralaba Anda semakin berkembang dengan pola pengaturan keuangan yang baik, mudah, simpel, dan aman.

Dapatkan semua informasi mengenai aplikasi stock opname dari Jurnal dan fitur-fiturnya, termasuk aplikasi akuntansi online dan daftarkan usaha waralaba Anda sekarang juga untuk nikmati free trial hingga 14 hari.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal