Mekari Jurnal
Daftar Isi
12 min read

Fungsi Penting Marketing dalam Perusahaan yang Jarang Anda Ketahui

Tayang 19 May 2018
Diperbarui 09 Januari 2024

Apa yang dimaksud dengan marketing? Marketing adalah salah satu kegiatan yang paling penting dalam perusahaan. Apa saja definisi, tujuan, fungsi, dan tugas dari marketing di sebuah perusahaan? Simak artikel ini.

Ibarat perang, marketing adalah pasukan terdepan dalam sebuah peperangan.

Di dalam perusahaan, marketing menjadi salah satu divisi yang memiliki tugas penting dalam menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan.

Meski demikian, divisi marketing tidak bisa berdiri sendiri, masih ada keterkaitan hubungan dengan divisi lain dalam perusahaan seperti divisi riset, produksi, pengembangan, sumber daya manusia, dan divisi keuangan.

Bagi Anda yang kurang memahami apa itu definisi marketing, fungsi, dan bagaimana tugas mereka, di bawah ini akan kami bahas satu per satu.

Pengertian Marketing Adalah

Apa yang dimaksud dengan marketing?

Definisi Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.

Definisi lain dari marketing bisa disebut sebagai beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli oleh konsumen.

Marketing memang dekat dengan dengan kehidupan sehari-hari, karena marketing ditugaskan di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sampai-sampai karena banyaknya produk yang dipromosikan oleh seorang marketing membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan mana produk yang adalah terbaik.

Saat ini, marketing adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya.

Banyak perusahaan menggunakan teknik marketing untuk mencapai tujuan mereka tanpa menyadarinya.

Banyak yang masih tidak tahu persis apa itu yang dimaksud dengan marketing.

Ketika ditanya, mereka mendefinisikannya sebagai penjualan atau periklanan. Meskipun jawaban-jawaban ini tidak salah, mereka hanyalah bagian dari strategi pemasaran.

Marketing melibatkan banyak hal lain seperti distribusi produk, promosi, perancangan dan pembuatan materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, membangun pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar dan menetapkan pasar sasaran, dan banyak lagi.

Fungsi Marketing Perusahaan

Berikut adalah beberapa fungsi marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui:

1. Fungsi Pertukaran

Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk  dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.

Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara.

Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.

3. Fungsi Perantara

Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketing lah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.

4. Fungsi Lain Dari Marketing

Fungsi lain dari marketing adalah tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Marketing Sales. Tugas utama seorang marketing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.
  • Marketing Promosi. Marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.
  • Marketing Riset dan Pengembangan. Marketing memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.
  • Marketing Communication. Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.

Kelola Pembukuan Online Shop Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tugas Marketing

Selain memiliki definisi dan fungsi, marketing memiliki tugas utama yang harus dilakukan agar bisnis tetap bisa berjalan.

Berikut adalah tugas seorang marketing adalah:

  1. Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
  2. Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
  3. Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
  4. Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
  5. Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

4 Tahapan dalam Marketing

pengertian fungsi jenis marketing adalah

Perusahaan harus melalui beberapa tahapan marketing untuk memastikan produk atau layanan mereka siap untuk dijual.

1. Ideation

Marketing dimulai saat Anda mengembangkan ide untuk produk atau layanan.

Sebelum meluncurkan produk atau layanan, Anda harus memutuskan apa yang Anda jual, berapa banyak pilihan yang tersedia, dan bagaimana itu akan dikemas dan disajikan kepada konsumen.

2. Riset dan Pengujian

Sebelum Anda dapat mempublikasikan ide Anda, Anda harus melakukan riset dan pengujian pemasaran.

Departemen pemasaran biasanya menguji konsep produk baru dengan kelompok fokus dan survei untuk mengukur minat konsumen, menyempurnakan ide produk, dan menentukan harga yang akan ditetapkan.

Meneliti pesaing Anda dapat membantu Anda menetapkan harga yang optimal dan menghasilkan ide untuk memposisikan merek Anda di pasar yang ada.

Kendali penuh stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Jurnal

3. Periklanan

Informasi yang Anda kumpulkan dalam penelitian Anda akan membantu Anda menentukan strategi penjualan dan membuat kampanye periklanan.

Promosi dapat mencakup berbagai bentuk media, acara, iklan langsung, kemitraan berbayar, hubungan masyarakat, dan banyak lagi.

Sebelum memulai kampanye periklanan, tetapkan tolak ukur konkret yang dapat Anda gunakan untuk mengukur seberapa efektif kampanye periklanan tersebut.

4. Menjual

Tentukan di mana dan bagaimana Anda berencana untuk menjual kepada pelanggan. Perusahaan produk konsumen, misalnya, menjual ke grosir yang kemudian menjualnya ke pengecer.

Di pasar industri, proses pembelian lebih lama dan melibatkan lebih banyak pengambil keputusan.

Anda dapat menjual secara lokal, nasional, atau bahkan internasional, dan beberapa perusahaan hanya menjual produk atau layanan mereka secara online.

Saluran distribusi dan penjualan Anda memengaruhi siapa yang membeli produk Anda, kapan mereka membelinya, dan bagaimana mereka membelinya.

Jenis-Jenis Strategi Marketing

Jenis marketing yang berbeda-beda tentu membuat cara pengimplementasiannya berbeda pula, untuk lebih memahami ketiga hal tersebut, berikut adalah penjelasannya.

a. Berdasarkan Target Pasar

Salah satu hal penting yang mempengaruhi marketing strategy dan marketing plan adalah target pasar di dalam sebuah bisnis.

Hal ini dikarenakan dalam merencanakan dan proses pembuatan sebuah produk perusahaan harus memahami terlebih dahulu target pasar sehingga produk yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang dituju.

Berdasarkan target pasarnya, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

  • Business to Business (B2B), yang adalah teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk menargetkan perusahaan lain atau bisnis kepada bisnis lainnya dengan menawarkan produk yang dapat memajukkan bisnis lain tersebut.
  • Business to Consumer (B2C), adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk menargetkan konsumen masyarakat pada umumnya.
  • Consumer to Consumer (C2C), teknik pemasaran yang ditujukan dari konsumen untuk konsumen lainnya.
  • Business to Government (B2G), adalah teknik pemasaran yang dilakukan dari bisnis untuk instansi pemerintah

b. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Seperti hal nya target pasar, teknik pemasaran juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat strategi maupun rencana pemasaran.

Hal ini dikarenakan teknik pemasaran menentukan persepsi konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Berdasarkan teknik pemasaran, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

  • Word of Mouth (WOM), jenis marketing ini mengutamakan lisan sebagai teknik pemasaran.
  • Guerrilla Marketing, yaitu adalah teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, memiliki potensi untuk menjadi pemasaran yang interaktif dan sengaja ditempatkan di tempat-tempat yang tidak terduga.
  • Affiliate Marketing, teknik pemasaran dimana suatu bisnis atau perusahaan memberikan reward jika suatu afiliasi dapat membawa konsumen pada bisnis tersebut.
  • Database Marketing, teknik pemasaran dengan memanfaatkan database konsumen yang berpotensi untuk kemudian mempromosikan produk dengan komunikasi pribadi.

Pastikan Anda Telah Menggunakan Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

c. Berdasarkan Alat yang Digunakan

Selain target pasar dan teknik pemasaran, alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi strategi dan rencana pemasaran.

Berdasarkan alat yang digunakan, marketing dibagi menjadi tiga jenis yaitu adalah:

  • Telemarketing, yang adalah model pemasaran menggunakan telepon dimana penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa.
  • Digital Marketing, yaitu teknik pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produknya seperti televisi, internet, sosial media dan website.
  • Direct Mail Marketing, yaitu teknik pemasaran langsung menggunakan brosur, surat promosi dan iklan jalanan.

Perlu diketahui bahwa marketing bukan hanya satu strategi saja, melainkan kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda.

Selain itu, berikut adalah daftar beberapa strategi pemasaran penting untuk menyasar pasar lebih luas yang harus Anda ketahui:

  1. Email Marketing: Pemasaran Email adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Biasanya, ini terdiri dari mengirim email ke audiens Anda, tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen Anda dengan baik agar efektif.
  2. Mobile Marketing: Pemasaran Seluler adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet).
  3. Viral Marketing: Memiliki sesuatu yang viral adalah impian setiap perusahaan. Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang lain dan mampu berjalan sangat jauh dengan sangat cepat.
  4. Performance Marketing: Performance Marketing adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang dicapai.
  5. Inboud Marketing: Metode pemasaran ini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas yang berkualitas dan bekerja menuju penjualan akhir.

Strategi Pemasaran 4 P

apa yang dimaksud dengan definisi, tujuan, dan fungsi marketing adalah

Menurut E. J. McCarthy, strategi pemasaran 4P adalah rumus sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen penting dari strategi pemasaran Anda.

1. Produk

Memiliki produk adalah kunci dan merupakan akar dari semua hal pemasaran. Produk bisa menjadi apa saja yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memutuskan produk atau layanan Anda berdasarkan kebutuhan dan motivasi konsumen dan bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi konsumen, bukan pada karakteristik fisik atau atribut objek.

2. Tempat

Lokasi penjualan yang strategis dapat berupa apa saja mulai dari toko online hingga saluran toko fisik di berbagai kota atau negara.

Tujuan dari strategi distribusi adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk / layanan Anda serta menawarkan pengalaman yang baik selama proses pembelian.

3. Harga

Bagaimana menentukan harga produk dan layanan kami adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran.

4. Promosi

Strategi ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang kami lakukan untuk menyebarkan manfaat dan karakteristik produk atau layanan kami di pasar sebagai cara meningkatkan penjualan.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Marketing Plan dan Marketing Strategy

Definisi Marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah suatu bidang dalam komunikasi yang bertugas menjalankan strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan suatu produk.

Oleh karena itu sebagai pelaku harus memiliki peran dalam membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumen dengan cara melakukan komunikasi yang baik pula.

Selain itu menerapkan psikologi marketing juga hal penting yang patut diperhatikan.

Dengan menerapkan apa yang dimaksud dengan marketing communication yang baik untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, hal lain yang harus dilakukan tim adalah membuat marketing plan dan menjalankan strategi dengan baik.

Anda mungkin mengira bahwa keduanya merupakan satu hal yang sama, namun sebenarnya kedua hal tersebut merupakan suatu kesatuan yang sebenarnya berbeda.

a. Marketing Plan

Serangkaian proses yang sistematis dan terkoordinasi dari manajemen yang mengarah kepada strategi pemasaran dengan tujuan untuk mencapai sasaran sehingga rencana pemasaran (marketing plan) dapat tercapai.

b. Marketing Strategy

Dalam pengertiannya, strategi pemasaran mencakup tentang ‘apa’ yang ingin Anda capai dalam tujuan meningkatkan laba dalam bisnis yang akan diterima oleh perusahaan dengan usaha yang Anda lakukan.

Contohnya seperti Anda harus memberikan informasi mendetail kepada konsumen tentang produk apa saja yang Anda tawarkan dan juga keunikan produk Anda dari produk-produk lain yang serupa.

Apa Peran Marketing untuk Bisnis Anda?

peran marketing bagi bisnis adalah

Marketing adalah sebuah cara untuk meningkatkan bisnis Anda, tetapi mari kita lihat beberapa cara yang paling berdampak.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Hal ini penting karena membuat orang mengenal merek Anda dan produk atau layanan yang Anda sediakan.

Selain itu juga membuat Anda berkesan bagi pelanggan yang dapat mulai mempercayai merek Anda, menjadi klien setia, dan memberi tahu jaringan mereka tentang Anda.

2. Meningkatkan Traffic

Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda berarti mendapatkan lebih banyak prospek yang berkualitas dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda. Strategi pemasaran yang efektif akan membantu Anda melalui proses ini.

3. Meningkatkan Omset

Setiap bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dan omset mereka dapat membantu mencapai tujuan ini melalui berbagai strategi seperti mengoptimalkan situs web dan SEO Anda, membuat kampanye email, melakukan pengujian A / B untuk menentukan strategi terbaik untuk Anda, dan banyak lagi.

4. Membangun Kepercayaan pada Brand Anda

Menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi pada merek Anda mengarah pada loyalitas pelanggan dan pembelian berulang.

Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga menghasilkan ulasan yang bagus baik secara online maupun dari mulut ke mulut, yang masih merupakan salah satu jenis promosi yang paling efektif.

5. Melacak Metrik 

Metrik sangat membantu dalam membuat strategi pemasaran Anda. Mereka tidak hanya mengarahkan strategi dan membantu melacak kemajuannya, tetapi juga menginformasikan apa yang dapat diadaptasi atau disesuaikan untuk terus mengoptimalkan kampanye Anda.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat, Klik Tombol Dibawah Ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan marketing, definisi, tujuan, dan fungsi penting marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui.

Sebagai seorang marketing yang andal, Anda harus memulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan dari semua hasil penjualan.

Dengan memiliki format laporan keuangan, Anda akan lebih mudah dalam mengelola keuangan marketing dengan lebih baik.

Maka dari itu sebaiknya gunakan software keuangan perusahaan yang terbaik dan memadai.

Bagi Anda juga pemilik online shop, manfaatkan aplikasi pembukuan online shop untuk mengatur pembukuan toko online Anda.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam membuat juga pengelolaan laporan keuangan UKM atau perusahaan jenis lain dengan mudah, cepat dan simpel.

Daftar sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru dari aplikasi Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sekarang, apakah Anda telah memahami definisi marketing?

Sekali lagi definisi marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.

Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu. Ikuti media sosial Jurnal untuk tips lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal