Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

8 Daftar Bisnis UKM di Indonesia yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Tayang 18 Feb 2023
Diperbarui 20 November 2023

Bisnis UKM merupakan salah satu bisnis yang banyak peminatnya di Indonesia, karena dari segi modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan risiko kerugian yang minim.

UKM di Indonesia ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan bisa memberikan lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar.

Tidak heran bila perkembangan UKM di Indonesia berkembang semakin pesat, apalagi dengan dukungan pemerintah pusat yang semakin gencar membuat bisnis UKM semakin maju.

Namun tidak sedikit dari kita yang masih bingung dalam memilih usaha UKM yang menjanjikan untuk dijalankan. Alasannya beragam, dari tidak adanya modal, kurangnya pengalaman bisnis, tidak tahu teknik pemasaran, dan kendala yang menghambat lainnya.

Tentu saja namanya kendala untuk memulai setiap bisnis itu ada, walaupun bisnis UKM sekalipun.

Nah berikut ini ada pembahasan mengenai 10 ide bisnis UKM yang menjanjikan di Indonesia.

beberapa bisnis ukm yang dapat memberikan keuntungan yang besar

Kuliner

Usaha di bidang kuliner merupakan salah satu bisnis UKM yang memiliki banyak peminat.

Selain karena modalnya yang tidak terlalu besar, usaha di bidang kuliner ini tidak akan pernah sepi, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia.

Sukses tidaknya dalam berbisnis di bidang kuliner ini tergantung dari kualitas rasa makanan yang di jual, pelayanan, dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik bisnis.

Bagi Anda yang akan mencoba di bisnis ini, Anda bisa memulai bisnis ini dengan bergabung dengan orang yang telah sukses di bidang kuliner atau bisa membeli franchise, kemudian pelajari seluk beluk sistem bisnisnya, seperti target pembeli dan pengelolaan keuangan seperti food cost.

Food cost sendiri adalah pengeluaran biaya dalam seporsi makanan atau minuman.

Jika sudah memahaminya dan yakin, Anda bisa mendirikan bisnis sendiri.

Baca juga: 8 Tips Sukses Pemasaran Bisnis Kuliner Online

Fashion

Sama halnya dengan bisnis kuliner, fashion (busana) adalah bisnis yang menjanjikan dan potensial mendatangkan keuntungan yang besar.

Alasannya sederhana, karena fashion menjadi kebutuhan sekunder pada manusia.

Apalagi saat momen-momen hari besar, fashion mengalami peningkatan permintaan yang signifikan.

Selain itu, dengan banyaknya mode yang berganti-ganti setiap waktu menjadikan bisnis fashion patut untuk dicoba.

Jika Anda belum memiliki modal dan skill dalam dunia fashion, Anda bisa menjadi reseller atau dropship dari brand-brand fashion ternama dahulu.

Sambil berbisnis, Anda bisa melakukan upgrade kemampuan bisnis yang Anda miliki dan mengumpulkan modal untuk memulai usaha sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Usaha Fashion dengan Mudah & Praktis

Pendidikan

Sektor pendidikan juga tidak kalah menggiurkan, kita lihat saja di sekitar kita banyak sekali anak-anak sekolah mulai dari jenjang TK sampai SMA banyak kita jumpai.

Mereka semua setiap hari berangkat sekolah dengan tujuan untuk mencari ilmu, tetapi tidak semua ilmu yang diajarkan saat di sekolah bisa terserap dengan baik.

Sehingga memaksa para orang tua untuk menambah jam belajar anaknya dengan mendaftarkan  ke bimbingan belajar atau les private yang berada di sekitar rumah.

Apalagi saat mendekati Ujian Nasional, biasanya bimbingan belajar dan les private banyak sekali peminatnya.

Ini menjadi kesempatan untuk Anda memulai membuka bisnis UKM dalam bidang pendidikan, tidak perlu modal banyak, asal Anda memiliki kemampuan mengajar sudah bisa menjalankan bisnis ini.

program akuntansi ukm

Otomotif

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia baik roda dua maupun roda empat sangat pesat sekali.

Lihat saja di kota-kota besar, saat jam sibuk pagi dan sore biasanya terjadi kemacetan yang panjang.

Bahkan dalam satu keluarga saja bisa dipastikan memiliki lebih dari satu kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Tentunya ini menjadi peluang bisnis UKM yang bisa Anda manfaatkan.

Ada banyak bisnis UKM bidang otomotif yang menggiurkan seperti bengkel otomotif, jual beli spare part, jasa cuci kendaraan, rental mobil atau motor, dan masih banyak lainnya.

Tinggal Anda memilih mau membuka bisnis yang mana, lebih baik survey dahulu kebutuhan di sekitar tempat Anda agar nantinya tidak salah target pasarnya.

Agribisnis

Agribisnis adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan, mulai dari sektor hulu sampai hilir. Peluang agribisnis di Indonesia masih terbuka lebar.

Kebanyakan para pemain di sektor ini masih didominasi oleh orang tua, dan masih sedikit anak muda yang mau berbisnis pada sektor agribisnis.

Padahal kebutuhan bahan pangan baik nabati maupun hewani menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Jadi masalah keuntungan, bisa dipastikan sangat menjanjikan untuk di geluti.

Beberapa contoh usaha agribisnis yang bisa Anda lakukan adalah menjual sayur organik, budidaya tanaman rempah, bibit tanaman unggul, bisnis ayam potong, ternak ayam petelur, ternak sapi, dan masih banyak lainnya.

Tour & Travel

Wisata menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia dan tidak ada matinya.

Bahkan semakin bertambahnya waktu, muncul beberapa destinasi-destinasi wisata baru yang layak untuk dikunjungi.

Apalagi program pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi pariwisata yang ada di Indonesia.

Dari sinilah muncul peluang jasa tour and travel bermula.

Bisnis ini sangat diminati, karena beberapa orang yang berwisata secara bersama atau rombongan lebih memilih jasa ini untuk membantu mengatur dan jadwal wisata rombongannya.

Mereka hanya perlu membayar paket tour and travel, dan Anda sebagai pemilik jasa ini yang mengatur seluruh kebutuhan mereka.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Travel? Ketahui Laporan Keuangannya Dulu

Ekspor & Impor

Perdagangan lintas negara saat ini sudah semakin ramai. Banyak perusahaan besar melakukan ekspansi bisnisnya hingga ke negara luar yang berpotensi.

Jika Anda memiliki produk yang unik dan layak dijual, Anda bisa melakukan ekspor ke negara yang potensial untuk produk yang Anda miliki.

Apalagi sekarang ini sudah zamannya serba online, Anda bisa menjual barang yang Anda miliki ke eBay yang memiliki pasar di seluruh dunia.

Selain itu Anda juga bisa mengimpor barang dari luar negeri jika di Indonesia memang belum ada, kemudian Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.

Produk Kreatif

Kemajuan dalam bidang Internet juga berdampak besar pada pengrajin produk kreatif.

Bagaimana tidak? Yang dulunya hanya bisa menitipkan produk di toko-toko terdekat untuk memasarkan produknya hanya bisa dititipkan di toko-toko terdekat, kini sudah bisa menggunakan Internet untuk promosinya.

Sehingga, produk yang dijual sudah bisa menyebar ke seluruh dunia berkat Internet.

Dampak positifnya selain produk semakin dikenal adalah meningkatnya keuntungan dari penjualan.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 bisnis UKM yang menjanjikan di Indonesia saat ini.

Setelah bisnis Anda berjalan, hal lain yang harus Anda pikirkan adalah pengelolaan keuangan yang baik.

Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis.

Kemudahan Memajukan Bisnis UKM dengan Software Akuntansi Seperti Mekari Jurnal

Mekari Jurnal adalah aplikasi akuntansi UKM terbaik yang dapat membantu Anda dalam hal pengelolaan keuangan dengan mudah, aman, dan nyaman.

Karena aplikasi pembukuan sederhana dari Mekari Jurnal telah tersertifikasi ISO 27001, sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan keamanan data informasi bisnis Anda.
Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari.

Coba juga aplikasi stok barang sederhana untuk memantau persediaan barang dengan mudah.

Dapatkan data jumlah stok, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata dan notifikasi bila stok kosong secara langsung dan real time.

Kita tengah menyaksikan era di mana teknologi berjalan berdampingan dengan bisnis.

Berbagai inovasi dalam bidang teknologi yang begitu cepat selalu berhasil membuat disrupsi baru pada setiap sektor bisnis.

Tidak terkecuali perubahan selera dan tuntutan pasar.

Seiring dengan terobosan dalam bidan teknologi, para pelaku bisnis harus mampu mengikuti perubahan yang terjadi agar mampu bertahan dan merajai pasar.

Inovasi teknologi juga tidak hanya menciptakan perubahan di pasar, tetapi juga memotivasi para pihak yang memiliki keinginan kuat untuk berwirausaha.

Berkat kemudahan yang disediakan oleh teknologi, kini ada banyak bisnis-bisnis baru yang bermunculan.

Khususnya bisnis yang tergolong sebagai UKM (usaha kecil dan menengah).

Perkembangan zaman yang berkiblat kepada teknologi menyediakan jalan bagi bisnis UKM untuk membenahi sistem dan layanannya menjadi lebih efisien, menyempurnakan produk yang mereka sediakan, dan memasarkannya kepada khalayak ramai.

Tidak hanya itu, berbagai aplikasi atau software berbasis teknologi seperti program akuntansi juga memberikan banyak kemudahan untuk proses dan hasil dari bisnis UKM.

Fitur Lengkap Software Akuntansi

Peningkatan kualitas layanan dalam UKM tidak akan menjadi mimpi semata saat sebuah UKM mengadopsi sistem akuntansi untuk bisnis mereka.

Berbagai fitur yang melengkapi software akuntansi seperti pembuatan faktur, hitung otomatis pajak, peninjauan saldo, pengelolaan aset, hingga melakukan audit serta analisa keuangan menjadi begitu mudah bila menggunakan software akuntansi.

Selain cepat dan praktis, data yang dihasilkan juga reliable untuk dipakai sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan bisnis di masa depan.

Fitur lengkap dalam software akuntansi memang memiliki manfaat yang besar.

Saat sebuah UKM ingin mengaplikasikan software ke dalam bisnisnya, ada baiknya bagi UKM untuk meninjau korelasi antara fitur dalam software dengan fokus bisnis mereka.

Penerapan software akuntansi yang paling ideal adalah ketika sebuah UKM memilih jenis software akuntansi yang cocok dengan fokus bisnis mereka, sehingga investasi dalam membeli dan berlangganan software akuntansi tersebut tidak menjadi sia-sia.

Baca juga: Tips Memilih Software UKM yang Paling Ideal untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis

 

Integrasi Software Akuntansi

Keunggulan software akuntansi tidak hanya sebatas pembukuan keuangan yang lebih rapi atau analisa profit yang mendalam saja.

Software akuntansi juga mampu memudahkan berbagai pekerjaan lain yang berkaitan dengan keuangan.

Mulai dari pembayaran gaji karyawan (payroll), pengadaan barang (procurement) dan lainnya.

Bahkan, software akuntansi juga dapat menjadi pondasi untuk melakukan backup terhadap data-data keuangan perusahaan.

Penting bagi setiap UKM untuk memastikan kemampuan integrasi software akuntansi sebelum mengadopsi software tersebut.

Pilihlah software yang cocok dan memiliki kapabilitas untuk terhubung dengan berbagai software lain.

Sehingga kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis UKM akan semakin terasa.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Sederhana bagi UKM

Keamanan Software Akuntansi

Faktor penting lain yang mampu diberikan software akuntansi adalah kualitas keamanan data dalam software tersebut.

Banyak pelaku bisnis yang sulit memercayai kemampuan sebuah software, apalagi saat berkaitan dengan masalah keuangan.

Asumsi tersebut perlu dihilangkan karena keamanan bukanlah sebuah permasalahan saat sebuah bisnis memilih software akuntansi yang dikembangkan oleh penyedia software akuntansi tepercaya, seperti Mekari Jurnal.

Produk software akuntansi milik Mekari Jurnal dikembangkan oleh tim ahli yang menjamin keamanan data penting milik bisnis, sekaligus pengelolaannya.

Pilihan terbaik bagi para pelaku bisnis untuk solusi software akuntansi yang ideal untuk bisnisnya adalah software akuntansi Mekari Jurnal.

Sertifikasi ISO 27001 yang tersemat pada Jurnal membuat Anda tidak perlu khawatir dalam memercayakan pengelolaan keuangan Anda kepada software aplikasi Jurnal.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal