Mekari Jurnal
Daftar Isi

Meningkatkan Arus Kas Anda dengan Manajemen Sistem Akuntansi

Tayang 13 Sep 2018
Diperbarui 02 November 2023

Arus kas (cash flow) adalah hal paling signifikan yang harus banyak diperhatikan ketika Anda mulai menjalankan usaha. Segalanya bisa berjalan dengan lancar pada awalnya sampai ketika tiba-tiba arus kas mulai mencapai hambatan dan Anda mulai harus memenuhi pembayaran gaji atau putus asa mencari pembiayaan yang dapat menghabiskan banyak waktu dalam jangka panjang.

Untuk menghindari masalah yang mungkin muncul terkait dengan arus kas, maka memiliki proyeksi arus kas secara mudah melalui bantuan software akan sangat membantu Anda mempertahankan kelancaran bisnis di masa depan, memperkirakan akun bank bisnis Anda secara lebih akurat, termasuk memperkecil risiko kehabisan kas usaha atau lebih baik lagi, memberi Anda lebih banyak waktu untuk mengambil tindakan sebelum terlambat. Di bawah ini akan kita bahas cara untuk tetap dapat mengikuti arus kas dengan menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi:

Hasilkan Proyeksi Arus Kas Bulanan

Proyeksi arus kas adalah perkiraan uang yang Anda harapkan mengalir masuk dan keluar dari bisnis Anda, termasuk semua pendapatan dan pengeluaran yang diproyeksikan selama periode tertentu. Meskipun proyeksi arus kas biasanya mencakup periode 12 bulan, Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keuangan yang ingin Anda lihat dengan memperpendek waktu periode perkiraan, seperti sebulan atau bahkan seminggu.

Untuk pemilik usaha kecil, memproyeksikan arus kas akan membantu memberi gambaran yang lebih jelas tentang ke mana bisnis menuju dan bagaimana Anda dapat melakukan perbaikan di sepanjang prosesnya. Proyeksi arus kas juga membantu menumbuhkan manajemen kas yang baik dan memberi Anda kemungkinan untuk melakukan perencanaan lebih awal, misalnya dengan memiliki proyeksi yang dapat membantu Anda memprediksi surplus atau kekurangan kas yang masuk, sehingga kemudian Anda akan siap untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data tersebut.

Bisnis biasanya melacak arus kas (cash in dan cash out) setiap bulan. Penting untuk mencatat arus masuk dan keluar uang tunai dalam bulan yang akan terjadi, sejak bulan ketika Anda melakukan penjualan atau pertama kali mendapatkan tagihan.

Mempercepat Arus Kas

Semakin cepat Anda membawa uang ke bisnis Anda, maka semakin cepat Anda akan beralih dari  jalur kredit, dan juga akan memperlancar arus kas. Bagaimana melakukannya dengan software akuntansi? Ada beberapa fungsi sederhana dan berguna dari perangkat lunak akuntansi (software akuntansi) yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat arus kas masuk Anda, seperti:

a. Mengirimkan faktur atau invoice secara profesional

Jika Anda masih menggunakan surat biasa atau jika Anda mengirim email ke faktur dari akun email Anda sendiri, sekarang saatnya beralih ke software akuntansi Anda. Dengan software akuntansi, Anda dapat mengirimkan penagihan lebih cepat, profesional, dan hemat biaya tanpa harus bingung memikirkan desain fakturnya. Dengan mengirimkan faktur secara cepat dan efisien, maka Anda akan menghasilkan uang tunai dan arus masuk yang lebih cepat ke dalam kas Anda.

b. Memiliki akses untuk secara teratur memeriksa piutang Anda

Memiliki piutang Anda dalam sistem pencatatan software akuntansi berarti memudahkan Anda untuk melacak akun yang belum dibayar, dan memutuskan kapan untuk mulai mengejar pembayaran terlambat. Biasanya sistem akuntansi online yang berbasis cloud akan memberi pengingat yang memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa saja yang masih memiliki utang pada Anda sampai tanggal jatuh tempo, sehingga Anda dapat cepat menindak lanjuti dengan mengirim tagihan berikutnya atau menghubunginya secara langsung.

Memperlambat Arus Kas Keluar

Menggunakan software akuntansi dapat membantu mempertahankan uang dalam bisnis Anda dengan memperlambat arus kas keluar. Bagaimana melakukannya? Melalui fitur biaya, Anda dapat dengan mudah melacak pengeluaran Anda, yang sudah dibayar, akan jatuh tempo, ataupun yang telah jatuh tempo. Dengan begitu, Anda dapat membuat perencanaan untuk melakukan pembayaran lebih awal untuk menghindari biaya dan bunga tambahan serta kemungkinan untuk mendapatkan diskon.

Membuat Anda Lebih Waspada

Anda juga dapat menggunakan fitur pajak untuk melakukan penghitungan pajak secara tepat, sehingga terhindar dari risiko pembayaran pajak yang tidak sesuai dan denda akibat kesalahan tersebut, sehingga secara tidak langsung, Anda sudah memperlambat keluarnya arus kas dengan melakukan pembayaran secara benar dan tepat waktu tanpa biaya tambahan.

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online berbasis Cloud yang membantu Anda mengelola arus kas bisnis. Jurnal juga mempermudah pelanggan atau klien Anda dalam membayar tagihan. Di mana, mereka bisa memilih metode pembayaran melalui Virtual Account ataupun Kartu Kredit seperti Jurnal Pay.

Setelah mereka berhasil melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan notifikasi instan yang menginformasikan bahwa klien Anda telah berhasil melakukan pembayaran. Jadi tunggu apalagi? Kelola dan tingkatkan arus kas Anda sekarang juga dengan software akuntansi terbaik dari Mekari Jurnal dan nikmati gratis berlangganan selama 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal