Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kafe dengan Modal Kecil

Tayang 06 Jun 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Keberadaan sebuah kafe saat ini memang sudah tidak terpisahkan dari gaya hidup sebagian besar masyarakat kota yang ingin melepas lelah setelah bekerja seharian penuh di tempat yang nyaman.

Adanya kenyataan ini, membuat bisnis kafe dapat menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

Jika Anda merupakan salah satu calon pengusaha yang tertarik untuk memulai bisnis ini, namun masih memiliki dana yang terbatas, di bawah ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda untuk memulai bisnis kafe tanpa harus menanggung banyak biaya:

Tahukah Anda kalau software akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sewa Tempat dengan Budget Tepat

Salah satu pos dana terbesar saat merancang bisnis kafe adalah menyewa tempat. Apalagi untuk Anda pengusaha pemula yang memiliki modal ala kadarnya, permasalahan sewa tempat ini pasti sudah cukup memusingkan kepala.

Jika, Anda memiliki modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan rumah sendiri, rumah partner bisnis, atau mungkin halaman rumah orang lain untuk menjadi lapak kafe sementara.

Biasanya harga sewa teras atau paviliun tidaklah semahal menyewa kios atau ruko.

Cara lainnya bisa juga dengan memanfaatkan taman rumah. Anda bisa menggunakan kafe dengan konsep outdoor yang menarik.

Selain bisa menekan biaya sewa, menggunakan teras, paviliun, atau taman rumah justru bisa menambah keunikan dari kafe tersebut.

Kelola bisnis makanan dan minuman secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Gunakan Pegawai Sistem Part-Time

Pegawai dengan sistem part-time akan membuat beban pengeluaran menjadi lebih ringan.

Tangani pekerjaan yang masih bisa Anda lakukan ketika kafe mulai berjalan dan berikan sisa jam kerja kepada pegawai part-time untuk menutupi kekurangan tersebut.

Menggunakan pegawai dengan sistem part-time ini selain memiliki keuntungan dari segi keringanan gaji yang harus dibayarkan karena hanya membayar per jam sesuai pekerjaan yang telah dilakukan, juga menghindarkan Anda dari keharusan untuk tetap menggaji karyawan secara penuh ketika bisnis kafe Anda sedang mengalami penurunan.

Baca juga: Cara Menghitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop

pegawai dengan sistem part time

Membeli Bahan Baku dari Grosir

Untuk menghemat pengeluaran dari menu yang disajikan, Anda bisa membeli bahan baku makanan dan minuman yang akan disajikan ini dari pedagang grosir.

Dengan membeli bahan baku dari grosir maka Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada Anda membeli bahan baku dari pengecer.

Namun, untuk mendapatkan harga yang murah dari pedagang grosir, pembeli umumnya diharuskan membeli dalam jumlah yang banyak. Ini memang ketentuan yang banyak berlaku hampir di semua tempat.

Salah satu tips agar dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk bahan baku, Anda juga dapat mulai mengatur dan mengelola stoknya dengan software atau aplikasi stok barang yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
Kendali ketersediaan stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan software inventory terbaik <– dari Jurnal

Terapkan Strategi Marketing yang Hemat Biaya

Sebuah bisnis memang selalu membutuhkan pemasaran atau marketing agar bisnisnya dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan.

Namun, tidak jarang banyak pengusaha yang terjebak pada pemborosan dana saat ia melakukan promosi.

Jadi, cobalah untuk gunakan strategi pemasaran bisnis cafe yang tepat dengan biaya yang sedikit.

Anda bisa mencoba mengajak pelanggan atau pengunjung kafe untuk mendapatkan tambahan topping atau minuman gratis dengan membuat ulasan tentang kafe Anda di social media mereka.

Dengan menggunakan strategi ini, selain bisnis Anda akan lebih terlihat, pembaca pun akan merasa lebih yakin, karena ulasan atau testimoni berasal dari konsumen yang telah merasakan, bukan dari pemilik bisnis.

Baca juga: Integrasi Jurnal Dengan Berbagai Aplikasi Untuk Pengelolaan Bisnis

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan adalah sesuatu yang bisa diusahakan tanpa biaya. Dengan memberi pelayanan yang baik dan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman berada di kafe milik Anda.

Mereka secara tidak langsung akan merekomendasikan kafe pada teman-teman atau orang terdekat mereka sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan. Pelayanan terbaik akan selalu menimbulkan kesan yang baik pada sebuah bisnis.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kafe dengan modal kecil. Setelah bisnis Anda berhasil dijalankan dengan baik, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan bisnis.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan hingga membuat keputusan ketika ingin mengembangkan usaha kecil Anda.

Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan instan, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi maupun aplikasi pembukuan android Jurnal yang memiliki fitur aplikasi akuntansi untuk UKM yang lengkap dan mudah digunakan.

Daftarkan perusahaan pada software akuntansi online Jurnal by Mekari, dan Anda dapat mengintegrasikan mesin POS yang Anda gunakan untuk mencatat penjualan kafe dengan mudah dan instan. Anda dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal