Mekari Jurnal
Daftar Isi
12 min read

20 Peluang Usaha yang Perlu Anda Coba di Tahun Ini!

Tayang 11 Jan 2023
Diperbarui 18 Januari 2024

Ingin memulai bisnis tapi bingung mau coba yang mana? Berikut adalah peluang bisnis atau usaha yang memiliki potensial besar di tahun ini yang telah dirangkum oleh blog Jurnal by Mekari.

Setiap hari selalu ada saja orang-orang yang pantang menyerah untuk membuka usaha yang sesuai dengan minat dan bakat.

Persaingan usaha yang semakin ketat saat ini mendorong untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif guna mengembangkan usaha yang akan dijalani.

Bagi seorang pemula, tentu memilih usaha apa yang potensial adalah hal yang cukup sulit karena belum memiliki cukup pengalaman untuk memulainya.

Beberapa jenis usaha berikut diharapkan mampu membantu Anda sebagai pemula dalam memilih usaha yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Pastikan Anda Sudah Menggunakan Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!


Peluang Usaha Internet Marketing

Saat ini, hampir semua orang membuka usaha online untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Mereka semua tentu ingin membuat usahanya berada di halaman awal Google sehingga nantinya akan lebih banyak yang berkunjung.

Untuk membuat hal itu, tentu cukup sulit jika dilakukan sendiri sehingga mereka akan mencari penyedia jasa promosi di internet.

Jika Anda mencoba peluang usaha di bidang ini, pelaku usaha akan mencari Anda untuk membantu mempromosikan usahanya agar dikenal luas dan dapat menjadi peringkat pertama di Google.

Menjadi Youtuber

Saat ini teknologi semakin berkembang dan masyarakat beralih menggunakan YouTube untuk mencari informasi.

Selain membuka bisnis online, kini menjadi seorang YouTuber juga adalah peluang usaha yang memiliki potensial di dunia digital seperti sekarang ini.

Sudah banyak sekali YouTuber yang mampu menghasilkan keuntungan hanya dengan meng-upload videonya di YouTube.

Jika Anda hobi membuat video, kemudian membagikannya ke teman-teman, kini saatnya beralih menggunakan media ini karena tidak sedikit orang yang akhirnya mendapatkan uang bahkan menjadi artis terkenal hanya karena menjadi YouTuber.

Baca juga : 4 Bisnis Online Tanpa Modal yang Sangat Menguntungkan

Peluang Bisnis Handmade

Mengubah hobi menjadi ladang penghasilan adalah sesuatu yang menjanjikan. Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis handmade, Anda harus memahami bagaimana selera pasar dan yang sedang tren saat ini.

Kreativitas dan inovasi menjadi modal utama dalam membuat suatu kerajinan sehingga dapat menarik minat pembeli.

Cara memasarkannya pun sekarang dapat dilakukan secara online untuk memudahkan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Waralaba

peluang usaha bisnis potensial waralaba

Ingin memulai usaha namun terkendala dengan kurangnya ide serta belum memiliki pengalaman atau merasa kurang yakin untuk merintisnya sendiri? maka memilih jenis bisnis waralaba bisa menjadi solusinya.

Waralaba dapat dikatakan paling cocok untuk seorang pemula karena menjalankan model bisnis waralaba ini akan dibantu oleh pemilik waralaba (pemegang merek) mulai dari training hingga pada tahap prosesnya.

Sebagai seorang pemula. Anda tidak akan dipusingkan dengan konsep bisnis yang akan dijalani, Anda hanya tinggal menjalankan sesuai kamampuan modalnya dengan tetap bernaung di bawah nama merek perusahaan waralaba yang dipilih.

Sebaiknya, pilih bisnis waralaba yang sudah jelas dan banyak diikuti oleh orang lain.

Baca juga : Bisnis Thrift Store, Peluang Bisnis yang Besar?

Properti Syariah

Membeli rumah dengan DP Rp0 sekarang memang sedang hangat diperbincangkan. Peluang usaha ini adalah dinamakan dengan properti syariah.

Kenapa ada bisnis properti tanpa DP? Hal tersebut terjadi karena properti syariah tidak melibatkan pihak ketiga sehingga murni transaksinya terjadi antara konsumen dan developer .

Meski risiko yang dimiliki lebih besar dari bisnis properti biasa, namun bisnis ini dapat saling membantu dan memudahkan semua orang.

Bisnis Travel dan Rental Mobil

Travelling menjadi bagian dari gaya hidup dan tren sebagian orang terutama saat ini, mereka melakukan travelling dengan tujuan refreshing.

Sehingga usaha travel saat ini menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan. Anda dapat juga membuka cabang jasa bisnis rental mobil pada usaha travel yang Anda jalankan.

Jika beberapa dari kalian menganggap bisnis travel dan rental mobil harus memiliki modal yang banyak Anda salah.

Anda dapat mencoba usaha travel dengan modal minim asalkan Anda dapat melihat peluang usaha yang potensial dan tentunya tekun dalam menjalankan usaha travel tersebut.

Content Creator

Menjadi seorang content creator merupakan salah satu usaha menjanjikan yang dapat dijadikan sebagai usaha utama atau bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan.

Menjadi seorang content creator sangat mudah, Anda cukup membuat sebuah konten yang ditujukan untuk publik, baik dalam bentuk tulisan maupun video.

Untuk mendapatkan penghasilan menjadi seorang content creator, Anda dapat bekerja sama dengan penyedia iklan seperti Google AdSense untuk memonetisasi konten Anda. Baik melalui Youtube atau Blogspot.

Peluang Usaha Dropshipping

Apakah Anda ingin menjual produk secara online tetapi tidak memiliki modal untuk membeli dan menyimpan inventaris? Anda bisa mempertimbangkan jualan dengan sistem dropship!

Dropshipping adalah model bisnis e-commerce di mana Anda tidak perlu mengelola produk fisik apa pun.

Anda hanya perlu menyiapkan toko online, dan bermitra dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan Anda.

Jika Anda sedang mencari ide bisnis online yang  adalah mudah untuk dilakukan, dropshipping mungkin menjadi peluang usaha yang memiliki potensial tinggi untuk Anda.

Kelola Bisnis Online Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jasa Print on Demand

Peluang usaha potensial selanjutnya adalah bisnis print on demand. Anda bisa menjual desain khusus Anda sendiri dan mencetaknya di barang-barang seperti casing HP, gelas, dan juga kaos.

Anda dapat berkolaborasi dengan pemasok yang mencetak desain Anda pada produk – mereka bahkan akan mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang logistik. Selain itu, Anda hanya membayar setelah produk terjual.

Baca juga: Sudah Tahu Mengapa Usaha Jasa Lebih Menjanjikan?

Menjadi Penerjemah

Jika Anda dapat berbicara dua bahasa atau lebih, pertimbangkan untuk memulai bisnis kecil di mana Anda dapat menawarkan jasa sebagai penerjemah.

Coba mulai mencari klien di situs freelancer dan perlahan-lahan membangun portofolio Anda. Sebagai seseorang yang punya waktu luang hanya beberapa jam setiap hari? Penerjemahan adalah salah satu ide bisnis sampingan yang sangat cocok.

Ketika klien Anda makin bertambah, Anda juga bisa menyewa lebih banyak penerjemah yang berspesialisasi dalam bahasa lain untuk menyelesaikan masalah Anda.

Hal Ini juga merupakan peluang bagus untuk memasarkan usaha Anda di situs web media sosial karena dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Peluang Usaha Katering Rumahan

peluang usaha bisnis potensial

Jika Anda memiliki bakat memasak, Anda dapat memperoleh penghasilan yang layak dengan membuka bisnis katering rumahan.

Investasi awal sangat bergantung pada seberapa besar pengaturan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda memulai dengan acara kecil yang dapat Anda kelola sendiri, Anda seharusnya dapat memulai bisnis dengan biaya lebih murah.

Sebagian besar katering rumahan memulai dengan membuat situs web, bereksperimen dengan pasar makanan lokal, atau bergabung dengan platform yang memungkinkan para ahli memasak untuk mendapatkan keuntungan keterampilan kuliner mereka.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Virtual Assistant

Salah satu ide bisnis paling sukses adalah menawarkan layanan asisten virtual. Setiap orang dari perusahaan besar hingga solopreneur membutuhkan bantuan dalam pengelolaan bisnis mereka sehari-hari.

Anda dapat menggunakan keterampilan organisasi Anda yang luar biasa untuk mengurangi beban mereka.

Tentu saja, Anda akan dibayar untuk waktu dan upaya yang Anda lakukan untuk menjawab email, menjadwalkan rapat, dan melakukan tugas administratif lainnya.

Baca juga: Pentingnya Analisa Pasar yang Tepat untuk Kesuksesan Bisnis

Peluang Usaha Bimbingan Belajar Online

Jika Anda ahli dalam bidang seni, matematika, atau mata pelajaran lain, Anda dapat memulai peluang bisnis bimbingan belajar online.

Prasyarat penting adalah memiliki gelar sarjana dalam mata pelajaran yang ingin Anda ajarkan, jadi pastikan untuk mempelajari bidang ini sebelum Anda mulai.

Untuk hasil terbaik, selalu ajarkan mata pelajaran yang berhubungan dengan bidang keahlian Anda karena Anda akan dapat berbagi keterampilan dan pengetahuan konstruktif Anda untuk meningkatkan pengalaman pengetahuan siswa Anda.

Anda dapat memberikan kuliah dan berinteraksi dengan siswa Anda melalui Zoom, menjadikan bimbingan belajar online sebagai salah satu bisnis online termudah untuk dimulai.

Menjual Kartu Ucapan

Kartu ucapan selalu diminati, jadi jika Anda menyukai desain atau hanya suka memamerkan karya seni Anda pada barang-barang fisik, ini adalah salah satu ide bisnis kreatif terbaik untuk Anda.

Sebelum Anda dapat mulai mencari klien, Anda harus memiliki beberapa desain yang siap digunakan. Selain itu, Anda harus menyimpan persediaan yang diperlukan untuk membuat kartu ucapan (tinta, kertas, dll.).

Jika Anda ingin menghemat biaya, belilah persediaan Anda secara grosir. Setelah inventaris Anda diurutkan, mulailah menghasilkan pendapatan dengan memasarkan bisnis Anda di Facebook, Etsy, dan platform serupa lainnya.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Content Writing

Hampir setiap perusahaan dengan kehadiran internet membutuhkan bantuan untuk membuat konten untuk halaman produk, blog, dll.

Dengan demikian, memulai perusahaan penulisan konten atau copywriting adalah salah satu ide bisnis atau peluang usaha yang paling menguntungkan bagi Anda.

Anda juga dapat bergabung dengan grup penulisan konten di Facebook untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk bisnis Anda.

Ada banyak cara Anda dapat membuat kesan yang baik pada klien, seperti dengan menawarkan pengoptimalan kata kunci atau grafik khusus sebagai bagian dari layanan Anda.

Website Testing

Tahukah Anda bahwa banyak perusahaan yang mempekerjakan orang untuk memberi saran kepada situs web mereka.

Pendapat dari orang lain memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah yang mungkin gagal diidentifikasi oleh pengembang sendiri.

Selama proyek, Anda akan menerima serangkaian pertanyaan yang harus mereka jawab saat menavigasi situs web perusahaan.

Melalui video, mereka akan mengomunikasikan pemikiran awal mereka tentang pengalaman pengguna saat ini dan bagaimana situs dapat ditingkatkan.

Peluang Usaha Fotografi untuk Stok Foto

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menangkap momen candid yang hebat atau baru-baru ini melakukan pemotretan potret kerabat, Anda dapat menjadi fotografer saham dengan mendaftarkan kepemilikan tunggal atas nama Anda.

Perusahaan seperti Shutterstock, Adobe Stock dan sejenisnya selalu mencari gambar yang menarik. Anda dapat memulai dengan membuat daftar beberapa foto Anda yang ada di platform ini.

Setelah Anda mengirimkan foto Anda, tunggu sampai orang-orang mengunduhnya. Sebagian besar situs web fotografi saham membayar Anda royalti untuk setiap unduhan di platform mereka.

Pilihan lainnya adalah meluncurkan situs web fotografi Anda sendiri dan menjual gambar secara langsung kepada orang-orang, yang hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki sumber daya untuk berinvestasi dalam pemasaran.

Video Editor, Peluang Usaha Kreatif

Dengan semakin banyak video yang ditonton dari sebelumnya , tentu saja ada kebutuhan akan orang-orang yang dapat merekam, mengedit, memotong, dan memublikasikan video.

Oleh karena itu, memulai perusahaan produksi video mungkin menjadi ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Investasi awal dalam bisnis ini adalah set pencahayaan dasar, mikrofon nirkabel, satu hingga dua kamera (dan lensa), dan perangkat lunak pengeditan seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro.

Anda dapat menawarkan untuk memproduksi konten video untuk saluran YouTube perusahaan, produksi video kelulusan dan pernikahan, dan banyak lagi.

Virtual Dance Studio 

Keuntungan dari studio tari virtual cukup jelas: Anda tidak perlu menyewa ruang yang besar dan nyaman untuk merekam, menerbitkan, dan berbagi koreografi atas kebijaksanaan Anda sendiri.

Bahkan memungkinkan untuk memberikan kelas dansa dari rumah, menjadikannya salah satu ide bisnis rumahan terbaik untuk dipertimbangkan. Plus, tidak ada batasan jumlah siswa yang dapat Anda daftarkan di kelas Anda.

Untuk memulai studio tari virtual, Anda harus berinvestasi dalam perangkat lunak konferensi video seperti Zoom. Anda juga memerlukan internet berkecepatan tinggi untuk memastikan tidak ada kelambatan atau buffering selama streaming langsung.

Pastikan untuk mengatur jumlah kelas yang sesuai per bulan sehingga siswa Anda belajar rutinitas mereka dengan cepat.

Jika Anda memiliki hasrat untuk membuat koreografi unik Anda sendiri, Anda juga dapat menemukan peluang untuk bermitra dengan sekolah tari untuk memberi siswa mereka akses ke konten Anda berdasarkan keanggotaan.

Baca juga: Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

Peluang Usaha Pengembangan Aplikasi

Pengembangan aplikasi adalah salah satu peluang usaha atau bisnis kecil yang memiliki potensial karena begitu banyak perusahaan membutuhkan aplikasi.

Belum lagi, biaya memulai usaha ini telah turun drastis karena pertumbuhan alat dan pengembang yang terjangkau.  Ada juga peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan membuat aplikasi untuk konsumen.

Tentu saja, itu tergantung pada strategi monetisasi yang menghasilkan pendapatan berulang. Strategi yang menguntungkan dapat mencakup menawarkan pembelian dalam aplikasi dan menagih untuk versi premium aplikasi Anda.

SEO

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menghasilkan backlink dan meningkatkan visibilitas mesin pencari situs web? Jika ya, maka ada peluang bagi Anda untuk menguangkan keahlian Anda.

Pemilik situs di seluruh dunia membutuhkan layanan ahli SEO, jadi membuka bisnis di bidang ini bisa menjadi salah satu keputusan terbaik Anda.

Saat mencari klien, fokuslah pada audiens khusus, pelajari dari pengalaman dan bangun portofolio Anda – tunjukkan kisah sukses Anda dan Anda pasti akan melihat masuknya klien jika teknik SEO Anda tepat sasaran.

Baca juga: Peluang Usaha dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

Itu adalah beberapa peluang usaha yang patut Anda coba di tahun ini. Apapun jenis usaha yang akan dilakukan tentunya tidak akan terlepas dari pengelolaan keuangan untuk membuat usaha berjalan dengan baik.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih mudah, nyaman dan disajikan secara realtime.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Pelajari juga bagaimana aplikasi pembukuan online shop dapat membantu Anda dalam mengelola pekerjaan Anda.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan aplikasi pembukuan keuangan milik Jurnal dan nikmati penawaran coba gratis 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Jadi, kira-kira peluang bisnis atau usaha potensial yang mana yang akan coba? Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal