Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

6 Manfaat Sistem Akuntansi Bagi Bisnis Home Industry

Tayang 19 Dec 2023

Menjalankan bisnis home industry tidak bisa dibilang mudah. Walaupun ukuran bisnis ini cenderung kecil, tetap saja Anda butuh seperangkat alat yang membantu Anda menangani segala detail terkait operasional bisnis.

Terlebih, sebagai pebisnis kecil, biasanya akan kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola seluruh operasional bisnis.

Salah satu solusi yang bisa membantu ini adalah dengan menunjang pekerjaan Anda dengan menggunakan software akuntansi online.

Bisa jadi sistem akuntansi menjadi bagian terpenting dalam aktivitas operasional bisnis home industry Anda, karena bagaimanapun proses pencatatan transaksi bisnis dan pelaporannya tidak boleh sampai terlupakan.

Jika hal ini sampai terlupakan, bisa Anda bayangkan seberapa kehilangan arah Anda dalam mengetahui jumlah profit dan kerugian yang bisnis Anda hasilkan.

Oleh karena itu, berikut Mekari Jurnal rangkum kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan software akuntansi bagi mengembangkan bisnis home industry Anda.

1. Keamanan Dalam Mencatat Setiap Transaksi Bisnis

Salah satu tujuan menggunakan software akuntansi adalah untuk mengurangi jumlah kesalahan yang dibuat ketika mencatat transaksi keuangan kita secara signifikan.

Software akuntansi akan memudahkan Anda mengamankan setiap detail keuangan yang Anda olah dengan menerapkan sistem otomatis yang andal dan akurat dalam mencatat transaksi harian bisnis home industry Anda.

6 Manfaat Sistem Akuntansi Bagi Bisnis Home Industry

2. Mempercepat Alur Pekerjaan Akuntansi

Dengan mengotomatisasi sebagian besar fungsi akuntansi yang sifatnya berulang, seperti penganggaran dan pembayaran kepada vendor langganan misalnya Anda dapat meningkatkan kecepatan arus aktivitas dalam bisnis.

Bahkan pencatatan secara manual pun tidak bisa bersaing dengan kinerja software akuntansi yang terkomputerisasi ketika harus melakukan pekerjaan akuntansi rutin.

Segala pencatatan transaksi juga dilakukan secara online dan itu sangat berpengaruh kepada kecepatan pekerjaan akuntansi Anda.

3. Efisiensi Waktu

Seperti yang semua orang ketahui, waktu bisa diibaratkan seperti mata uang baru di zaman modern ini. Oleh karena itu, setiap proses yang dapat menghemat waktu sangatlah dianjurkan.

Efisiensi akan tercapai ketika Anda menggunakan lebih sedikit unit sumber daya untuk menghasilkan output yang lebih banyak. Disinilah manfaat software akuntansi benar-benar terasa.

Melalui software akuntansi, tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menangani berbagai masalah yang muncul ketika Anda masih menggunakan metode pembukuan konvensional.

4. Membantu Pembuatan Keputusan Finansial

Pengambilan keputusan adalah salah satu hal yang harus dilakukan manajemen atau pemilik bisnis home industry yang hanya dapat dilakukan jika terdapat format informasi keuangan yang akurat.

Kebanyakan software akuntansi dilengkapi dengan fitur analisis laporan keuangan yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan informasi berguna yang dapat membantu pengambilan keputusan berkualitas dalam waktu singkat.

Esensi dari akuntansi akan rusak jika informasi akuntansi yang dihasilkan dari proses akuntansi tidak memenuhi kebutuhan manajer atau pemilik bisnis.

Penganggaran modal, penilaian investasi, rasio profitabilitas, dan alat analisis lainnya dapat dihasilkan dalam sekejap mata dengan penggunaan software akuntansi. Sehingga, memungkinkan manajer untuk mengatasi masalah yang dihadapi bisnis mereka.

5. Efisiensi Biaya

Biasanya, keterbatasan yang sering pemilik bisnis hadapi dalam merintis bisnis home industry yaitu sumber daya manusia.

Hal itu disebabkan karena biasanya pemilik bisnis rumahan merupakan pemula dan masih berskala UMKM, sehingga memiliki modal yang terbatas.

Contohnya, pengelolaan akuntansi, perpajakan, dan keuangan bisnis membutuhkan minimal tiga orang untuk masing-masing memegang satu tanggung jawab.

Namun, dengan adanya alat yang dapat membantu pekerjaan ini, tentunya pengeluaran akan menjadi semakin efisien karena beberapa beban biaya akan terpangkas.

6. Membangun Citra Positif Bisnis

Kelangsungan hidup bisnis home industry Anda sangat bergantung pada bagaimana publik menilai bisnis Anda. Menggunakan teknologi yang tepat dan infrastruktur IT, termasuk menggunakan software akuntansi adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan citra positif bisnis Anda.

Publik akan lebih percaya dan antusias ketika mereka bertemu dengan toko atau bisnis yang memiliki infrastruktur atau teknologi yang canggih.

Sekali lagi, salah satu implementasinya adalah dengan memastikan bahwa Anda benar-benar menggunakan software akuntansi yang tepat bagi bisnis home industry Anda.

Kesimpulan

Setelah melihat lima manfaat penggunaan software akuntansi bagi bisnis home industry, selanjutnya anda hanya perlu mencari software akuntansi yang tepat bagi bisnis home industry Anda.

Melalui software akuntansi, bisnis Anda akan semakin lancar dan tumbuh dengan cepat karena berbagai proses pencatatan dan perhitungan dapat berjalan dengan cepat, mudah, dan akurat.

Kabar baiknya, Mekari Jurnal hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengelola akuntansi dan keuangan bisnis.

Mekari Jurnal adalah sebuah software akuntansi berbasis online yang menawarkan berbagai manfaat yang berguna bagi bisnis home industry Anda, terlebih bisa Anda gunakan di mana saja dan kapan saja.

Apa saja yang bisa Anda lakukan dalam software akuntansi ini?

Banyak sekali fitur yang bisa Anda dapatkan sebagai solusi bisnis, seperti pembukuan transaksi, pembuatan faktur dan invoice, aplikasi stok barang, hingga melakukan analisis laporan keuangan berbasis AI bisa Anda dapatkan di Mekari Jurnal.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan bisnis atau perusahaan Anda dan dapatkan free trial selama 7 hari untuk merasakan manfaatnya secara gratis!

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal