Mekari Jurnal
Daftar Isi

5 Tips Melakukan Pembukuan Bagi Bisnis UKM

Tayang 23 Nov 2022
Diperbarui 24 November 2023

Bagaimana cara melakukan pembukuan yang tepat bagi bisnis UKM / UMKM? Simak beberapa tips di bawah ini!

Banyak pebisnis handal yang menginvestasikan sebagian kesuksesannya demi menjaga catatan keuangan dan pembukuan yang akurat.

Mereka melacak setiap biaya yang dikeluarkan, sehingga dapat meminimalisasi biaya atau pengeluaran.

Selain itu, memiliki catatan yang baik juga akan membantu mereka dalam kegiatan administrasi dengan pihak lain seperti akan mempermudah dalam pembayaran pajak.

Oleh karena itu, pembukuan merupakan aspek yang penting.

Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan seperti transaksi pembelian, penjualan, pendapatan, pengeluaran hingga jenis bukti transaksi lain yang dilakukan oleh perusahaan.

Pembukuan tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja. Tetapi, bisnis kecil dan menengah (UKM) juga wajib melakukan pembukuan.

Tidak perlu melakukan pembukuan yang ribet, bisnis UKM dapat melakukan pembukuan yang sederhana sehingga dapat mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang diperolehnya.

Namun, masalahnya para pelaku UKM, khususnya di Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan sehingga tidak memiliki pembukuan yang rapi dan jelas.

Oleh karena itu, simak beberapa tips di bawah ini.

5 Langkah Proses Pembukuan Bisnis UKM

Berikut ini merupakan langkah mudah melakukan pembukuan UKM.

Melacak Faktur dalam Melakukan Pembukuan

Cara Melacak dan Menghitung Biaya Overhead

Faktur merupakan bukti pendukung untuk melakukan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Faktur yang terlambat atau tidak membayarnya maka mengganggu aliran kas perusahaan.

Sebagai konsekuensinya, jalannya bisnis secara umum juga menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, jangan biarkan klien terlambat dalam membayar tagihan.

Untuk mengelolanya, Anda harus memastikan bahwa tidak ada klien yang memesan bahan baru kecuali mereka telah membayar pesanan sebelumnya.

Cara lain yang bisa melakukannya yaitu dengan memberikan jangka jatuh tempo untuk setiap klien.

Sehingga jika tidak memenuhi tenggat waktu yang diberikan dapat dikenakan pinalti yang membebankan pada jumlah yang membayarkan oleh mereka.

Manfaatkan aplikasi invoice (faktur) Jurnal untuk penagihan yang lebih lancar!

Pisahkan Catatan Piutang dan Utang dalam Melakukan Pembukuan

10 Cara Efektif Mengelola Utang Perusahaan

Manajemen dana yang buruk merupakan salah satu penyebab kegagalan sebuah bisnis.

Percampuran dana yang di depositkan oleh klien dan dana yang meminjamkannya dapat menyebabkan kebingungan dan jika membiarkannya lebih buruk dapat menjadi krisis keuangan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memisahkan kedua jenis catatan ini.

Ini akan memudahkan melacak apa yang akan mencarinya.

Selain itu juga dapat mengetahui apa yang menjadi milik Anda dan apa yang menjadi milik bisnis Anda.

Simpan Semua Catatan Keuangan & Bukti Pendukung Lain

Keuangan Semakin Diterjang, Bagaimana Ketentuan Upah Pekerja Bisnis UKM?

Catatan keuangan dan bukti pendukung merupakan hal yang sangat penting.

UKM yang visioner harus memastikan semua dokumen yang menggunakan dalam transaksi sehari-hari menyimpannya dengan baik untuk menggunakannya sebagai referensi di masa yang akan datang.

Untuk membangun keuangan yang baik, pastikan Anda memiliki pernyataan bank, format laporan laba rugi, neraca, kuitansi, faktur, dan lainnya.

Alokasikan Waktu Untuk Mengkaji Pembukuan Secara Rutin

Pengelolaan Waktu

Menurut banyak pengusaha, meninjau pembukuan bisnis secara rutin akan membuat Anda mendapatkan informasi yang selalu memperbaharui tentang keadaan bisnis.

Dengan demikian, Anda dapat mengelola arus kas, mengetahui pengeluaran mingguan yang terjadi dan informasi tentang faktur yang telah mengeluarkannya perusahaan.

Di samping itu juga membantu Anda untuk mengetahui, memantau, dan mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran dan masalah yang terjadi.

Salah satu cara yang dapat melakukannya untuk melacak semua pengeluaran dan pendapatan adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Ya, dengan itu catatan pengeluaran akan tersimpan secara otomatis.

Gunakan Software Akuntansi dalam Melakukan Pembukuan UKM

Fungsi Software Akuntansi Bagi Koperasi Serba Usaha

Ini adalah salah satu tips yang penting untuk pembukuan UKM.

Menggunakan software akuntansi online dapat memudahkan Anda melakukan pembukuan dengan mudah.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan realtime.

Jurnal juga dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan koneksi Internet.

Oleh karena itu, aplikasi pembukuan dapat menjadi solusi untuk membantu Anda dalam melakukan pembukuan dan proses akuntansi dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

Coba gratis Jurnal sekarang selama 14 hari! Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal