Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

8 Sifat yang Harus Anda Miliki untuk Sukses di Dunia Usaha

Tayang 13 Apr 2019
Diperbarui 10 Januari 2024

Apakah Anda memiliki cita-cita untuk sukses dalam dunia usaha? Jawabannya sudah pasti ya. Mengingat, banyak orang memiliki keinginan yang sama dengan Anda. Sukses merupakan hak setiap orang, tinggal bagaimana cara orang tersebut mengusahakan untuk bisa sampai di tingkat kesuksesan.

Hal yang membedakan setiap orang sukses dan tidak sukses adalah sejauh mana usaha yang telah dilakukan. Dalam meraih kesuksesan, ada beberapa sifat yang bisa menjadi cerminan kesuksesan seseorang dalam dunia bisnis ke depannya.

Berikut ini merupakan 8 sifat yang bisa membuat sukses dalam dunia usaha dan tentunya bisa Anda terapkan di dalam diri.

Yakin dan Tidak Banyak Alasan

Kunci sukses yang pertama yaitu selalu yakin dalam bertindak dan tidak memiliki alasan untuk mengatakan tidak.

Jika Anda sudah yakin dengan keputusan yang Anda buat, maka Anda tidak akan ragu lagi dalam berusaha meraih kesuksesan.

Dalam jalan meraih kesuksesan, banyak kendala dan masalah yang harus Anda hadapi.

Jangan pernah menghindar atau malah membuat alasan, karena ini menjadi salah satu ujian yang harus Anda hadapi.

Semakin banyak kendala dan masalah yang bisa Anda lalui, maka semakin dekat pula kepada kesuksesan.

Temukan cara-cara cerdas, efektif dan efisien dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

Ikuti Proses dan Jangan Lewatkan Kesempatan

Ada pepatah mengatakan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati proses.

Untuk itu Anda harus selalu mengikuti setiap proses dari usaha yang Anda lakukan.

Semakin banyak proses yang dihadapi, semakin banyak pula kesempatan Anda untuk sukses.

Kesuksesan itu tidak bisa didapatkan secara mudah dan instan, melainkan melalui proses yang panjang.

Oleh karena itu, jika ada kesempatan, jangan pernah lewatkan, karena kesempatan tidak datang dua kali.

Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan analisis yang baik agar setiap kesempatan bisa Anda jadikan untuk memajukan usaha yang Anda miliki.

Kegigihan Tinggi

Sukses bukan milik orang yang lemah, sukses hanya dimiliki oleh orang yang memiliki kegigihan yang tinggi.

Jika Anda baru gagal 1 kali kemudian putus asa, maka Anda tidak akan pernah meraih kesuksesan.

Contoh saja Thomas Alfa Edison zaman dahulu melakukan percobaan menemukan bola lampu pijar sebanyak 999 kali gagal, baru saat yang ke 1000 berhasil melakukan penemuannya.

Tekun dan Tidak Mudah Putus Asa

Ketekunan identik dengan sifat sabar, gigih, dan pantang menyerah. Jika kita lihat beberapa tokoh hebat di dunia ini adalah mereka yang tekun dengan apa yang mereka kerjakan, bahkan gagal berkali-kalipun, mereka akan tetap mencobanya lagi hingga berhasil.

Dengan memiliki sifat tekun, segala rintangan dan kemalasan yang ada akan kalah, sehingga mendekatkan kepada kesuksesan.

Cobalah untuk terus melangkah untuk menghilangkan rasa mudah putus asa dan sifat buruk lainnya yang bisa menghancurkan usaha Anda.

Fokus dan Belajar dari Kesalahan

Tidak ada seorang ahli hebat di dunia ini yang menguasai berbagai bidang ilmu berbeda. Dan tidak ada juga orang yang hidup tanpa pernah membuat kesalahan.

Seorang yang sukses adalah orang yang bisa fokus kepada bidangnya masing-masing dan menjadikan kesalahan menjadi sebuah baham pembelajaran.

Semakin Anda fokus pada suatu hal, maka akan semakin dekat pula kepada apa yang Anda inginkan.

Dan semakin banyak kesalahan yang pernah Anda lakukan, semakin besar juga ilmu yang Anda dapatkan. Satu hal yang tidak pernah membuat Anda sukses, yaitu mengulangi kesalahan yang sama.

Kreatif dan Inovatif

Apapun jenis usaha yang Anda geluti, aspek terpenting agar usaha Anda bisa tetap bertahan dan berkembang adalah dengan kreativitas dalam membuat inovasi.

Kreativitas bukan hanya dari produk yang Anda jual, tetapi juga dalam melakukan promosi yang bisa menarik lebih banyak konsumen.

Untuk bisa berfikir kreatif, Anda bisa melakukan dengan cara memandang hal-hal melalui sudut pandang yang berbeda, membuka pikiran dan mempelajari hal baru, serta membuka imajinasi dan tidak mudah menyerah.

Dengan melakukan inovasi yang kreatif, konsumen tidak bosan dan produk yang Anda miliki bisa tetap menguasai pasar.

Terampil Berkomunikasi

Komunikasi akan berhubungan erat dengan pemasaran. Dengan memiliki komunikasi yang terampil, Anda dapat memasarkan produk dengan mudah.

Di mana, Anda dapat menyampaikan informasi yang menarik mengenai produk Anda, sehingga orang-orang yang menerima informasi tersebut akan tertarik membeli dan mencoba produk yang Anda miliki.

Semakin pintar Anda dalam melakukan strategi komunikasi, maka semakin banyak juga orang mengenal produk Anda dan membeli produk yang Anda pasarkan.

Miliki Tujuan yang Jelas dan Tidak Mudah Puas

Untuk mengukur keberhasilan dalam dunia usaha, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Bukan hanya soal keuntungan yang besar, tetapi ada beberapa tujuan lain yang perlu Anda capai agar usaha yang Anda bangun tetap bisa eksis dan berkembang.

Jika tujuan telah tercapai, sebagai pengusaha, Anda juga dilarang untuk mudah merasa puas.

Pengusaha yang sukses tidak akan merasa puas terhadap hasil yang didapatkan, mereka akan selalu membuat tujuan baru yang lebih besar dan berusaha dengan lebih giat untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Tidak hanya sifat saja yang bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalam dunia usaha, tetapi administrasi keuangan juga berperan penting.

Usahakan mencatat semua pengeluaran dan pendapatan usaha Anda secara jelas dan teliti, serta jangan pernah mencampur antara uang miliki pribadi dengan uang hasil usaha.

Meskipun sedikit rumit, administrasi keuangan memiliki manfaat untuk memajukan usaha.

Oleh karena itu Anda bisa menggunakan software akuntansi online yang bisa memudahkan Anda dalam masalah administrasi keuangan usaha.

Pilihlah software akuntansi yang tepercaya dan akurat dalam menghitung laporan keuangan bisnis Anda.

Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan yaitu Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi yang memiliki sistem sudah terintegrasi. Jadi, setiap proses dan data penghitungan akan terjamin keamanan serta keakuratannya. Jurnal memiliki banyak fitur yang menunjang usaha Anda.

Dengan sistem yang sudah terintegrasi, segala hal tentang keuangan bahkan persediaan barang akan lebih mudah untuk dikelola dan memberikan informasi yang berguna untuk pengembangan usaha.

Integrasikan juga bisnis Anda dan pelajari bagaimana software ERP dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Jurnal juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, mulai dari software akuntansi perusahaan dagang, perusahaan jasa, hingga perusahaan manufaktur.

Jurnal siap untuk digunakan kapanpun dan di manapun Anda berada. Selain itu, Jurnal memberikan free trial untuk pengguna baru.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal