Mekari Jurnal
Daftar Isi

Sistem Pembuatan Laporan Keuangan Manual vs Aplikasi

Tayang 27 Dec 2022
Diperbarui 07 November 2023

Ketahui perbedaan antara sistem pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan cara manual dibandingkan dengan menggunakan aplikasi yang akan dijelaskan oleh Blog Mekari Jurnal.

Untuk membuat data laporan penjualan dan keuangan suatu perusahaan, Anda dapat dapat melakukannya dengan dua cara – manual atau otomatis (menggunakan aplikasi).

Cara manual yaitu dengan sistem pembukuan yang masih menggunakan pensil atau software spreadsheet seperti Lotus 123 atau Microsoft Excel, di mana Anda harus meng-input data dan melakukan perhitungan secara manual.

Sedangkan dengan menggunakan aplikasi, pelaporan keuangan dapat dihasilkan secara otomatis karena adanya sistem pembukuan yang lebih terintegrasi.

Sistem Laporan Keuangan Perusahaan yang Baik

Perbedaan Sistem Laporan Keuangan Manual dengan Aplikasi

Apa bedanya pembuatan laporan keuangan secara manual jika dibandingkan dengan penggunaan aplikasi akuntansi seperti Mekari Jurnal?

Sistem Pembukuan Manual

Dengan membuat laporan keuangan secara manual, Anda tentu harus mencatat banyak hal di beberapa kertas kerja ataupun beberapa rumus excel spreedsheet untuk mendapatkan laporan keuangan yang diinginkan.

Bukan hanya itu, Anda juga harus menghitung saldo pada laporan dengan menggunakan kalkulator.

Membuat pembukuan keuangan secara manual tentu dapat menyita banyak waktu dan sangat berisiko apabila kurang teliti.

Anda harus melalui atau tahapan proses dengan baik dan tepat seperti membuat invoice dengan tulisan tangan, lalu mengubahnya jadi jurnal double entry secara manual, kemudian posting ke buku besar hingga menjadi laporan keuangan.

Bukan hanya itu, Anda juga harus membuat laporan utang piutang dari setiap invoice yang Anda terima dan juga membuat daftar stok barang beserta harga pokok penjualan yang dicatat dan dihitung secara manual.

Untuk memudahkan dalam perhitungan atau pencatatan, sistem ini dapat mempermudah dengan menggunakan software spreadsheet.

Dengan software sistem pencacatan keuangan tersebut, Anda dapat lebih mudah dalam menghitung dan mencatat atau mengumpulkan bukti transaksi untuk menjadi laporan keuangan.

Tapi, Anda tentu harus mengetahui rumus-rumus yang harus memakai untuk mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Sistem Pembukuan dengan Menggunakan Aplikasi Akuntansi

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda hanya perlu memasukkan transaksi keuangan perusahaan.

Kemudian, aplikasi akuntansi akan secara otomatis mengelola laporan keuangan sesuai dengan yang Anda butuhkan seperti laporan arus kas, utang piutang, laba rugi, stok barang, perubahan modal, dan lain sebagainya.

  • Aplikasi Akuntansi Offline

Dengan memilih aplikasi offline, artinya Anda harus memasang aplikasi tersebut pada komputer.

Dengan spesifikasi hardware yang baik, aplikasi ini cukup memiliki performa yang baik dan akan berjalan tanpa adanya gangguan.

Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga tidak dapat mengakses dari jarak jauh apabila ada keperluan pengawasan atau pengambilan database.

Selain itu, aplikasi sistem laporan keuangan offline ini tidak dapat menyebarkan karena memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain untuk komputer yang berbeda.

  • Aplikasi Akuntansi Online

Dengan berkembangnya zaman, pemilik bisnis kini bisa menggunakan software laporan keuangan perusahaan yang berbasis ‘cloud system’.

Melalui teknologi ini, Anda dapat mengakses data akuntansi kapanpun dan dimanapun dengan data yang ditampilkan secara up to date atau real time.

Software jenis seperti ini biasa disebut software akuntansi online.

Dengan memilih sistem online, Anda tidak perlu melakukan instalasi pada gadget ataupun komputer yang menggunakan.

Aplikasi ini juga sangat ringan dan tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Mekari Jurnal menawarkan sistem pembuatan laporan keuangan perusahaan yang otomatis dan akurat.

Beragam fiturnya akan membantu Anda membuat laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman serta dapat mengelola keuangan bisnis dimanapun dan kapanpun dengan praktis.

Dapatkan kemudahan dalam pembukuan dan pelaporan keuangan perusahaan dengan mencoba Jurnal sekarang gratis selama 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Pembukuan Manual VS Software Akuntansi, Mana yang Lebih Bagus?

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal