Mekari Jurnal
Daftar Isi

Ronald Gandawinata, Focus Dental Lab: Jurnal Memberikan Solusi Keuangan

Tayang 31 Mar 2019
Diperbarui 02 November 2023

Bisnis di bidang layanan kesehatan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. Hal ini karena kesehatan adalah sebuah hal penting yang sifatnya sangat vital bagi setiap orang. Salah satu bisnis di bidang kesehatan adalah laboratorium gigi. Bisnis ini biasanya akan menyediakan layanan pembuatan gigi seperti gigi palsu lepasan, crown gigi, veneer, dan lain sebagainya. Salah satu laboratorium yang melayani pembuatan gigi ini adalah Focus Dental Lab.

Sebelum berganti nama menjadi Focus Dental Lab, laboratorium ini telah mulai memproduksi crown gigi sejak tahun 80-an. Karena setiap gigi memiliki karakter masing-masing, Focus Dental memproduksi gigi sesuai dengan karakter masing-masing pasien seperti bahan yang digunakan, ketebalan, dan juga bentuknya. Dalam memproduksi gigi, Focus Dental menggunakan dua teknik yaitu konvensional dan digital.

Untuk menciptakan gigi yang sempurna, Focus Dental bekerja sama dengan dokter gigi Indonesia. Dalam menjalankan bisnis ini, Focus Dental biasanya akan mendapatkan pesanan dari dokter gigi yang telah menjadi partner sekaligus percaya akan kualitas yang diberikan oleh Focus Dental Lab.

Tantangan yang Dihadapi Focus Dental Lab

Tantangan berbisnis adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam mengelola usaha, seperti yang dialami oleh Ronald Gandawinata, sebagai Managing Partner di Focus Dental Lab. Ronald dipercaya untuk melanjutkan bisnis yang telah berlangsung kurang lebih 3 dekade, dan hal ini merupakan tantangan baru baginya. Di mana, Ronald harus bisa mempertahankan kualitas yang selama ini telah terjaga.

Setelah berhasil mempertahankan kualitas yang diberikan, Ronald juga pernah mengalami masalah, salah satunya masalah dalam keuangan bisnis. Selama proses transisi di tahun pertama, Ronald yang memiliki background di bidang finance ini menyadari bahwa sistem pembukuan manual yang digunakan saat itu tidak dapat membantu dalam mencatat transaksi yang terperinci hingga mempersulit proses pembuatan laporan keuangan.

Pentingnya Pembukuan Menurut Ronald

Dengan background di bidang finance, Ronald menyadari bahwa pembukuan adalah salah satu hal penting dalam mengelola keuangan. Dengan melakukan pengelolaan secara tepat, Ronald akan lebih mengetahui bagaimana kondisi perusahaan saat itu, apakah dalam keadaan baik dan menguntungkan, atau buruk dan mengalami kerugian.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Ronald mulai menggunakan aplikasi Mekari Jurnal, sebagai solusi pembukuan. Dengan menggunakan Jurnal, Ronald lebih tahu secara detail mengenai pengeluaran dan pemasukan bisnis setiap harinya, mulai dari biaya, pembelian, dan juga penjualan.

Bukan hanya itu, dengan mengetahui detail penjualan, Ronald jadi lebih mudah menganalisa masalah yang sebenarnya belum pernah terpikirkan olehnya, yaitu mengetahui transaksi klien, apakah sedang naik atau turun. Dengan mengetahui transaksi klien, Ronald dapat melakukan pendekatan atau penanganan khusus. Di mana hal ini dapat menjaga hubungan kerja sama menjadi lebih baik.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang telah dipercaya Ronald untuk membantunya mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan Jurnal, Ronald dapat lebih mudah mengetahui kondisi keuangan bisnisnya, sekaligus mengetahui seberapa besar transaksi masing-masing kliennya. Jurnal sebagai software akuntansi terbaik juga membantu Ronald menganalisa keuangan bisnisnya lebih mudah dan cepat.

Ikuti langkah Ronald dalam mengelola bisnis lebih efektif dan mudah dengan menggunakan aplikasi keuangan yang praktis. Hubungi kami untuk menjawalkan demo gratis sekarang!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal