Mekari Jurnal
Daftar Isi

Nikmati Fitur Pembukuan Lengkap dengan Jurnal

Tayang 16 Mar 2019
Diperbarui 09 Januari 2024

Tidak hanya produk, marketing, atau customer service yang harus diperhatikan oleh seorang pemilik bisnis pada fitur pembukuan. Masalah keuangan adalah salah satu hal penting dan tidak boleh menganggap remeh oleh seorang pemilik bisnis.

Salah mengelola keuangan, pembukuan yang berantakan, kurangnya kontrol pengeluaran bisnis, atau pun pengetahuan yang kurang baik terhadap akuntansi dapat mengakibatkan bisnis tidak berjalan sesuai rencana dan bahkan dapat mengakibatkan kebangkrutan.

Pentingnya Fitur Pembukuan dalam Akuntansi

Tidak jarang, beberapa pemilik usaha cenderung mengabaikan masalah keuangan terutama pada pembukuan dan laporan keuangan.

Alasannya adalah karena usahanya masih kecil sehingga tidak memerlukan laporan keuangan. Ini adalah kesalahan fatal karena dari pembukuan dan laporan keuangan inilah semua analisa keuangan mulai dari transaksi hingga laba rugi perusahaan dapat terlihat.

Dari laporan keuangan ini akan membuat strategi lanjutan yang berkaitan dengan pengembangan usaha yang dimiliki oleh pelaku bisnis.

Ketika usaha sudah memiliki omset yang tinggi pada fitur pembukuan.

Terkadang pemilik usaha juga masih sering menyepelekan laporan pembukuan keuangan usaha yang semestinya membuat sejak awal.

Mengapa pembukuan keuangan harus dilakukan sejak awal? Karena ketika usaha Anda mulai berkembang dan pembelian semakin banyak, maka jumlah transaksi akan semakin besar pula.

Omset usaha juga akan terlihat besar, namun belum tentu cash yang diterima juga besar atau bahkan tidak ada margin sama sekali karena adanya piutang atau hal lainnya yang tidak diketahui.

Tapi, tidak semua pemilik bisnis memiliki latar belakang akuntansi atau mengerti keuangan apalagi ilmu akuntansi pada fitur pembukuan.

Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang merekrut orang yang ahli di bidang akuntansi.

Baca juga: Cara pembukuan akuntansi keuangan.

Tidak ada salahnya merekrut seorang ahli akuntansi, namun untuk memantau keuangan bisnis, Anda juga perlu memahami laporan keuangan yang berguna saat Anda ingin mengambil keputusan yang tepat bagi bisnis Anda.

Fitur Pembukuan Lengkap yang Dimiliki oleh Jurnal

Jurnal, sebuah software pembukuan dan akuntansi online yang yang aman, praktis, dan dapat mengandalkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis kecil maupun menengah pada fitur pembukuan.

Dengan Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam mengatur administrasi dan operasional perusahaan, sehingga Anda dapat lebih fokus melakukan hal penting dalam mengembangkan bisnis Anda.

Lalu apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software pembukuan dan akuntansi Jurnal?

Laporan Keuangan Instan

Cermat Memilih Fitur dalam Software Akuntansi untuk Bisnis Berkembang

Seperti yang telah membahas di atas, dengan menggunakan software pembukuan Jurnal, Anda tidak akan merepotkan lagi dengan penyusunan keuangan bisnis.

Hanya dengan sekali klik, laporan dari pembukuan keuangan dapat Anda lihat secara instan.

Ada beberapa laporan yang bisa Anda dapatkan seperti, Laporan Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Piutang & Utang, Laporan Penjualan & Pembelian, dan juga Laporan Biaya.

Dengan laporan yang Anda terima dari Jurnal, Anda dapat dengan mudah melihat ringkasan rekonsiliasi bank, perubahan ekuitas, dan juga neraca saldo secara otomatis pada fitur pembukuan. Mudah bukan?

CashLink

Dengan fitur CashLink ini, Jurnal akan membantu Anda untuk memonitor arus kas masuk dan keluar yang memudahkan Anda untuk merencanakan bisnis dengan lebih matang.

Tambahkan akun bank Anda, catat transaksi kas dan bank (transfer, terima uang, dan kirim uang), serta lakukan rekonsiliasi untuk memastikan informasi yang menerima telah seimbang.

Monitor Biaya Pengeluaran

5 Aplikasi Keuangan yang Bantu Anda Sukseskan Bisnis

Siapa bilang mengatur biaya pengeluaran itu sulit? Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat mengatur biaya pengeluaran bisnis Anda dengan mudah.

Selain dapat menjaga biaya pengeluaran tetap terlacak, Anda juga dapat menyimpan bukti pembayaran dengan fitur ‘attachment’ pada software Jurnal.

Jurnal juga memiliki opsi ‘tag’ yang memudahkan Anda untuk mengelompokkan seluruh biaya yang berhubungan dengan proyek dan melacak jumlah biaya yang mengeluarkan untuk proyek tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membuat jadwal berulang untuk transaksi yang terjadi secara teratur, seperti Internet, gaji, listrik, dan lain sebagainya.

Monitor Stok Barang

Dengan fitur Stok Barang pada software pembukuan Jurnal, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan secara langsung, seperti jumlah stok barang, catatan persediaan barang, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong.

Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengetahui barang apa yang paling meminati oleh konsumen Anda. Dan yang terpenting laporan stok barang ini terjadi secara real-time dan memudahkan Anda saat sedang melakukan stok opname.

Catatan Penjualan dan Pembelian

Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat dengan mudah memonitor transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam bisnis Anda.

Jurnal juga dilengkapi fitur invoice dengan 11 desain profesional yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Manfaat aplikasi invoice ini adalah kemudahan memonitor utang dan piutang yang terjadi dalam bisnis Anda, serta memproses segala transaksi jual beli dalam bisnis dengan pencatatan yang sistematis.

Pengaturan Aset Tetap

Aset perusahaan terkadang mengalami penambahan atau bahkan mengalami penyusutan nilai.

Laporan aset perusahaan ternyata merupakan hal penting yang harus diketahui oleh pemilik bisnis untuk memaksimalkan aset tersebut agar tidak mengalami penyusutan nilai secara berlebih pada fitur pembukuan.

Dengan software pembukuan Jurnal, Anda dapat dengan mudah mengatur aset perusahaan Anda secara otomatis, dari turun hingga naiknya nilai aset.

Anda juga dapat melakukan proses pembelian aset dan pembuangan aset tetap kapan pun.

Daftar Akun Fleksibel

Dengan software akuntansi Jurnal ini, Anda dapat mendaftarkan hingga 5 akun berbeda secara gratis sesuai dengan paket yang Anda daftarkan pada fitur pembukuan.

Multi akun ini memudahkan Anda atau karyawan Anda dalam melakukan tugasnya masing-masing.

Misalnya, staf pembelian Anda hanya dapat mengisi bagian pembelian, dan staf penjualan hanya dapat mengisi bagian penjualan, dan lain sebagainya.

Keamanan & Bantuan Terjamin

Tak perlu khawatir akan keamanan data keuangan Anda, karena Jurnal telah memiliki sistem keamanan informasi yang terakreditasi dan tersertifikasi ISO/IEC 27001.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu melakukan backup data karena data Anda selalu dibackup secara otomatis oleh Jurnal.

Dan jika Anda mendapatkan kesulitan dalam menjalankan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan bantuan melalui live chat online.

Akses Mudah

Tak hanya fitur-fitur di atas, dengan Jurnal Anda juga akan dipermudah untuk memonitor keuangan bisnis Anda kapan pun dan di mana pun. Hanya menggunakan aplikasi browser di ponsel, tablet, maupun laptop, Anda dapat mengakses seluruh fitur yang tersedia di Jurnal kapan pun dalam satu genggaman.

Itu dia berbagai fitur yang akan Anda dapatkan dengan mudah melalui software pembukuan dari Jurnal. Dengan Jurnal, Anda dapat memonitor keuangan bisnis Anda dengan mudah, aman, dan praktis di mana pun dan kapan pun.

Hanya dengan Rp149.000,- Anda dapat menikmati berbagai fitur yang memudahkan bisnis Anda mulai sekarang. Daftar sekarang juga dan mulai bisnis Anda lebih baik sekarang juga!

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal