Home / Blog / Business & Economy

Mengenal Lebih Dekat Tentang Pendapatan Perusahaan

jenis pendapatan perusahaan
Daftar isi
Mode

Pendapatan perusahaan adalah penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang biasa dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penjualan jasa, bunga, dividen, royalti, dan sewa.

Semakin besar pendapatan yang diperoleh, maka semakin besar kemampuan usaha untuk membiayai segala pengeluaran atau biaya operasional harian yang akan dilakukan.

Pendapatan adalah unsur yang harus dilakukan dalam melakukan suatu usaha karena bisa menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan.

Pendapatan Menurut Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi, pendapatan dapat diartikan sebagai penghasilan yang diperoleh dari suatu pekerjaan, atau menurut FASB.

Selain itu dapat didefinisikan sebagai arus masuk atau kenaikan-kenaikan lainnya dari nilai harta suatu satuan usaha atau penghentian utang-utangnya atau kombinasi dari keduanya dalam suatu periode.

Selain itu, termasuk juga akibat dari penyerahan atau produksi barang-barang, penyerahan jasa-jasa, atau pelaksanaan aktivitas-aktivitas lainnya yang membentuk operasi-operasi utama atau sentral yang berlanjut terus dari satuan usaha tersebut.

Macam-Macam Pendapatan dalam Berbagai Jenis Usaha

a. Perusahaan Industri

Perusahaan industri atau perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengolah atau memproduksi bahan baku menjadi bahan jadi, yang kemudian dijual kepada konsumen.

Dalam perusahaan industri, penghasilan yang diperoleh berasal dari penjualan barang-barang yang diproduksinya. Jadi, setiap jumlah barang yang dijual di pasar merupakan laba dari perusahaan tersebut.

b. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjual barang dagangan yang sebelumnya dibeli dari pabrik.

Dalam perusahaan dagang, pendapatan diperoleh dari penjualan barang dagangan sesuai dengan harga beli barang tersebut ditambah dengan laba yang diharapkan.

Baca Juga: 9 Jenis Transaksi Perusahaan Dagang dan Karakteristiknya

c. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, di mana perusahaan ini memberi jasa kepada konsumen dan memperoleh imbalan dari jasa yang telah diberikan.

Imbalan yang diperoleh perusahaan jasa disebut sebagai penghasilan yang berasal dari penanganan jasa kepada pihak-pihak lain yang menggunakan jasa yang bersangkutan.

Jenis-Jenis Pendapatan

Berikut jenis-jenis pendapatan, antara lain:

  1. Pendapatan bersih adalah hasil yang didapat oleh perusahaan sesudah dikurangi pajak langsung.
  2. Pendapatan diterima di muka, belum diakui (dicatat sebagai utang) pada saat penerimaannya. Dan baru akan diakui sebagai pendapatan jika perusahaan telah menyelesaikan kewajibannya berupa pengiriman barang atau penyerahan jasa kepada pihak yang bersangkutan pada waktu yang akan datang. Ini dapat diakui secara bertahap sesuai dengan penyelesaian kewajiban oleh perusahaan.
  3. Pendapatan lain-lain adalah yang berasal dari sumber-sumber di luar kegiatan utama perusahaan, tidak termasuk dalam pendapatan  yang berasal dari operasi, misalnya bunga, sewa, dividen, dan laba penjualan aktiva tetap.
  4. Pendapatan permanen adalah penghasilan rata-rata yang diharapkan dalam perusahaan selama perusahaan tersebut berdiri.
  5. Pendapatan uang adalah penghilasan rumah tangga konsumsi atau rumah tangga produksi dalam bentuk suatu kesatuan moneter.
  6. Pendapatan usaha adalah yang berasal dari kegiatan utama perusahaan.
  7. Pendapatan yang masih harus diterima adalah jenis penghasilan yang masih harus diterima adalah yang sudah dihasilkan (earned) walaupun piutang yang bersangkutan belum jatuh tempo (belum saatnya ditagih).

Mekari Jurnal adalah salah satu software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu Anda mengetahui berapa pendapatan perusahaan hingga membantu menyediakan laporan keuangan perusahaan secara instan.

Jurnal juga memiliki beberapa fitur pendukung yang juga sangat bermanfaat untuk membantu usaha Anda semakin maju kedepannya, seperti fitur pengelolaan aset, program inventaris barang, penghitungan biaya, aplikasi inventory barang berbasis web dan masih banyak lagi.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami