Mekari Jurnal
Daftar Isi

Memilih Syarat Pembayaran yang Tepat

Tayang 17 Apr 2021
Diperbarui 07 November 2023

Dari sudut pandang seorang pemilik bisnis, siklus penjualan bisnis Anda tidak selesai hingga di kesepakatan penjualan. Oleh karena itu seorang pemilik bisnis harus menggunakan beberapa cara untuk memastikan bahwa semua faktur penjualan dilunasi tepat waktu.

Era globalisasi juga telah mempermudah bagi bisnis untuk memperluas pasarnya di luar daerah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kebiasaan syarat-syarat transaksi pembayaran yang ada di daerah yang berbeda-beda untuk memastikan bahwa arus kas bisnis Anda lancar.

Syarat pembayaran menjelaskan batas waktu pelunasan faktur penjualan, dan juga kondisi dan persyaratan ganti rugi jika sampai pelunasan dilakukan setelah jangka waktu yang disepakati.

Sebagai seorang pemilik bisnis, selain memilih syarat pembayaran yang tepat untuk pelanggan Anda, Anda juga harus mematuhi syarat pembayaran dari vendor maupun pemasok bisnis Anda.

Mengapa Syarat Pembayaran Sangat Penting

Syarat pembayaran dapat membantu sebuah bisnis memiliki jadwal penerimaan pembayaran yang rutin.

Hal ini sangat membantu perencanaan finansial perusahaan tersebut, dari proses pembuatan budget usaha hingga pembayaran gaji karyawan.

Perlu diketahui bahwa penetapan syarat pembayaran ini tidak selalu akan memberatkan pelanggan yang telah Anda miliki, namun, syarat pembayaran ini dapat menawarkan beberapa pilihan bagi mereka dalam pelunasan hutang usaha, seperti program diskon maupun pembayaran cicilan.

Bahkan, jika Anda menawarkan syarat pembayaran yang lebih menguntungkan pelanggan daripada kompetitor, syarat pembayaran ini dapat menjadi nilai jual lebih bisnis Anda.

Baca Juga : Pentingnya Menentukan Syarat Pembayaran atas Invoice

Berikut ini adalah beberapa jenis kondisi pembayaran yang biasanya terdapat di faktur penjualan beserta penjelasannya:

Pembayaran Langsung

Pembayaran langsung artinya adalah sebuah transaksi di mana pembayaran harus dilakukan pada saat barang diterima.

Kondisi pembayaran ini biasanya banyak dikenal sebagai CoD, atau Cash on Delivery.

Di kondisi pembayaran ini, jika sang pembeli tidak dapat melunasi pembeliannya pada saat pengantaran barang, sang penjual memiliki hak untuk mengambil kembali barang tersebut.

Kondisi pembayaran ini sangat menguntungkan pemilik bisnis kecil namun kurang disenangi pembeli.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal  bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat dengan bantuan laporan keuangan dari Jurnal. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!


Net 30

Net/30 merupakan salah satu syarat pembayaran yang paling umum digunakan.

Net30, atau terkadang ditulis sebagai N/30, berarti pihak pembeli harus membayar dalam kurun waktu 30 hari dari tanggal faktur.

Selain Net 30, ada pula kondisi pembayaran Net 45 atau Net 60, yang dapat ditetapkan tergantung kesepakatan pembeli dan penjual.

2/10 Net 30

Seperti Net-30, di 2/10 Net30 para pembeli diwajibkan untuk membayar dalam kurun waktu 30 hari dari pembelian.

Namun, pembeli juga mendapat diskon sebesar 2% jika membayar dalam kurun waktu 10 hari dari pembelian.

Hal ini memberikan keuntungan tambahan bagi pembeli dan penjual; pembeli dapat menghemat uang dan penjual menerima pembayaran lebih awal.

Baca Juga : 4 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Punya Kondisi Keuangan Yang Sehat

Mengirimkan Faktur Penjualan

Sebagai pelaku bisnis kecil, Anda akan mengirimkan beberapa faktur penjualan setiap bulan. Untuk memastikan bahwa pembayaran akan dilakukan tepat waktu, pastikan bahwa Anda telah berdiskusi dengan pelanggan dan sepakat mengenai syarat pembayaran yang akan digunakan.

Baca Juga : Simak Perbedaan antara Faktur Penjualan dan Pembelian

Menerima Faktur Penjualan

Tentunya sebagai pemilik bisnis kecil Anda juga akan menerima faktur penjualan atau bukti tagihan transaksi dari vendor.

Hal terpenting yang harus dicek pada saat menerima faktur penjualan adalah syarat pembayaran yang ada.

Beberapa vendor memiliki persyaratan pembayaran yang ketat seperti cash on delivery, namun ada beberapa vendor yang memberikan diskon untuk pembayaran yang lebih awal.

Pastikan bahwa bisnis Anda selalu memiliki uang kas yang cukup untuk melakukan semua pembayaran.

Baca juga: 9 Manfaat dan Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

Menjelaskan Kondisi Pembayaran dengan Jelas

Pembayaran Upah Pekerja UKM selama Work From Home

Sudah merupakan rahasia umum bahwa pemilik bisnis kecil memiliki jadwal yang padat.

Mengubah system penjualan Anda tentunya akan merepotkan, namun hal ini dapat mempermudah pekerjaan Anda untuk jangka panjang.

Buat dan implementasikan sistem penjualan yang jelas, dan komunikasikan syarat pembayaran ke semua pelanggan dengan jelas.

Jika Anda melakukan kedua hal ini dengan baik, kemungkinan besar pelanggan Anda akan melunasi pembayaran tepat waktu.

Baca Juga : 7 Hal yang Harus Didiskusikan dengan Calon Rekan Bisnis

Jurnal merupakan salah satu penyedia online invoice yang akan banyak membantu bisnis Anda dalam pembuatan faktur, atau tagihan, pengelolaan aset bisnis, hingga membuat laporan keuangan secara instan.

Pelajari bagaimana aplikasi invoice Mekari Jurnal dapat membantu pekerjaan Anda.

Dengan Jurnal, keamanan laporan bisnis Anda akan terjamin, serta bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal