Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Kiat-Kiat Managerial Untuk Para Pendiri Usaha

Tayang 10 Dec 2018
Diperbarui 11 Oktober 2023

Industri startup IT di Indonesia terus tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Setiap hari, ada perusahaan baru yang didirikan dengan mimpi untuk tumbuh besar dan menjadi sebuah nama yang dikenal di sektor industri masing-masing seperti Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka.

Lebih dari sekedar ide bisnis dan keahlian dalam membangun produk, kepemimpinan adalah salah satu faktor paling penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut, berikut ini adalah beberapa kiat yang diberikan oleh beberapa kepala perusahaan besar mengenai bagaimana mereka melakukan manajemen dan sukses mengembangkan perusahaan mereka:

Beri Karyawan Anda Kepercayaan

Sebagai seorang manajer, memiliki karyawan yang dapat diandalkan berarti Anda tidak harus mengkhawatirkan tentang penanganan proyek kecil maupun melakukan micromanagement. Hal ini akan memperbolehkan Anda untuk fokus pada pelaksanaan visi dan misi perusahaan Anda.

Pendiri GoDaddy, Bob Parsons mengatakan dalam sebuah artikel di Inc.com bahwa dia dapat meluangkan waktu kapan saja diperlukan karena dia dapat menyelesaikan pekerjaannya lewat orang lain, dan hal tersebut memberikan dia kapabilitas lebih dalam bekerja.

Dengan kata lain, seorang atasan harus mempercayai bawahan mereka untuk dapat bekerja dengan baik dan membuat keputusan yang tepat tanpa pengawasan. Hal ini membebaskan sang atasan untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar dan visioner.

Bob Compton, mantan CEO dari startup komunikasi Vontoo, berpendapat bahwa seorang CEO harus berkonsentrasi hanya pada tugas-tugas yang seharusnya CEO lakukan. Dia percaya bahwa fokus pada tugas-tugas tingkat tinggi adalah cara untuk memastikan bahwa Anda dapat mengendalikan hari Anda, dan tidak membiarkan hari mengendalikan Anda.

Virtualisasi Kegiatan Bisnis

Perkembangan teknologi telekomunikasi kini memungkinkan para pekerja untuk bekerja dari luar kantor, seperti rumah atau kedai kopi. Semakin banyak perusahaan yang berusaha untuk mengefisiensikan penggunaan ruang kantor dan menawarkan pilihan untuk bekerja dari rumah kepada para karyawannya.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan ini, ada dua kiat penting yang perlu Anda ketahui dalam memanage tenaga kerja secara virtual: percayai karyawan Anda dan siapkan sistem yang dapat mendukung pekerja Anda di mana pun mereka berada. Pendiri usaha sekarang dapat memulai sebuah perusahaan dari ruang tamu mereka berkat perkembangan internet dan sistem manajemen online yang mendukung pengelolaan tenaga kerja virtual.

Graham Hill, pendiri sebuah blog sukses Treehugger, memulai usahanya dari sebuah apartemen di Barcelona bermodalkan satu laptop dan koneksi internet. Graham bekerja dengan pekerja kontrak secara remote selama dua setengah tahun pertama site tersebut didirikan, dan membayar para penulis melalui PayPal.

Sistem kerja ini memungkinkan dirinya untuk menjalankan situs sambil tinggal di berbagai negara seperti Argentina, India, dan Thailand. Dengan kemajuan teknologi telekomunikasi, para atasan dapat memantau karyawan dari kantor virtual, menggunakan teknologi pengiriman pesan singkat dan telekonferensi.

Meskipun demikian, banyak atasan yang telah menerapkan sistem virtual ini mengakui bahwa komunikasi tatap muka masih belum bisa sepenuhnya tergantikan. Untuk menanggulanginya, beberapa perusahaan seperti WordPress mengadakan pertemuan perusahaan untuk memberikan para pegawai untuk bertemu langsung.

Perlu diingat bahwa meskipun kerja jarak jauh dapat memberikan karyawan kenyamanan yang mereka perlukan tanpa gangguan kantor pada umumnya, pertemuan langsung masih diperlukan untuk membangun moral karyawan, kerja sama tim, loyalitas terhadap perusahaan dan hubungan baik antar karyawan.

Baca Juga : Tips Terapkan Manajemen Usaha untuk Bisnis Kecil

Beri Penghargaan

Menurut Editor Fortune Adam Lashinsky, Apple mengembangkan budaya perusahaan yang mendorong diskusi dan memperbolehkan para karyawan untuk menantang pendapat satu sama lain. Budaya ini memungkinkan keluarnya ide maupun hasil pekerjaan terbaik karena adanya kontribusi dari seluruh karyawan yang terlibat.

Selain itu, berilah penghargaan kepada para karyawan berprestasi yang memberikan kontribusi lebih. Hal ini tidak harus memerlukan banyak uang. Contohnya CEO Yum!, sebuah perusahaan yang mengelola Pizza Hut dan KFC, memberi penghargaan terhadap karyawan teladan dengan hadiah-hadiah yang unik seperti ayam karet dan patung miniatur Taj Mahal.

Lacak Akuntabilitas dan Produktivitas

Paul English, salah seorang pendiri dari situs travel Kayak.com, memastikan bahwa seluruh karyawan yang ada mengetahui metrik kinerja layanan pelanggan dan traffic situs web perusahaan. English mencapai ini dengan menaruh beberapa monitor yang menampilkan metrik-metrik perusahaan tersebut di seluruh bagian kantor.

Seluruh karyawan bahkan dapat melihat secara real-time respon layanan dari email pelanggan terbaru serta foto dari karyawan yang menjawab email tersebut. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda perlu memastikan bahwa seluruh karyawan Anda tetap produktif dan dapat mengukur tingkat keberhasilan individual maupun tim. Hal ini membantu karyawan agar tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Buka Jalur Komunikasi

Hal penting lainnya adalah bagi seorang atasan terutama di tingkat senior management untuk memastikan adanya jalur komunikasi yang dapat diakses oleh seluruh karyawan, baik karyawan lama maupun baru di setiap departemen yang ada. Terkadang ide-ide terbaik dapat keluar dari percakapan yang terjadi di pantry maupun lorong kantor.

Selain itu, komunikasikan strategi bisnis Anda langsung ke karyawan, jangan berasumsi bahwa karyawan Anda akan langsung mengerti dengan baik dari membaca dokumen perusahaan. Dorong karyawan Anda untuk aktif dalam bertanya kapan saja. Hal-hal ini akan membuat karyawan lebih terlibat dan mengerti arah perkembangan perusahaan dan membebaskan Anda dari kewajiban untuk mengawasi kerja karyawan Anda secara mendetail.

 

Kiat-kiat manajerial diatas sangat efektif untuk perkembangan perusahaan yang lebih pesat. Disamping itu, dengan terciptanya kerjasama dan komunikasi yang baik antar staf maka target perusahaan akan lebih mudah dicapai. Untuk bisa lebih fokus mencapai target perusahaan, akan sangat terbantu apabila dalam menangani manajerial dan operasional manajer/pemilik usaha menggunakan aplikasi akuntansi untuk perusahaan.

Jurnal by Mekari adalah aplikasi akuntansi online terautomasi dan akurat yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan pengelolaan bisnis. Mulai dari laporan keuangan, penghitungan pajak otomatis, monitoring inventaris dan stok, hingga pengelolaan transaksi dan kas semua akan lebih mudah dengan sistem akuntansi Jurnal yang otomatis dan akurat.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi untuk perusahaan, Jurnal by Mekari, perusahaan dapat lebih fokus kepada target yang ingin dicapai karena pengelolaan dari sisi operasional sudah sangat dimudahkan dengan fitur-fitur Jurnal. Segera manfaatkan accounting software indonesia dan rasakan akselerasi bisnis Anda yang berkembang pesat.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal