Mekari Jurnal
Daftar Isi

Apa itu SOP Akuntansi & Kepentingannya Terhadap Bisnis Anda?

Tayang 16 Apr 2021
Diperbarui 07 November 2023

Setiap perusahaan besar yang di dalamnya dilakukan aktivitas produksi tidak terlepas dengan yang namanya pelaksanaan SOP (Standard Operating Procedures).

Lalu apa itu SOP? SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci dan tertulis yang harus diikuti untuk mencapai keseragaman dalam menjalankan suatu pekerjaan tertentu dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai.

Dalam SOP tertulis petunjuk langkah demi langkah yang menjelaskan cara melakukan aktivitas rutin, harapannya karyawan harus menyelesaikan dengan cara yang sama persis sehingga bisnis dapat berjalan secara konsisten.

Apa Hubungan SOP dengan Akuntansi?

SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya!

Dalam dunia keuangan perusahaan kita mengenal SOP akuntansi. SOP akuntansi adalah standar atau rujukan dalam bidang akuntansi yang meliputi kegiatan pencatatan atau pembukuan.

Contoh pembukuan akuntansi ini seperti laporan keuangan, jurnal khusus, buku besar, neraca, hingga menjadi sebuah laporan akhir perusahaan.

Mengapa SOP Akuntansi Dibutuhkan?

Dalam SOP yang baik akan diatur bagaimana proses pekerjaan dilakukan, siapa yang harus mengerjakan, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang memberi persetujuan, kapan dilakukan, dokumen apa yang harus disiapkan dan lain sebagainya.

Hal ini tentu dapat menghindari permasalahan yang timbul dan selalu berulang yang dapat membuat banyak karyawan frustasi.

Pimpinan perusahaan harus fokus pada pengembangan bisnis dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi masalah yang terjadi di dalam unit bisnisnya. SOP dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Setidaknya terdapat tiga alasan penting kenapa proses akuntansi membutuhkan SOP sebagai standar akuntansi, yaitu.

  1. Memberi pedoman dan peraturan bagi akuntan publik agar dapat melaksanakan tugas dengan independen, hati-hati. Sehingga dapat menggunakan keahliannya dengan kejujuran dalam penyusunan laporan keuangan.
  2. Menyajikan informasi tentang posisi keuangan, kegiatan, dan prestasi perusahaan. Informasi yang disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang diharapkan mempunyai sifat jelas, konsisten, tepercaya, dan dapat diperbandingkan.
  3. Memberikan database kepada pemerintah tentang berbagai informasi yang dianggap penting dalam perhitungan pajak, peraturan tentang perusahaan, perencanaan, pengaturan ekonomi, peningkatan efisiensi ekonomi, dan tujuan makro lainnya.

Baca Juga : Ketahui Manfaat dan Kekurangan Bauran Pemasaran

Hal Utama dalam SOP Akuntansi

Sebagai berikut penjelasannya.

1. Pengukuran atau penilaian

Pengukuran (measurement) atau penilaian (valuation) adalah penentuan jumlah mata uang rupiah yang harus dicatat dalam suatu transaksi.

SOP akuntansi digunakan sebagai dasar pedoman pengukuran dalam menentukan berapa jumlah rupiah yang harus diperhitungkan dan dicatat pertama kali dalam suatu transaksi.

Baca Juga : SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya!

2. Definisi Elemen pada Laporan

SOP akuntansi memberikan batasan (definisi) pengertian istilah atau nama-nama yang digunakan dalam laporan keuangan agar tidak terjadi kesalahan klasifikasi oleh penyusunan dan kesalahan interpretasi oleh pemakai.

Dengan batasan tersebut, setiap bukti transaksi akan dimasukan ke dalam elemen dan pos yang tepat.

Elemen laporan keuangan terdiri atas aktiva, utang, modal, pendapatan, biaya, untung, rugi, dan laba.

Pos laporan merupakan rincian dari tiap elemen tersebut. Batasan tersebut diperlukan karena laporan keuangan banyak menggunakan istilah yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk dan Elemen Pentingnya

3. Pengungkapan atau Penyajian

Pengungkapan bersangkutan dengan masalah bagaimana suatu informasi keuangan disajikan dalam laporan keuangan.

Segala informasi yang tersaji harus berdasarkan dokumentasi yang ada di lapangan. Dalam artian, laporan yang disajikan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan SOP yang sudah dijalankan.

Dengan beberapa rincian di atas, sekarang Anda telah mengetahui tentang apa itu SOP dan keterkaitannya terhadap akuntansi.

SOP akuntansi adalah contoh nyata dari sebuah sistem keuangan yang ada pada perusahaan. SOP akuntansi yang tepat akan memudahkan karyawan untuk bekerja secara efisien sesuai dengan kriteria pencatatan keuangan bisnis.

Setelah SOP diimplementasikan pada perusahaan, perlu dilakukan pemantauan secara berkala selama beberapa bulan ke depan.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah dengan adanya SOP ini ada kendala dan sudah sejauh apa tingkat efektifitasnya.

Baca Juga : 5 Syarat Wajib Mendirikan Usaha Franchise dengan Mudah & Cepat

Jika Anda masih mengalami kesulitan terhadap masalah akuntansi bisnis dan standar pencatatannya, Anda bisa menggunakan Jurnal yang bisa membantu pelaporan keuangan bisnis Anda.

Jurnal sebagai aplikasi bisnis adalah jasa penyedia software keuangan perusahaan yang telah disesuaikan dengan SOP akuntansi pada umumnya. Dengan menggunakan software keuangan Jurnal, semua pelaporan keuangan bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dan sesuai standar akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal