Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

10 Ide dan Peluang Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Tayang 24 May 2023
Diperbarui 08 Januari 2024

Masa kuliah dapat menjalani waktu untuk membangun kemandirian,  latih diri Anda dengan mulai melakukan kerja sampingan dengan 10 ide usaha sampingan berikut ini!

Masa kuliah adalah masa yang seharusnya sangat produktif. Di usia ini, mahasiswa/i biasanya sudah mulai memiliki kebebasaan untuk mengelola keuangan secara mandiri dan mengambil keputusan sendiri.

Dengan kebebasan yang mereka dapat, banyak mahasiswa kreatif di luar sana yang memutuskan untuk memiliki kerja sampingan.

Ingin tahu, apa saja pekerjaan paruh waktu yang bisa menginspirasi Anda untuk menjadi pengusaha pemula?

Mari kita simak 10 peluang kerja atau usaha sampingan yang cocok bagi pemula atau mahasiswa yang telah Mekari Jurnal ulas berikut ini!

10 ide atau peluang kerja sampingan untuk mahasiswa

Penerjemah

Jika Anda adalah seorang mahasiswa di bidang studi bahasa, profesi penerjemah adalah pekerjaan yang sangat menarik.

Selain income yang sangat menjanjikan, peluang kerja sampingan sebagai penerjemah baik secara online maupun offline mampu memperkuat kemampuan bahasa yang tentunya sangat berguna untuk mendukung studi.

Profesi penerjemah juga bisa dijadikan sebagai ajang praktek dari ilmu yang selama ini dipelajari.

Sebagai gambaran, acuan harga jasa penerjemahan dari HPI atau himpunan penerjemah Indonesia pada tahun 2016 sudah sebesar 160 ribu per lembar dengan 250 kata. Cukup menarik bukan?

Fotografer

Sejak media sosial berkembang, kegiatan berfotografi dari mulai selfie sampai mengabadikan setiap momen diri sendiri adalah sebuah tren yang sangat digemari.

Setiap orang mulai senang mengabadikan setiap kejadian dan membagi cerita dengan banyak orang.

Hal ini jika dicermati bisa menjadi sebuah peluang bagus bagi mahasiswa/i yang memiliki hobi fotografi.

Anda bisa memulai kerja sampingan sebagai fotografer dari acara casual atau santai semacam ulang tahun maupun reuni sebelum akhirnya bisa menjadi fotografer yang lebih profesional untuk berbagai acara formal.

Guru Privat

Saat ini, dunia pendidikan menjadi kebutuhan penting yang makin disadari oleh setiap orang di luar sana.

Para orang tua berlomba-lomba mencarikan alternatif pembelajaran bagi putra-putrinya untuk melengkapi pembelajaran di sekolah.

Bagi seorang mahasiswa yang masih berada dalam dunia pendidikan, menjadi seorang guru privat adalah sebuah peluang bagus yang dekat dengan dunia edukasi.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menjalani kerja sampingan ini seperti waktu yang fleksibel, mendapatkan gaji rutin bulanan, dan tentu pengalaman praktek langsung dari ilmu yang telah Anda pelajari selama ini.

Penulis Freelance

penulis freelance sebagai salah satu ide usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa

Bagi mahasiswa pemilik bakat menulis atau rajin menulis, Anda bisa mulai memikirkan kerja sampingan sebagai penulis freelance.

Banyak blog-blog di Internet yang membutuhkan bakat penulis untuk melengkapi artikel-artikel mereka.

Dengan membuka usaha sampingan sebagai penulis freelance terutama artikel online, cukup bermodalkan laptop sebagai alat kerjanya.

Bahkan Anda tidak perlu keluar kamar untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Namun, karena pekerjaan sebagai penulis membutuhkan banyak wawasan, pastikan bahwa Anda mendapatkan pekerjaan freelance ini sesuai dengan bidang yang telah dikuasai.

Usaha Jastip

Jastip atau jasa titip merupakan usaha kecil-kecilan yang cukup ramai menjadi kerja sampingan.

Keuntungan yang didapat dalam membuka bisnis jastip cukup beragam. Anda harus mengetahui cara memulai bisnis jastip, mulai dari memahami target pasar dan cara mendapatkan produknya.

Jika Anda merupakan seorang mahasiswa yang hobby melakukan travelling ketika masa libur dimulai, Anda dapat membuka bisnis sampingan jastip.

Siapa tau ada beberapa teman Anda yang ingin membeli produk dari destinasi wisata yang Anda datangi namun kesulitan untuk mencapainya.

Menjadi Proofreader

Menjadi seorang Proofreader berarti harus memiliki minat yang cukup besar dalam membaca naskah orang lain dan menelitinya.

Biasanya orang yang bekerja dalam profesi ini adalah orang yang memahami tata bahasa dengan baik dan mengetahui aturan baku dalam dunia penulisan.

Bekerja sebagai seorang proofreader bagi mahasiswa/i berarti bisa bekerja di mana saja dan kapan saja.

Anda bisa mulai memiliki kerja sampingan sebagai seorang proofreader dari tugas-tugas sederhana harian yang dikerjakan teman kuliahmu sendiri.

Baca Juga : 6 Kesalahan Pembukuan Perusahaan yang Sering Terjadi

Penjual Online

Saat ini, banyak orang menggemari usaha sebagai reseller dengan cara berjualan secara online.

Usaha ini cukup mudah dijalankan dan tidak membutuhkan banyak modal sehingga sangat fleksibel untuk mahasiswa.

Banyak produk yang bisa Anda pasarkan secara online.

Jika Anda adalah tipe mahasiswa yang sangat komunikatif dan memiliki banyak jaringan, Anda bisa mulai dengan melihat potensi di sekelilingmu.

Mulailah berkenalan dengan banyak orang. Tanyakan apakah orang disekelilingmu memiliki produk-produk yang bisa dipasarkan.

Mulailah berjualan secara online dengan menggunakan media sosial dan jadikan sebagai sarana bisnis mulai dari sekarang.

Penjual Bunga Kertas

Jika kita jeli, selama ini banyak acara yang ditandai dengan penyerahan seikat bunga sebagai simbol sukacita.

Dari mulai ulang tahun, wisuda, kelahiran, dan lain sebagainya.

Bunga segar yang selama ini menjadi simbol dari pemberian tersebut, lambat laun kini mulai bergeser dengan bunga kertas yang lebih tahan lama.

Dengan menggunakan kertas warna-warni sebagai bahan dasarnya, Anda bisa berkreasi lebih bebas dan tidak takut merugi, karena selain murah, bahan kertas bisa disimpan untuk kemudian hari.

Hal ini bisa menjadi peluang yang cukup baik sebagai kerja sampingan para mahasiswa, dan siapa tau dapat berkembang menjadi usaha kecil dan menengah yang dapat Anda kelola setelah lulus kuliah.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda dalam mengelola bisnis UMKM yang sedang Anda kembangkan? Buktikan dengan coba fitur pengelolaan keuangan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sekarang juga!

Dropshipper

Menjalani usaha dropshipper juga cocok menjadi kerja sampingan Anda sebagai mahasiswa berikutnya.

Umumnya, tugas seorang dropshipper berfokus dalam menjalani promosi dan pemasaran agar calon konsumen membeli produk yang dijual.

Selanjutnya, jika orderan masuk, Anda menginformasikan kepada supplier dan barang akan langsung dikirimkan kepada konsumen.

Peluang bisnis dropshipper masih cukup menjanjikan hingga saat ini, Anda bisa mulai memasarkannya kepada teman kuliah Anda dan melihat apa saja produk yang sedang tren di kalangan mahasiwa.

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Dropshipping yang Menguntungkan

Konsultan Keuangan

Bagi yang menjalani kuliah dalam bidang jurusan akuntansi atau bisnis, menjadi konsultan keuangan juga bisa menjadi salah satu kerja sampingan yang cocok.

Anda dapat meningkatkan pengetahuan serta skill keuangan Anda dengan bergabung di Mekari University, Anda bisa belajar tentang cara mengelola keuangan bisnis dengan mudah melalui software akuntansi Mekari Jurnal.

Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tambahan dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk menjadi konsultan keuangan profesional yang membantu berbagai bisnis dalam mengelola keuangan perusahaan.

Menjadi konsultan keuangan juga merupakan salah satu kerja sampingan yang cukup konsisten dan besar dalam memberikan penghasilan bulanan.

Berdasarkan situs Glassdoor, menjadi konsultan keuangan dengan range pengalaman 0-1 tahun bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 2 juta.

Dari beberapa kerja sampingan di atas, tentunya sekarang Anda bisa mulai memiliki keberanian untuk memulai bisnis sejak di bangku kuliah.

Namun, meski berkeinginan untuk memiliki usaha sampingan, kuliah tetaplah yang utama.

Carilah jenis usaha yang tidak terlalu menghabiskan waktu dan bijaklah mengelola keseimbangan antara kuliah dan kerja.

Banyak peluang usaha yang bisa mulai Anda jalani di sekitarmu. Jika masih penasaran dengan peluang usaha yang lain, Anda bisa membaca artikel tentang 3 hobi yang dapat dijadikan peluang bisnis atau artikel lainnya yang relevan di Blog by Mekari Jurnal.

Jangan lupa! berkaryalah selagi muda, dan jadikan masa muda sebagai masa mencari pengalaman secara positif.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Mekari Jurnal, salah satu platform penyedia software akuntansi terbaik dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan memiliki strategi yang tepat.

Melalui aplikasi invoice Mekari Jurnal, Anda dapat memantau dan memproses transaksi keuangan dalam perusahaan secara realtime, mencetak invoice otomatis, serta tiap transaksi yang dilakukan akan tercatat dengan sistematis.

Hal ini tentu memudahkan Anda dalam mengontrol dan mengawasi keuangan bisnis dengan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati free trial selama 14 hari dari Mekari Jurnal!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal